5 Keutamaan Ayat Kursi Berdasarkan Hadits, Salah Satunya Dilindungi dari Jin dan Setan

Yuk bagikan infonya...

Ilustrasi/Google  

Membaca Ayat Kursi menjadi satu amalan yang punya banyak keutamaan. Ayat kursi terdapat pada surat Al Baqarah ayat 255. Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW menyebutkan bahwa Ayat Kursi menjadi ayat paling utama dalam Al-Qur’an.

Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,

“Di dalam surat Al-Baqarah ada satu ayat yang menjadi kepala kepada semua ayat-ayat Al-Qur’an, tidak dibaca ayat itu di dalam rumah yang ada setan di dalamnya melainkan ia keluar daripada rumah itu yaitu ayat kursi.”

Ayat Kursi bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Ayat ini dapat dibaca kapanpun, misalnya setelah sholat fardhu, saat hendak tidur, atau sebagai bacaan doa ketika mengharapkan pertolongan Allah SWT.

Bacaan Ayat Kursi Lengkap

Berikut ini adalah bacaan Ayat Kursi lengkap dengan tulisan Arab, latin dan artinya.

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ

Arab-latin: allāhu lā ilāha illā huw, al-ḥayyul-qayyụm, lā ta`khużuhụ sinatuw wa lā na`ụm, lahụ mā fis-samāwāti wa mā fil-arḍ, man żallażī yasyfa’u ‘indahū illā bi`iżnih, ya’lamu mā baina aidīhim wa mā khalfahum, wa lā yuḥīṭụna bisyai`im min ‘ilmihī illā bimā syā`, wasi’a kursiyyuhus-samāwāti wal-arḍ, wa lā ya`ụduhụ ḥifẓuhumā, wa huwal-‘aliyyul-‘aẓīm. 

Artinya: “Allah, tidak ada tuhan selain Dia, Yang Mahahidup lagi terus-menerus mengurus (makhluk-Nya). Dia tidak dilanda oleh kantuk dan tidak (pula) oleh tidur. Milik-Nyalah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang ada di hadapan mereka dan apa yang ada di belakang mereka. Mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun dari ilmu-Nya, kecuali apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya (ilmu dan kekuasaan-Nya) meliputi langit dan bumi. Dia tidak merasa berat memelihara keduanya. Dialah yang Mahatinggi lagi Maha Agung.” (QS. Al-Baqarah: 255)

Keutamaan Membaca Ayat Kursi

Dikutip dari buku “Rahasia Dahsyat Al-Fatihah, Ayat Kursi dan Al Waqiah untuk Kesuksesan Karier dan Bisnis” oleh Ustadz Ramadhan, disebutkan beberapa keutamaan membaca Ayat Kursi.

1. Dilindungi dari jin dan setan

Keutamaan membaca ayat kursi yaitu dijauhi dari kejahatan serta godaan jin dan setan yang terkutuk. Hal ini sebagaimana dalam hadits riwayat Anas bin Malik RA, beliau berkata Rasulullah SAW bersabda:

“Apabila seseorang dari umatku membaca ayat kursi 12 kali, kemudian dia berwudhu dan mengerjakan salat subuh, niscaya Allah akan menjaganya dari kejahatan setan dan derajatnya sama dengan orang yang membaca seluruh Al-Qur’an sebanyak 3 kali, dan pada hari kiamat ia akan diberi mahkota dari cahaya yang menyinari semua penghuni dunia.”

2. Mendapat perlindungan Allah SWT

Ayat Kursi juga bisa menjadi amalan yang rutin dibaca setelah menjalankan sholat fardhu. Bagi siapapun yang membaca Ayat Kursi usai sholat fardhu maka akan mendapat perlindungan Allah SWT.

Dalam hadits disebut dari Hasan bin Ali, Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya:

“Barangsiapa yang membaca ayat kursi di setiap akhir salat fardhu maka ia berada dalam perlindungan Allah sampai salat berikutnya.” (HR. Thabrani)

3. Ayat paling utama dari seluruh ayat Al-Qur’an

Ayat kursi disebut sebagai kepala ayat-ayat Al-Qur’an. Ayat Kursi menjadi ayat yang paling utama, sebagaimana diriwayatkan Abu Hurairah yang berkata bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda:

“Di dalam surat Al-Baqarah ada satu ayat yang menjadi kepala kepada semua ayat ayat Al-Qur’an, tidak dibaca ayat itu di dalam rumah yang ada setan di dalamnya melainkan ia keluar daripada rumah itu yaitu ayat kursi.”

4. Dimudahkan masuk surga

Keutamaan lain dari Ayat Kursi adalah dimudahkan untuk masuk surga. An Nasa’i, Ibnu Hibban dan Ath-Thabrani meriwayatkan dari Abu Umamah, Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa membaca ayat kursi setiap selesai sholat wajib, maka tidak ada yang bisa menghalanginya untuk masuk surga kecuali kematian.” (HR An Nasa’i).

5. Ayat yang agung melebihi langit dan bumi

Rasulullah SAW pernah bersabda terkait keagungan Ayat Kursi. Disebutkan bahwa Ayat Kursi memiliki keagunan yang melebihi langit dan bumi.

“Seperti diceritakan Abdullah bin Mas’ud: “Tidaklah Allah menciptakan langit dan bumi melebihi agungnya Ayat Kursi (karena di dalam ayat tersebut telah mencakup Nama dan Sifat Allah).” Sufyan ats-Tsauri berkata, “Sebab ayat kursi merupakan (salah satu) kalamullah (perkataan Allah), sedangkan kalamullah itu lebih agung dari ciptaan Allah yang berupa langit dan bumi” (HR Tirmidzi).

Demikian bacaan lengkap Ayat Kursi dan keutamaannya. Semoga bisa menjadi amalan yang rutin dikerjakan setiap saat.

Sumber : Detik

Yuk bagikan sebagai sedekah… 


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

PEMBIAYAAN SYARIAH JAMINAN BPKB MOBIL
Hello. Add your message here.