Politeknik Transportasi Darat Indonesia Membuka Pendaftaran 8-23 Juni 2020

Info Pendaftaran Sekolah Kedinasan 

Sekolah Tinggi Transportasi Darat atau disingkat STTD adalah perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Perhubungan, yang menyelenggarakan pendidikan yang berbasis vokasi dan akademik dalam bidang transportasi darat.

Pertama kali didirikan dengan nama Akademi Lalu Lintas yang dikenal dengan ALL dan diresmikan oleh Presiden RI pertama, Bapak Ir. Soekarno pada tanggal 08 September 1951. Dengan alasan tertentu pada tahun 1964, ALL tidak dioperasikan atau tidak melakukan kegiatan. Dengan mempertimbangkan pertumbuhan lalu lintas, perkembangan teknologi transportasi jalan dan kompleksitas permasalahan lalu lintas jalan lahirlah gagasan untuk mengaktifkan kembali Akademi Lalu Lintas.

Taruna Politeknik Transportasi Darat Indonesia
Taruna Politeknik Transportasi Darat Indonesia

Pada tanggal 05 Desember 1980, Akademi Lalu Lintas diaktifkan kembali dengan nama Balai Pendidikan dan Latihan Ahli Lalu Lintas Angkutan Jalan Raya (BPL-ALLAJR), namun masih disebut-sebut dengan nama Akademi Lalu Lintas. BPL-ALLAJR hanya menyelenggarakan program Diploma III Ahli LLAJR. Sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan kualifikasi tenaga ahli yang lebih tinggi serta perkembangan sistem pendidikan yang ada maka pada tanggal 10 Maret 2000, dengan Kepres No.41 Tahun 2000 status BPL-ALLAJR ditingkatkan menjadi Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD), dimana berkedudukan dibawah Departemen Perhubungan.

PROGRAM STUDI

1. Transportasi Darat (Diploma IV)

Program Diploma IV Transportasi Darat merupakan diklat lanjutan dari perogram D-III Ahli LLAJR memberikan pengetahuan kepada peserta mengenai Investasi Proyek Transportasi, Transportasi Regional, Manajemen Lalu Lintas Lanjutan, Teknologi Transportasi Darat, Perencanaan Angkutan Umum, Dasar Aplikasi Komputer, Peraturan Perkeretaapian, Perencanaan Transportasi Perkotaan, Amdal Transportasi Darat, Sistem Informasi Manajemen, Teori Pengambilan Keputusan, Peraturan Perundang-undangan LLASDP, Aplikasi Program Transportasi sehingga para peserta terampil di bidang transportasi darat.

Dasar penyelenggaraan Program Diploma IV Transportasi Darat adalah Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : SK.002/0/1991 tanggal 9 Januari 1991 tentang Pengesahan Penyelenggaraan Program Diploma IV Transportasi Darat. Melalui Program D.IV Transportasi Darat, taruna/taruni di didik menjadi ahli transportasi darat.

2. Manajemen Transportasi Jalan (Diploma III)

Dasar hukum penyelenggaraan Program D.III LLAJ adalah Surat Keputusan Menteri Perhubungan nomor 29/ DL.001/Phb-80 tanggal 5 Desember 1980 tentang Penyelenggaraan Pendidikan dan Latihan Ahli lalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya. Melalui Program D III LLAJ, taruna taruni dididik untuk menjadi ahli lalu lintas transportasi jalan.

Ijazah yang dikeluarkan oleh Program D. III LLAJ telah diakui dan ditetapkan sederajat dengan Ijazah Diploma III dan dapat dipergunakan dalam persamaan ijazah dan berlaku untuk pengangkatan dalam pangkat pegawai negeri sipil berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 065/U/1981 tentang persamaan ijazah Pendidikan dan Latihan Perhubungan, dengan nama Ijazah Diploma III Ahli Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya.

3. Manajemen Transportasi Perkeretaapian (Diploma III)  

Berdiri tanggal 25 Agustus 2004, merupakan kerjasama antara Badan Diklat Perhubungan dengan ditjen KA serta PT Kereta Api (Persero) tentang Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan di bidang perkeretaapian.

Program Diploma III Perkeretaapian merupakan pendidikan dan pelatihan awal untuk memberikan pengetahuan di bidang perencanaan perkeretaapian meliputi teknik Sarana perkeretaapian, teknik Persinyalan, teknik Pelistrikan, teknik Telekomunikasi, Perencanaan Operasi dan GAPEKA serta Perundang-undangan perkeretaapian.

Politeknik Transportasi Darat Indonesia 

Jl. Raya Setu No. 89 Bekasi 17520
Phone : +62 21 8254 640
Fax : +62 21 8260 8997
Website : https://www.ptdisttd.ac.id/
Email : info@sttd.ac.id

Artikel Pilihan  

Yuk bagikan artikelnya… 

About Auther:

Info Biografi

Mobil Second Murah Toyota Honda Nissan..
Hello. Add your message here.