Mengenal Politeknik Transportasi Darat Indonesia PTDI-STTD

Yuk bagikan infonya...

Buku Panduan Tes Sekolah Kedinasan 2021

Pendaftaran Sekolah Kedinasan Dibuka Tanggal 9 – 30 April 2021, Baca Informasi Lengkapnya di Sini

Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI), sebelumnya bernama Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) adalah perguruan tinggi di bawah naungan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang menyelenggarakan pendidikan berbasis vokasi dan akademik dalam bidang transportasi darat.

Pertama kali PTDI didirikan dengan nama Akademi Lalu Lintas yang dikenal dengan ALL yang diresmikan oleh Presiden RI pertama, Bapak Ir. Soekarno pada tanggal 8 September 1951. Kampus PTDI beralamat di Jalan Raya Setu No. 89 Bekasi, Jawa Barat.

Program Studi

PTDI menyelenggarakan tiga program studi, yaitu program studi Transportasi Darat, Manajemen Trasnsportasi Jalan dan Manajemen Transportasi Perkeretaapian.

1. Transportasi Darat (D-IV)

Program Studi Transportasi Darat memberikan pengetahuan kepada peserta mengenai Investasi Proyek Transportasi, Transportasi Regional, Manajemen Lalu Lintas Lanjutan, Teknologi Transportasi Darat, Perencanaan Angkutan Umum, Dasar Aplikasi Komputer, Peraturan Perkeretaapian, Perencanaan Transportasi Perkotaan, Amdal Transportasi Darat, Sistem Informasi Manajemen, Teori Pengambilan Keputusan, Peraturan Perundang-undangan LLASDP, Aplikasi Program Transportasi sehingga para peserta terampil di bidang transportasi darat.

2. Manajemen Trasnsportasi Jalan (D-III)

Kompetensi utama lulusan Manajemen Trasnsportasi Jalan adalah mampu mengidentifikasi aspek-aspek yang berkaitan dengan permintaan dan pelayanan transport di bidang jalan; melakukan perencanaan transportasi; menidentifikasi biaya operasi kendaraan dan menyusun tarif pentarifan; mengidentifikasi dan menentukan alternatif pemecahan masalah terkait opersional jalan; melkukan manajemen operasional angkutan umum; melakukan survey dan analisis data lalu lintas; merencanakan dan mendisain prasarana lalu lintas dan angkutan umum; mengatur lalu lintas; mengidentifikasi daerah rawan kecelakaan; analisis dan mengusulkan pencegahan kecelakaan; memahami karateristik dan rekayasa kendaraan.

3. Manajemen Transportasi Perkeretaapian (D-III)

Kompetensi utama lulusan Manajemen Transportasi Perkeretaapian adalah memilki kualitas profesional dalam menjalankan fungsi dan tugasnya yang memiliki wawasan yang mendalam pada teknologi perkeretaapian yang mengarah pada terbentuknya jiwa kreatif, inovatif dan profesional serta memegang nilai-nilai moral.

Kompetensi pendukung lulusan adalah mampu bekerja dengan menggunakan teknologi dan terampil di bidang perkeretaapian baik secara pelayanan/administratif maupun teknis. Kompetensi lainnya/pilihan lulusan mampu menjadi Praktisi perkeretaapian dan menggunakan peralatan perkeretaapian serta melakukan pelayanan perkeretaapian.

Biaya Kuliah

Berdasarkan surat pengumuman Kemenhub nomor PG.04 Tahun 2020, dijelaskan tentang biaya penyelenggaraan pendidikan tahun 2020/2021 di sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan Kemenhub.

Biaya penyelenggaraan pendidikan terdiri dari Biaya Akademik dan Biaya Non-Akademik. Biaya Akademik merupakan biaya SPP atau biaya Semester yang ditanggung oleh Pemerintah, sedangkan Biaya Non Akademik terdiri dari biaya penunjang akademik yang dibebankan kepada Calon Taruna/Taruni sesuai dengan ketentuan Perundangan yang berlaku.

Komponen dan perkiraan besaran Biaya Non Akademik sesuai dengan tabel di bawah (untuk biaya Non-Akademik semester selanjutnya menyesuaikan tarif yang berlaku di masing-masing perguruan tinggi).

Biaya awal masuk merupakan biaya perlengkapan taruna selama pendidikan, biaya makan selama 3 (tiga) bulan dan Masa Dasar Pembentukan Karakter (Madatukar) yang dibayarkan di awal pendidikan sebesar Rp.26.958.000,- untuk program studi sarjana terapan Transportasi Darat; Rp.24.458.000,- untuk program studi D-III MTJ dan D-III MTP.

Biaya permakanan dan biaya semester selanjutnya menyesuaikan tarif yang berlaku di masing-masing perguruan tinggi.

Syarat pendaftaran PTDI lihat di sini atau kunjungi ptdisttd.ac.id sipencatar.dephub.go.id Pengumuman pendaftaran sekolah kedinasan terbaru kunjungi website Seleksi Nasional Sekolah Kedinasan, Badan Kepegawaian Negara dikdin.bkn.go.id dan website masing-masing sekolah kedinasan.

Sumber : PTDI-STTD , Wikipedia


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

Buku Tes Sekolah Kedinasan TNI POLRI CPNS PPPK 2021
Hello. Add your message here.