18 Jurusan Kuliah dengan Gaji Tertinggi di Dunia Kerja

Yuk bagikan infonya...

mahasiswa-1Mahasiswa, ilustrasi (pacific.edu)  

Bagi kamu yang akan segera lulus SMA dan akan duduk di bangku kuliah, memilih jurusan kuliah tentu menjadi salah satu hal yang sangat penting. Bukan hanya agar sesuai minat semata, tapi juga berhubungan erat dengan jaminan masa depan.

Bagaimanapun juga, kuliah akan menjadi persiapan untuk bekerja dan meniti karir di masa yang akan datang, bukan?

Jangan sampai memilih jurusan yang justru membuat rasa sesal di kemudian hari. Untuk itu, penting memilih jurusan kuliah yang tepat, di mana merasa yakin dan mantap akan menjadi bekal masa depan.

Tak bisa dimungkiri, jurusan kuliah yang diambil bisa menentukan cepat kaya dan tidaknya para lulusannya. Karena tidak semua profesi menjanjikan penghasilan atau gaji tinggi seperti yang diharapkan.

Ada banyak jurusan kuliah yang bisa dijadikan pilihan. Terutama bagi kamu yang punya prestasi belajar tinggi, sehingga lebih leluasa memilih jurusan tertentu. Namun di luar itu semua, pastikan jurusan kuliah yang dipilih bisa mendukung karir dan masa depan cerah.

Beberapa jurusan kuliah memberikan kesempatan kerja yang begitu luas, namun beberapa jurusan lainnya justru menjanjikan pendapatan besar yang membuat keuangan mapan. Untuk itu kenali dengan baik jurusan-jurusan ini agar bisa memilih salah satu jurusan yang paling sesuai dan menjanjikan untuk masa depan.

Berikut ini jurusan-jurusan kuliah yang bisa membuat kamu bisa cepat kaya, diantaranya:

1. Kuliah Jurusan Kedokteran

Profesi Dokter

Menjadi seorang dokter bergaji besar dan menolong sesama menjadi suatu kebanggan. 

Selama puluhan tahun, kuliah jurusan kedokteran masih jadi salah satu yang favorit di Indonesia. Kamu bisa lebih leluasa memilih kampus untuk jurusan yang satu ini, mengingat saat ini sudah ada banyak kampus di Tanah Air yang memiliki fakultas kedokteran, baik itu kampus swasta maupun kampus negeri.

Menjadi seorang dokter akan memberikan kamu kesempatan yang luas untuk memiliki penghasilan yang tinggi, karena gaji dokter yang berkarir di sebuah rumah sakit swasta saat ini bisa saja mencapai puluhan juta rupiah per bulannya rupiah.

Bahkan jumlah gaji dokter karir ini bisa jauh lebih besar lagi bila menjadi dokter spesialis di bidang tertentu. Bukan hanya itu saja, jurusan yang satu ini juga kelak akan memungkinkan kamu untuk membuka klinik/tempat praktik sendiri, sehingga kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan lebih besar lagi.

2. Kuliah Jurusan Teknik Perminyakan dan Pertambangan

Pekerja Perminyakan  Ilustrasi pekerja di perusahaan perminyakan 

Di Indonesia, hanya ada beberapa kampus saja yang memiliki jurusan teknik perminyakan dan pertambangan ini. Sehingga tidak heran bila peminatnya sangat tinggi sekali setiap tahunnya. Wajar saja, mengingat ada banyak sekali peluang kerja di bidang ini yang tersedia.

Untuk seorang lulusan teknik perminyakan dan pertambangan, sejumlah perusahaan besar akan menunggu dan memberikan kesempatan berkarir yang cukup luas. Hal ini juga didukung dengan gaji yang terbilang cukup besar, karena lulusan dari jurusan ini setidaknya bisa mengantongi gaji belasan juta rupiah per bulannya untuk yang baru lulus (fresh graduate).

3. Kuliah Jurusan Ilmu Hukum

Pengacara

Menjadi pengacara dan memperjuangkan hak orang lain

Tak hanya di pemerintahan, jurusan yang satu ini juga akan memberikan kamu kesempatan yang luas untuk berkarir sendiri atau bahkan melalui kantor-kantor pengacara (Advokad) besar di Indonesia.

Beberapa perguruan tinggi memiliki jurusan ini dan menjadi favorit bagi para calon mahasiswa. Lulusan hukum memiliki kesempatan untuk mendapatkan penghasilan yang sangat besar dengan berkarir sebagai Advokad atau bekerja sebagai staf legal pada perusahaan.

