Mengenal AKPOL Akademi Kepolisian, Kuliah Gratis, Lulus Jadi Perwira Polisi dan Mendapat Gelar S.Tr.K.

Yuk bagikan infonya...

Buku Panduan Resmi Tes Akademik Kampus Kedinasan

Akademi Kepolisian (Akpol) adalah sebuah lembaga pendidikan untuk mencetak perwira Polri. Akpol adalah unsur pelaksana pendidikan pembentukan Perwira Polri yang berada di bawah Kalemdikpol (Kepala Lembaga Pendidikan Polri).

Berdasarkan Peraturan Kapolri Nomor 21 Tahun 2010, Akpol bertujuan untuk menyelenggarakan pendidikan pembentukan Perwira Polri tingkat Akademi dan lama pendidikan adalah 4 tahun dengan output pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda).

Pendekatan pendidikan melalui metode pembelajaran, pelatihan dan pengasuhan. Akpol tergabung sebagai anggota INTERPA (International Association of Police Academies) dari 36 negara anggota lainnya.

Tingkatan Taruna

Tingkat 1 / I Calon Bhayangkara Taruna (Cabhatar) Ditempuh pada awal semester I selama 3 bulan pada saat Dikdasintra (Pendidikan Dasar Integrasi) Di Akmil.

(akpol.ac.id)
(akpol.ac.id)

Tingkat 1 / I Bhayangkara Taruna (Bhatar) Ditempuh pada akhir semester I selama 3 bulan sebanyak 22 SKS.

Tingkat 1 / I Ajun Brigadir Taruna (Abrigtar) Ditempuh pada semester II selama 6 bulan sebanyak 21 SKS.

Tingkat 2 / II Brigadir Dua Taruna (Brigdatar) Ditempuh selama 1 tahun / 2 semester (semester III dengan 20 SKS dan semester IV dengan 22 SKS).

Tingkat 3 / III Brigadir Satu Taruna (Brigtutar) Ditempuh selama 1 tahun / 2 semester (semester V dengan 21 SKS dan semester VI dengan 22 SKS).

Tingkat 4 / IV Brigadir Taruna (Brigtar) Ditempuh selama 1 tahun / 2 semester (semester VII dengan 21 SKS dan semester VIII dengan 4 SKS).

Profil Lulusan

Lulusan taruna Akpol akan mendapat gelar Sarjana Terapan Kepolisian (S.Tr.K.) dan menjadi seorang Perwira polisi yang profesional didalam tugas dan tanggung jawabnya yang diemban. Lulusan taruna Akpol akan menyandang pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda) dan dituntut untuk berkualifikasi sebagai:

  • Penyelidik dan Penyidik Polri.
  • Pemimpin yang Berkarakter Melindungi, Mengayomi dan Melayani.
  • Pemelihara Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Serta Penegak hukum Yang Berkeadilan.
  • Manajer Lini Terdepan dalam Pemecahan Masalah Masyarakat.
  • Perwira Polri yang menjadi tauladan dalam kesamaptaan yang prima, sehat dan cerdas secara spiritual, intelektual, dan emosional.

Lulusan terbaik akan mendapat penghargaan Adhi Makayasa dan diserahkan oleh Presiden Republik Indonesia yang dilaksanakan pada upacara Praspa TNI dan Pelantikan Perwira Polri.

Syarat pendaftaran Akpol lihat di sini, informasi pembukaan pendaftaran kunjungi akpol.ac.id dan akpol.ac.id/pendaftaran 

Pengumuman pendaftaran sekolah kedinasan terbaru kunjungi website Seleksi Nasional Sekolah Kedinasan, Badan Kepegawaian Negara dikdin.bkn.go.id dan website masing-masing Sekolah Kedinasan.

Referensi : Akpol , Wikipedia

BELI BUKU 085773713808
BELI BUKU 085773713808

Artikel Pilihan 

Yuk bagikan sebagai sedekah…


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

Buku Tes Sekolah Kedinasan TNI POLRI CPNS PPPK 2021
Hello. Add your message here.