Sekolah Islam Terpadu Nurul Fikri Depok

nurul-fikri-depok2

Sekolah Islam Terpadu Nurul Fikri Depok (SIT Nurul Fikri) didirikan pada tahun 1993, saat ini memiliki empat jenjang pendidikan, yaitu TK, SD, SMP dan SMA. SIT Nurul Fikri memiliki tujuh program unggulan, yaitu : Tahfidz & Tafhim Qur’an, SMART Leadership Programs, REFRESH Attitude, Language Programs, Research Culture, Reading Culture dan Nurul Fikri Reading System (NFRS).

SIT Nurul Fikri memiliki visi untuk “Menjadi lembaga Pendidikan Rujukan dalam Pembinaan Generasi” dengan sembilan misi sebagai berikut :

  1. Mewujudkan Lembaga Pendidikan Islam usia dini, dasar, dan menengah yg efektif dan bermutu.
  2. Membina spirit, kompetensi dan keahlian profesional Guru & Pimpinan Sekolah.
  3. Mengembangkan kurikulum yang integratif dan konstruktif dalam membentuk generasi SMART.
  4. Membangun sistem pembelajaran yang stimulatif, eksploratif dan efektif.
  5. Mengembangkan Sumber & Media Pembelajaran yang tepat, relevan dan interaktif.
  6. Mengembangkan sistem evaluasi sekolah yang integratif dan berkelanjutan.
  7. Mengembangkan sistem evaluasi pembelajaran yang integratif, korektif, dan konstruktif.
  8. Menumbuhkan budaya sekolah yang islami, ilmiah, dan produktif.
  9. Meluaskan jejaring kerjasama pengembangan Sekolah Islam di seluruh wilayah Nusantara.

Unit Sekolah

Sekolah Islam Terpadu Nurul Fikri Depok saat ini memiliki empat jenjang pendidikan, yaitu TKIT, SDIT, SMPIT dan SMAIT.

1. TKIT Nurul Fikri

TKIT Nurul Fikri di bawah Yayasan Pendidikan dan Pemberdayaan Nurul Fikri, berkhidmat untuk ikut dalam pencapaian pembangunan nasional dan visi misi kota Depok lewat kiprahnya pada bidang pendidikan yaitu mengusung visi lembaga: Menjadi sekolah Islam terbaik dalam melahirkan generasi pemimpin dan ulul albab.

TKIT Nurul Fikri dibentuk pada tahun 1993 berawal dari satu kelas di paviliun masjid SDIT Nurul Fikri telah berkembang hingga sekarang menjadi 13 lokal dengan pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana yang memadai.

TKIT NURUL FIKRI mengikuti penilaian akreditasi sekolah dan Alhamdulillah mendapatkan nilai “A”.

2. SDIT Nurul Fikri

SDIT Nurul Fikri didirikan pada tahun 1993, dengan niat berdakwah dan semangat untuk memberikan perbaikan terhadap mutu pendidikan sekolah Islam pada saat itu. SDIT Nurul Fikri berpandangan bahwa sudah selayaknya sekolah-sekolah Islam dapat berkompetisi dengan sekolah lainnya dalam mencerdaskan anak bangsa, yang tentu saja bukan sekedar menonjolkan IQ, akan tetapi juga EQ dan SQ.

Berbekal keikhlasan dan kekuatan tekad, Alhamdulillah, konsep keterpaduan antara IPTEK dan IMTAQ yang digagas SDIT Nurul Fikri, sekarang sudah banyak diadopsi oleh institusi pendidikan lainnya di berbagai wilayah di Indonesia. Sebagai sekolah Islam terpadu, Islamisasi pembelajaran menjadi spirit dalam aktifitas belajar dan mengajar di SDIT Nurul Fikri. Sistem fullday school yang diterapkan di sekolah, menjadikan budaya-budaya Islami lebih mudah untuk ditanamkan kedalam diri anak didik, mulai pagi hari pukul 07.15 WIB sampai sore hari selepas shalat ashar.

3. SMPIT Nurul Fikri

Keunggulan SMP Islam Terpadu Nurul Fikri Depok, adalah letak sekolah-nya yang kondusif. SDM (tenaga pendidik) yang potensial, yang memiliki pendidikan dan pengalaman yang baik (90% adalah sarjana pendidikan/S1), dan kinerja guru yang professionalismenya terus meningkat., serta lokasinya yang berada di daerah yang sedang mengalami perkembangan pesat. Selain itu, lingkungan masyarakat yang religius. Kondisi ini menjadikan SMP Islam Terpadu Nurul Fikri Depok, dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan kepercayaan dari masyarakat.