4. Kuliah Jurusan Akuntansi

Akuntan

Bagi yang gemar menghitung bisa menjadi seorang akuntan

Sejak dulu, jurusan akuntansi menjadi salah satu jurusan paling diminati, terutama bagi mereka yang suka dengan hitung menghitung. Peluang kerja untuk jurusan yang satu ini sangat luas, karena ada banyak perusahaan yang membutuhkan jasa akuntan.

Seorang lulusan dari kuliah akuntansi, bisa berkarir di perusahaan-perusahaan swasta atau bahkan menjadi seorang profesional dan bergabung di sebuah kantor akuntan publik. Pendapatan seorang Akuntan juga menjadi salah satu yang tertinggi di perusahaan, sehingga jurusan ini sangat layak dijadikan sebagai salah satu pilihan.

5. Kuliah Jurusan Manajemen

Manajer

Jadilah orang yang ahli mengatur berjalannya sebuah perusahaan

Bagi kamu yang berniat untuk memilih kuliah jurusan yang satu ini, kamu juga memiliki kesempatan kerja cukup luas. Jurusan manajemen pada umumnya bisa dan mudah diterima untuk bekerja di perusahaan-perusahaan swasta.

Sebab hampir semua perusahaan akan membutuhkan ahli manajemen di dalam operasionalnya. Penghasilan seorang lulusan jurusan manajemen juga sangat menjanjikan, terutama bagi yang berkarir di perusahaan ternama.

6. Kuliah Jurusan Psikologi

Psikolog

Bagi kamu yang suka berinteraksi, tidak ada hal yang menyenangkan bisa memahami orang lain

Bagi kamu yang memiliki minat kuliah di jurusan psikologi, kamu juga tidak perlu khawatir dengan perkembangan karir ke depannya. Hampir semua perusahaan akan membutuhkan tenaga di bidang ini, terutama perusahaan-perusahaan berskala besar. Gaji seorang lulusan ilmu psikologi juga besaran tinggi, ditambah lagi bisa membuka layanan konsultasi pribadi sendiri.

7. Kuliah Jurusan Ilmu Bisnis 

Pengusaha

Mengelola usaha sendiri merupakan hal yang menyenangkan sekaligus membanggakan

Jurusan yang satu ini tidak hanya memberikan kesempatan untuk bekerja pada perusahaan milik orang lain, tapi juga bisa mengembangkan karir sendiri sebagai pebisnis. Bayangkan, berapa besar penghasilan yang bisa kamu dapatkan saat menjadi seorang pebisnis. Seperti pepatah katakan bahwa pebisnis itu tidak memiliki batasan penghasilan, tidak seperti pegawai yang bergaji pasti tiap bulannya.

8. Kuliah Jurusan Teknologi Informasi

Pekerja ITIlustrasi pekerja IT 

Perkembangan dunia industri digital menjadi sebuah angin segar yang membuka banyak peluang kerja bagi jurusan Teknologi Informasi (TI). Ada banyak perusahaan besar yang membutuhkan tenaga handal di bidang ini.

Sehingga peluang kerja di bidang TI ini ke depannya memang terbuka lebih luas lagi. Untuk seorang lulusan teknologi informasi, gaji yang didapatkan bisa saja mencapai belasan hingga puluhan juta rupiah perbulannya.

9. Kuliah Jurusan Teknik Komputer

Computer EngineeringIlustrasi pekerja teknik komputer 

Masih berhubungan dengan industri digital, kuliah jurusan teknik komputer ini menjadi salah satu yang paling menjanjikan. Peluang kerjanya masih sangat luas, begitu pula penghasilan yang bisa didapatkan. Ada banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja di bidang ini. Karena keahlian dalam membuat otak dari suatu alat elektronik semacam chip atau processor sangat dibutuhkan.

10. Kuliah Jurusan Teknik Kimia

Ahli KimiaSelain bergaji besar, menjadi seorang ahli kimia sepertinya menyenangkan 

Sesuai dengan nama jurusannya, teknik kimia ini mempelajari berbagai hal di bidang pemrosesan dari senyawa-senyama kimia untuk menghasilkan sesuatu dari mentah ke produk jadi.

Prospek lulusan jurusan teknik kimia ini pun cukup menjanjikan dengan penawaran gaji yang bagus dari pabrik pengelolaan proses kimia atau industri-industri yang memproses kimia seperti industri pengolahan minyak bumi, industri gas, industri obat-obatan, makanan, dan lainnya.

Urusan yang satu ini menjadi salah satu pilihan yang layak untuk dipertimbangkan. Perkembangan industri barang-barang konsumsi (fast moving consumer goods/FMCG) di Indonesia terbilang sangat pesat.

Sehingga memberikan kesempatan kerja yang luas bagi lulusan teknik kimia ini. Tidak perlu khawatir, pada umumnya perusahaan-perusahaan besar ini akan memberikan gaji yang besar atau cukup menjanjikan.

