Mutiara Hadits : Segera Bertaubat

tasbih-indah

Dari Abu Hurairah RA yang berkata, bahwa Rasulullah SAW bersabda : “Barang siapa yang bertaubat sebelum terbitnya matahari dari barat, maka Allah akan menerima taubatnya” (Shahih Muslim, No.43-2703)

Beberapa faedah hadits ini adalah :

  1. Makna Taubat dalam istilah ialah kembali dari perbuatan maksiat kepada Allah SWT menuju ketaatan yang sesuai dengan ajaran Islam. Hadits ini menganjurkan agar bersegera untuk bertaubat kepada Allah dari berbagai dosa. Hanya saja taubat tidak akan diterima Allah SWT kecuali jika terpenuhi hal-hal berikut : Taubatnya ikhlas karena mengharap ridho Allah SWT semata, bukan karena dunia atau pujian orang; Meninggalkan kemaksiatan; Menyesali perbuatannya; Bertekad agar tidak kembali kepada perbuatan maksiat itu; Mengembalikan hak-hak kepada pemiliknya jika dosa yang ia lakukan itu menyangkut hak orang lain; Sebelum terbitnya matahari dari barat; Sebelum timbul tanda-tanda kematian.
  2. Wajib bagi setiap pelaku dosa untuk bertaubat kepada Allah SWT, walaupun dosa tersebut sering berulang kali dilakukannya. Karena jika ia bertaubat pada setiap dosa dengan taubat yang benar, maka Allah akan menerima taubatnya.
  3. Sesungguhnya terbitnya matahari dari barat merupakan salah satu tanda dari tanda kekuasaan Allah atas kebesaranNya dan kehendakNya dan tanda kiamat yang besar, bukan karena pergeseran bumi yang diperkirakan oleh sebagian ilmuwan.

Perawi Hadits

Abu Hurairah adalah Abdurrahman bin Shakhr Al Dausi Al-Yamani perawi hadits di dalam Islam. Diberi panggilan Abu Hurairah, karena ia suka bermain-main dengan seekor kucing. Ia mengembala kambing untuk keluarganya.

Masuk Islam tahun ke 7 H. sewaktu terjadi peristiwa penaklukan perkampungan Yahudi Khaibar. Menyertai Nabi SAW selama empat tahun. Ia menemani kemana pun beliau pergi dan dimanapun beliau singgah.

Ia bersungguh-sungguh dan intens dalam meriwayatkan hadits. Memelihara ilmu ilmu yang sangat banyak dari Nabi SAW. Ia adalah sahabat Nabi yang paling banyak meriwayatkan hadits dari beliau.

Ia meriwayatkan dari Nabi SAW sebanyak 5374 hadits dan termasuk ahli fiqihnya penduduk Madinah. Wafat di Madinah tahun 57 H. dan dimakamkan di perkuburan Baqi’.

Referensi : Dr. Muhammad Murtaza bin Aish, 90 Hadits Pilihan, Riyadh, KSA, 2016

Artikel utama : Himpunan 90 Hadits Pilihan

Artikel Pilihan

Ayo bagikan sebagai sedekah…

About Auther:

Info Biografi

Pesantren Khusus Tahfidz Quran
Hello. Add your message here.