Kondisi SMP Islam Terpadu Nurul Fikri Depok ditinjau dari segi strategis sosial-ekonomi terletak dilingkungan industri hal ini dapat dimanfaatkan sebagai pusat-pusat sumber belajarsiswa dalam menambah wawasan dan pengetahuan dan mengembangkan kecapakan hidup(life skill). Selain itu juga berdampak pada pemahaman, pola pikir dan pola tindak siswa dalam mengembangkan dan menerapkan budaya tertib, budaya disiplin, budaya santun dan etos kerja yang didasari nuansa Islam. Adapun kondisi sosial masyarakat di sekitar sekolah berva-riatif menurut tingkat kesejahteraan dan budayanya.

Partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan masih perlu dioptimalkan, dengan menjalin kerjasama yang lebih erat dan kondusif guna mencapai mutu pendidikan yang diharapkan.

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi berdampak pada pelaksanaan pendidikan di sekolah. Dampak positif kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut layanan pendidikan yang berkualitas. SMP Islam Terpadu Nurul Fikri Depok harus berupaya memberikan layanan pendidikan yang berkualitas ,hal ini tentu berimplikasi pada naiknya sektor pembiayaan pendidikan di sekolah.

4. SMAIT Nurul Fikri

SMA Islam Terpadu (SMAIT) Nurul Fikri berada dibawah naungan Yayasan Pendidikan dan Pemberdayaan Umat (YPPU) Nurul Fikri. YPPU Nurul Fikri membuka SMAIT Nurul Fikri pada 19 Juli 1999. SMAIT Nurul Fikri berlokasi di Gang H. Sairi, No. 145, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok. Pada awal pendiriannya kegiatan belajar mengajar menggunakan dua kelas dengan jenjang kelas I putra sebanyak 17 siswa dan kelas I putri sebanyak 16 siswa.

Tujuan Pendidikan SMAIT Nurul Fikri 

  1. Meyakini Allah Swt sebagai Pencipta, Pemilik, Pemelihara dan Penguasa alam semesta dan menjauhkan diri dari segala pikiran, sikap, dan perilaku bid’ah, khurafat dan syirik.
  2. Terbiasa dan gemar melaksanakan ibadah yang meliputi: sholat, shaum, tilawah al Qur’an, dzikr dan do’a sesuai petunjuk Al Qur’an dan As-Sunnah.
  3. Menampilkan perilaku yang santun, tertib, disiplin, sabar, gigih, dan pemberani dalam menghadapi permasalahan hidup sehari-hari.
  4. Mandiri dalam memenuhi keperluan hidupnya dan memiliki bekal yang cukup dalam pengetahuan, kecakapan dan keterampilan dalam usaha memenuhi kebutuhan nafkahnya.
  5. Memiliki kemampuan berpikir yang kritis, logis, sistematis, dan kreatif yang menjadikan dirinya berpengetahuan luas dan menguasai kompetensi akademik dengan sebaik-baiknya, dan cermat serta cerdik dalam mengatasi segala problem yang dihadapi.

Kegiatan Penunjang SMAIT Nurul Fikri

  1. Kuliah Umum bulanan dengan nara sumber tokoh-tokoh
  2. Lab e-learning dengan software Fisika Interaktif pesona edu dan modul e-learning
  3. Sistem Informasi Manajemen berbasis internet
  4. Home Stay Bahasa Inggris Pare Kediri
  5. Kunjungan Edukatif Mata Pelajaran
  6. Pembinaan Olimpiade

Sekolah Islam Terpadu Nurul Fikri Depok

Jalan Tugu Raya No. 61 Tugu, Cimanggis, Depok 16451
Telp (62-21) 8720645
Fax (62-21) 8726106
Website https://nurulfikri.sch.id/ 

Paling Dicari : Pesantren Tahfidz Putri , Pondok Pesantren Terbaik di Bogor , Pesantren Boarding School Bogor , Pondok Pesantren Modern , Sekolah Pesantren , Cari di Google  

Yuk bagikan artikelnya… 

About Auther:

Info Biografi

Mobil Second Murah Toyota Honda Nissan..
Hello. Add your message here.