Uji Kompetensi Beasiswa Universitas Al-Azhar Mesir 2024, Pendaftaran Dibuka Tanggal 14-24 Mei  

Yuk bagikan infonya...

Uji Kompetensi Beasiswa Universitas Al-Azhar Mesir 2024, Pendaftaran Dibuka Tanggal 14-24 Mei  

PETUNJUK TEKNIS UJI KOMPETENSI (IKHTIBÂR TASHFIYAH/TAHDÎD MUSTAWÂ) CALON MAHASISWA UNIVERSITAS AL-AZHAR MESIR (BEASISWA DAN NONBEASISWA PROGRAM S-1) TAHUN 2024

Bismillahirrahmanirrahim.

Merujuk Pengumuman Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor B-188/DJ.I/PP.04/05/2024 tanggal 8 Mei 2024 tentang Uji Kompetensi (Ikhtibâr Tashfiyah/Tahdîd Mustawâ) bagi Calon Mahasiswa Baru (CAMABA) Universitas Al-Azhar Mesir tahun 2024, Pusat Studi Islam dan Bahasa Arab (PUSIBA)/Markaz Syekh Zayed Cabang Indonesia, sebagai lembaga yang diberi amanah melaksanakan uji kompetensi dimaksud, menyampaikan tahapan-tahapan uji kompetensi sebagai berikut.

A. Dasar Pelaksanaan:

  1. Naskah Nota Kesepahaman antara Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia dan Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar (OIAA) Cabang Indonesia nomor 4209 tahun 2022.
  2. Perjanjian Kerja Sama antara Direktorat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam dan Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar (OIAA) Cabang Indonesia nomor 16.011/PKS/OIAA/VII/2022 tanggal 29 Juli 2022.

Baca Juga : Beasiswa Universitas Al-Azhar Mesir 2024, Pendaftaran Seleksi Dibuka Tanggal 14-24 Mei

B. Persyaratan:

  1. Uji Kompetensi dilaksanakan untuk menjaring CAMABA Universitas Al-Azhar program beasiswa Al-Azhar dan nonbeasiswa (mandiri).
  2. Calon peserta uji kompetensi harus memenuhi syarat sebagai berikut:
    a. warga negara Indonesia (WNI);
    b. berakhlak mulia dan berbudi pekerti luhur;
    c. memiliki ijazah Madrasah Aliyah, atau Pendidikan Diniyah Formal Ulya, atau Satuan Pendidikan Muadalah, atau sederajat dari pondok pesantren yang telah terdaftar/terakreditasi di Kementerian Agama RI;
    d. ijazah yang diterima untuk pendaftaran adalah ijazah yang pada tahun 2024 ini tidak melebihi batas 3 (tiga) tahun sejak tanggal dikeluarkan;
    e. memiliki kompetensi Bahasa Arab dan penguasaan ilmu-ilmu keislaman;
    f. memiliki komitmen kebangsaan yang kuat dan wawasan moderasi beragama.

C. Prosedur Pendaftaran:

  1. Masa pendaftaran seleksi dibuka Selasa, 14 Mei 2024 dan ditutup Jumat, 24 Mei 2024.
  2. Calon peserta yang telah memenuhi persyaratan mendaftarkan diri secara mandiri.
  3. Calon peserta harus memiliki nomor whatsapp (WA) pribadi dan dikelola sendiri oleh yang bersangkutan.
  4. Calon peserta mendaftarkan diri secara daring melalui tautan https://registrasi.pusiba.com dan mengunggah file berkas dalam bentuk JPG yang meliputi Ijazah/Surat Keterangan Lulus, Transkip Nilai, Akta Kelahiran, dan pas foto berwarna.
  5. Setelah mengisi formulir pendaftaran, calon peserta akan menerima pemberitahuan hasil seleksi berkas melalui WA yang menerangkan bahwa pendaftaran diterima/ditolak; jika pendaftaran diterima, tahap selanjutnya adalah membayar biaya pendaftaran.