11. Kuliah Jurusan Teknik Nuklir 

Ahli Teknik NuklirIlustrasi pekerja di teknik nuklir 

Bila kamu ingin berkecimpung di dunia nuklir, bisa ambil kuliah jurusan Teknik Nuklir. Kuliah jurusan ini memang sarat akan prinsip-prinsip fisika. Sejauh ini tidak banyak perguruan tinggi yang menawarkan jurusan teknik nuklir.

Setelah lulus kuliah jurusan teknik nuklir, ada banyak perusahaan bergengsi yang bisa jadi tempat meniti karir. Bukan hanya itu, juga ada pilihan untuk berkarya di salah satu lembaga pemerintahan. Urusan gaji, yang ditawarkan pun relatif cukup tinggi.

12. Kuliah Jurusan Teknik Kedirgantaraan dan Penerbangan

Aerospace EngineeringIlustrsi pekerja aerospace engineering 

Kuliah jurusan teknik kedirgantaraan dan penerbangan ini bukanlah sekolah pilot, tapi lebih kepada insinyur penerbangan. Syarat utamanya harus unggul matematika, kimia, dan fisika. Selain itu, juga harus memiliki kepribadian yang detil dan rapi serta disiplin yang kuat.

Sesuai dengan persyaratan yang cukup berat itu, maka lulusan dari kuliah jurusan teknik kedirgantaraan dan penerbangan ini memiliki masa depan yang cerah, karena gaji yang ditawarkan di atas rata-rata profesi/pekerjaan lainnya.

13. Kuliah Jurusan Teknik Industri

Ahli Teknik IndustriIlusrasi pekerja sebagai ahli teknik industri 

Jurusan teknik industri ini merupakan gabungan dari ilmu keteknikan dan ilmu manajemen. Harapannya, lulusan jurusan ini mampu merancang suatu model di dunia industri. Tak kalah dengan profesi lainnya, gaji yang ditawarkan dari lulusan jurusan teknik industri ini juga cukup menjanjikan.

14. Kuliah Jurusan Teknik Listrik dan Elektro

Ahli Kelistrikan dan ElektroPekerja di perusahaan kelistrikan 

Sesuai dengan nama jurusannya, listrik menjadi salah satu kebutuhan dasar manusia. Prospek kerjanya pun menjadi cukup luas mulai dari perusahaan peralatan listrik, konsultan listrik, perusahaan umum, hingga perusahaan pembangkit tenaga listrik. Soal gaji, jumlah yang ditawarkannya pun cukup besar.

15. Kuliah Jurusan Teknik Mesin

Ahli Teknik MesinIlustrsi pekerja di industri permesinan

Biasanya, berbagai hal terkait dengan mesin menjadi urusan yang banyak diminati kaum laki-laki. Bagi kamu yang suka dengan dunia mesin, tak ada salahnya mengambil jurusan kuliah teknik mesin.

Setelah lulus, kamu bisa merancang berbagai hal terkait mesin yang patut diacungin jempol. Dengan keahlian yang kamu miliki, industri mesin besar pun bakal melirik dan menawarkan gaji yang cukup besar.

17. Kuliah Jurusan Teknik Sipil

Teknik SipilIlustrasi pekerja lulusan jurusan teknil sipil 

Prospek dari lulusan teknik sipil ini cukup cemerlang. Dengan kemampuannya merancang program pembangunan infrastruktur seperti jembatan, jalan, dan sebagainya, maka penghasilan yang didapatkannya ini relatif tinggi.

18. Kuliah Jurusan Arsitektur

ArsitekturIlustrasi ruang kerja seorang arsitek

Dengan kemampuan merancang suatu bangunan seperti hunian dan lainnya dengan baik, maka prospek karir yang bisa didapatkannya pun cukup luas, mulai dari konsultan, di perusahaan developer, atau kontraktor. Dan pendapatan yang diperoleh pun menjanjikan.

Pilih Jurusan Kuliah yang Diminati dan Prospek Menjanjikan

Kuliah dan segera menimba ilmu di sebuah perguruan tinggi tetu akan membuat kamu bersemangat. Namun sangat penting untuk memilih jurusan yang tepat dan memiliki prospek bagus untuk masa depan.

Terutama bagi kamu yang menginginkan bisa bekerja dengan pernghasilan yang besar. Pilih jurusan yang paling menjanjikan, agar kamu bisa mendapatkan penghasilan tinggi yang jadi impian.

Sumber : cermati.com

Artikel Pilihan

Ayo bagikan sebagai sedekah…


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

Formasi CPNS untuk SMA Di 8 Instansi Pemerintah
Hello. Add your message here.