Anak-anak Terkadang Sulit Bergaul, Agar Tak Kuper Latih Anak Bersosialisasi Dari Kecil

anak-diam

Bersosialisasi merupakan salah satu bagian yang penting perkembangan anak. Memiliki kemampuan bersosialisasi yang baik akan menjadikan anak memiliki kepribadian apik, terutama saat dia dewasa nanti. Bahkan ikut menunjang kesuksesannya di masa depan.

Oleh karena itu Bunda bisa melatih anak untuk bersosialisasi mulai dari kecil. Sehingga anak pun akan terbiasa melakukannya. Lantas bagaimana cara mengajarkan bersosialisasi pada anak? Bunda bisa menyimak tips berikut ini.

BUNDA DAPAT MEMULAINYA DENGAN MEMBERIKAN CONTOH YANG BAIK BAGI ANAK

Seperti pada umumnya anak-anak, seringkali mereka akan meniru hal-hal yang ada di sekitarnya, termasuk juga perilaku anggota keluarganya. Dia akan memperhatikan bagaimana cara Bunda menyapa orang lain, berbicara, bergaul, dan sebagainya. Maka, berilah contoh yang baik terhadap anak agar dia dapat menirunya.

BERI KESEMPATAN PADA SI KECIL UNTUK BEREKSPRESI

Berikan kesempatan pada anak untuk mengekspresikan keinginannya saat bersama teman-temannya. Misalnya saat teman-temannya bermain kotak umpet atau bermain kelereng, maka biarkan si kecil mengikutinya. Dengan begitu Bunda sebagai orangtua pun dapat sekaligus menilai bakat dan minat anak.

CIPTAKAN SUASANA KEKELUARGAAN YANG TERBUKA DAN MEMBUATNYA NYAMAN AGAR ANAK BERANI BERTANYA, MEMINTA PENDAPAT, DAN MENYAMPAIKAN KEINGINANNYA

Sebagai orangtua, Bunda harus membuat suasana di rumah seterbuka dan senyaman mungkin. Kualitas hubungan antara orangtua dengan anak-anaknya pun perlu diperhatikan. Untuk itu luangkan waktu sedikitnya 2 kali dalam sehari untuk mendengarkan cerita anak. Biarkan dia menceritakan apa yang dirasakan dan dialaminya pada hari itu. Dengan begitu anak akan menjadi memiliki keberanian untuk bertanya, meminta pendapat, dan menyampaikan keinginannya.

DORONG ANAK UNTUK BERMAIN BERSAMA TEMAN-TEMANNYA

Bermain adalah salah satu aktivitas paling menyenangkan bagi anak. Menghabiskan waktu untuk bermain bersama selain dapat membuat hatinya menjadi senang, juga dapat melatih si kecil untuk bersosialisasi dengan teman-temannya.

Dengan bermain anak akan bertemu dan berkomunikasi dengan teman-temannya yang mungkin saja memiliki keinginan dan cara bermain yang tidak sama dengan si kecil. Jika hal ini terus dibiasakan, maka si kecil tak akan canggung lagi saat harus berinteraksi dengan berbagai macam karakter orang.

BUNDA PUN HARUS MENGAJARKAN ETIKA BERGAUL PADA BUAH HATI

Saat bergaul, anak akan berinteraksi dengan orang-orang yang memiliki beragam karakteristik. Untuk itu menjadi tugas Bunda untuk mengenalkan etika bergaul yang baik. Berikan pemahaman tentang tata cara berbicara, bersikap, dan mengambil keputusan.

MEMBANGUN RASA PERCAYA DIRI PADA ANAK MENJADI HAL YANG TAK BOLEH BUNDA ABAIKAN

Percaya diri adalah salah satu faktor yang penting untuk bergaul. Sebagai orangtua, Bunda harus dapat membuat anak untuk memiliki sifat percaya diri yang tinggi. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengajaknya  berkomunikasi. Hal ini akan membuat anak percaya diri untuk menyampaikan pendapatnya.

JANGAN SAMPAI KASIH SAYANG ORANGTUA PADA SI KECIL JUSTRU MENJADIKAN BUNDA OVERPROTEKTIF PADA ANAK YA BUN!

Besarnya kasih sayang orangtua pada anak kerap menjadikannya overprotektif terhadap buah hati. Hal ini tentu tidak baik untuk perkembangan anak. Anak pun menjadi manja dan tidak mandiri. Untuk itu, berikan kesempatan kepada anak untuk bermain dan berkomunikasi dengan orang-orang di sekitarnya. Misalnya dengan memberikan kesempatan pada anak untuk membayar uang jajannya sendiri, dengan begitu dia akan mendapat pengalaman yang baru.

Memang tidaklah mudah untuk mengajarkan bersosialisasi kepada anak. Kondisi lingkungan dan karakter teman-temannya yang dianggap kurang mendukung kadang membuat para orangtua menutup kesempatan bagi anaknya untuk bersosialisasi dengan lingkungan di sekitarnya. Jika hal itu terjadi, maka carilah jalan keluar yang terbaik agar anak tetap bisa bergaul dengan teman-temannya untuk melatih kemampuan bersosialisasinya.

Sumber : sayangianak.com

Ayo bagikan sebagai sedekah…

About Auther:

Info Biografi

Cendana Prime Bintaro Rumah Mewah Harga Murah
Hello. Add your message here.