D. Biaya Pendaftaran:

  1. Biaya mengikuti ikhtibâr tashfiyah/tahdîd mustawâ dan tes wawasan kebangsaan sebesar Rp450.000 (empat ratus lima puluh ribu rupiah).
  2. Biaya tersebut dibayar melalui transfer ke nomor rekening virtual yang diberikan secara otomatis melalui nomor WA pendaftar setelah mengisi form pendaftaran. Pembayaran dapat dilakukan melalui mesin ATM, teller bank, internet banking, mobile banking, Alfamart, dan Indomaret.
  3. Pendaftar akan menerima pemberitahuan dari admin jika biaya pembayaran sudah diterima oleh admin.
  4. Jika dalam waktu 1 x 24 jam pendaftar belum melunasi pembayaran, nama dan data pendaftar akan terhapus secara otomatis dari sistem pendaftaran laman MSZ Cabang Indonesia, dan yang bersangkutan harus mengulang prosedur pendaftaran jika ingin melanjutkan pendaftarannya.

E. Mekanisme dan Jadwal:

  1. Seleksi dilakukan dalam dua tahap, yaitu (a) ikhtibâr tashfiyah/tahdîd mustawâ dan (b) tes wawasan kebangsaan (bagi peserta yang lolos tahap pertama).
  2. Dalam mengikuti ujian, peserta bisa menggunakan perangkat handphone atau laptop yang harus terinstal aplikasi peramban google chrome dan zoom meeting, serta didukung jaringan internet yang kuat dan stabil.
  3. Ikhtibâr tashfiyah/tahdîd mustawâ akan dilaksanakan pada Senin, Selasa, dan Rabu (27, 28, dan 29 Mei 2024) secara serempak dan daring. Ujian ini terdiri dari tes tulis (tahriri) yang dilakukan dengan menggunakan google chrome dan tes wawancara (syafawi) melalui aplikasi zoom meeting.
  4. Hasil ikhtibâr tashfiyah/tahdîd mustawâ akan diumumkan pada Selasa, 04 Juni 2024.
  5. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) bagi peserta yang lolos tahap pertama akan dilaksanakan pada Kamis dan Jumat, 06 dan 07 Juni 2024, pukul 09.00 WIB s/d selesai dengan menggunakan aplikasi zoom meeting.
  6. Hasil akhir seleksi akan diumumkan pada Selasa, 11 Juni 2024.

F. Tahapan dan Materi Seleksi:

  1. Tahap Pertama: Ikhtibâr tashfiyah/tahdîd mustawâ merupakan tes uji kompetensi Bahasa Arab yang mencakup kemahiran dalam membaca, menulis, mendengarkan, kaidah, dan balaghah. Dalam ujian ini peserta juga akan diwawancara langsung oleh penguji dari Pusat Bahasa Al-Azhar Kairo.
  2. Tahap Kedua: Peserta yang dinyatakan lolos pada tahap pertama atau ikhtibâr tashfiyah/tahdîd mustawâ akan mengikuti ujian tahap kedua yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).
  3. Peserta yang tidak mengikuti salah satu tahapan seleksi ini tanpa pemberitahuan, dinyatakan gugur dan tidak dapat melanjutkan ke proses berikutnya.
  4. Nilai kelulusan final adalah perpaduan antara nilai seleksi ikhtibâr tashfiyah/tahdîd mustawâ dan tes wawasan kebangsaan (TWK).

G. Pengaduan:

  1. Peserta yang mengalami gangguan teknis saat mengikuti tahapan seleksi, dapat segera mengadukan masalah yang dihadapinya kepada pelaksana saat kendala itu terjadi.
  2. Peserta yang mengalami kendala teknis berat sehingga tidak dapat melanjutkan tahapan seleksi, dapat mnegajukan tes ulang dengan menyertakan bukti-bukti otentik dan/atau alasan yang dapat dipertanggungjawabkan.
  3. Pengaduan yang disampaikan setelah tahapan seleksi selesai tidak akan ditindaklanjuti oleh pelaksana.
  4. Untuk pengaduan selama proses seleksi dapat menghubungi nomor Admin 0815 7571 5424

Bekasi, 14 Mei 2024
Direktur Pusat Studi Islam dan Bahasa Arab (PUSIBA)

Muhammad Arifin, MA

Pengumuman Pusiba

Pengumuman Kemenag

FORMULIR PENDAFTARAN SELEKSI

Sumber : Pusiba

***


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

INFINIX HOT 40PRO NFC RAM 12GB MEMORI 256GB
Hello. Add your message here.