Politeknik Statistika STIS Membuka Pendaftaran 8-23 Juni 2020

Taruna Politeknik Statistika STIS
Info Pendaftaran Sekolah Kedinasan

Politeknik Statistika STIS adalah perguruan tinggi kedinasan di lingkungan Badan Pusat Statistik. Pembinaan secara fungsional Politeknik Statistika STIS dilaksanakan oleh Kepala Badan Pusat Statistik, namun secara pembinaan secara teknis akademik dilaksanakan oleh menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan tinggi dalam hal ini adalah Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Politeknik Statistika STIS yang dikenal saat ini mempunyai catatan riwayat yang cukup panjang dalam pembentukannya, dimulai dengan berdirinya Akademi Ilmu Statistik (AIS) sampai menjadi Politeknik Statistika STIS seperti sekarang. Pada tanggal 11 Agustus 1958, Perdana Menteri Republik Indonesia waktu itu, Ir. H. Djuanda, mengeluarkan Surat Keputusan No. 377/PM/1958 tentang berdirinya Akademi Ilmu Statistik.

Tujuan utama pendidikan AIS adalah mendidik tenaga pelaksana kegiatan statistik pada tingkat semi ahli yang mampu melaksanakan dan mengembangkan perstatistikan nasional. Tiga tahun kemudian AIS sudah menghasilkan lulusan. Pada awalnya AIS mendapat bantuan dana dan tenaga ahli dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Bantuan disalurkan melalui Statistical Research and Development Centre yaitu lembaga yang didirikan oleh Pemerintah Indonesia c.q. Biro Pusat Statistik (BPS) bekerjasama dengan badan PBB, United Nations Development Programme (UNDP).

Pada tahun 1964 BPS membuka Perguruan Tinggi Ilmu Statistik (PTIS) dengan mahasiswa yang terdiri dari lulusan AIS dan dosen yang berasal dari PBB. Tujuannya adalah meningkatkan pendidikan untuk lulusan AIS. Namun pada tahun 1965 bantuan ini terhenti karena Indonesia keluar dari PBB, dan sejak saat itu PTIS ditutup. Walaupun PTIS sudah tidak beroperasi, AIS tetap melaksanakan proses pendidikan.

Dengan persetujuan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) melalui Surat No. 295/D/T/97 tanggal 24 Pebruari 1997 tentang diijinkannya Badan Pusat Statistik (BPS) menyelenggarakan Program Pendidikan Diploma IV, kemudian diterbitkan Keppres No. 163 Tahun 1998 tentang STIS di bawah naungan BPS, maka sejak saat itu berdirilah STIS dengan dua jurusan yaitu jurusan Statistika dan jurusan Komputasi Statistik.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi menyatakan bahwa Sekolah Tinggi merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam satu rumpun ilmu pengetahuan dan/atau teknologi tertentu dan jika memenuhi syarat, sekolah tinggi dapat menyelenggarakan pendidikan profesi. Dengan demikian, bentuk kelembagaan Sekolah Tinggi tidak lagi sesuai bagi STIS yang tidak menyelenggarakan pendidikan akademik. Oleh karena itu, STIS mengubah bentuk kelembagaannya menjadi Politeknik yang merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam berbagai rumpun ilmu pengetahuan dan/atau teknologi dan jika memenuhi syarat, politeknik dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.

Pada tanggal 3 Oktober 2016 Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia menerbitkan Surat keputusan Nomor 429/KPT/I/2016 tentang Pembukaan Program Studi Komputasi Statistik Program Diploma Empat, Program Studi Statistika Program Diploma Empat, dan Program Studi Statistika Program Diploma Tiga dalam rangka perubahan bentuk Sekolah Tinggi Ilmu Statistik menjadi Politeknik Statistika STIS di Jakarta yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik. Kemudian disusul oleh Surat Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia kepada Kepala Badan Pusat Statistik Nomor 179/M/IX/2016 tanggal 9 September 2016 tentang Rekomendasi Perubahan Bentuk Sekolah Tinggi Ilmu Statistik menjadi Politeknik Statistika STIS.

Selanjutnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia juga mengeluarkan Surat Nomor B/479/M.KT.01 2017 pada tanggal 19 September 2017 yang menyetujui perubahan status Sekolah Tinggi Ilmu Statistik menjadi Politeknik Statistika STIS. Kemudian, pada tanggal 17 Oktober 2017 diterbitkan Peraturan Kepala Badan Pusat Statistik No 87 Tahun 2017 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Statistika STIS. Pada akhirnya, Politeknik Statistika STIS resmi di-launching pada tanggal 28 Maret 2018.

Program Studi

1. Program Studi DIII Statistika

Dalam lingkup Badan Pusat Statistik (BPS), lulusan Prodi D-III Statistika diproyeksikan sebagai Koordinator Statistik Kecamatan (KSK) yang merupakan ujung tombak kegiatan statistik di BPS. Menurut Perka BPS No 003 tahun 2002 Koordinator Statistik Kecamatan adalah petugas fungsional pengumpul data statistik di lapangan dan mengkoordinasikan kegiatan statistik pada tingkat kecamatan yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala BPS Kabupaten/Kota, yang dalam melaksanakan tugas dan fungsinya dengan memperhatikan petunjuk dan koordinasi dari camat setempat.

Dalam perkembangannya, KSK juga dituntut mampu mengolah, menyajikan, mengkomunikasikan, dan mengelola kegiatan statistik di wilayah tugasnya, serta membuat laporan berupa analisis dari hasil pendataan. Oleh karena itu, lulusan Prodi D-III Statistika harus mampu mengolah data menggunakan beberapa software statistik populer seperti MS-Excel dan SPSS sekaligus mampu menginterpretasikan serta menyajikan hasilnya dalam bentuk publikasi, seperti Kecamatan Dalam Angka, Statistik Daerah Kecamatan, dan/atau menyajikan dalam bentuk poster mengaplikasikan infografis yang baik dan sesuai.

Lulusan Prodi D-III Statistika harus memiliki keunggulan dalam bidang statistika terapan, khususnya dalam manajemen dan metodologi survei, dan dalam menerapkan kaidah-kaidah statistika untuk melaksanakan kegiatan statistik (pengumpulan, pengolahan, penyajian, dan analisis data statistik), khususnya data official statistics.

Seluruh Lulusan Prodi D-III Statistika berstatus ikatan dinas pada BPS. Setelah wisuda, lulusan segera diangkat sebagai CPNS Golongan II-c di lingkungan BPS dan akan ditempatkan di kantor BPS di seluruh wilayah Indonesia terutama di tingkat kabupaten/kota. Sebelum Surat Keputusan CPNS diterima, lulusan mengikuti program magang di kantor Badan Pusat Statistik di Jl. Dr. Sutomo No. 6-8 Jakarta.

2. Program Studi DIV Statistika 

Mahasiswa Prodi D-IV Statistika Politeknik Statistika STIS berstatus ikatan dinas pada Badan Pusat Statistik (BPS) sehingga semua lulusannya diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan BPS dan siap ditempatkan di seluruh unit kerja BPS baik di pusat, BPS Provinsi maupun BPS Kabupaten/Kota di seluruh wilayah Indonesia. Lulusan Prodi D-IV Statistika Politeknik Statistika STIS langsung diusulkan proses pengangkatannya sebagai CPNS setelah mereka lulus.

Lulusan Prodi-DIV Statistika adalah tenaga siap pakai di bidang perencana survei/ sensus, pengolahan data hasil survei/ sensus, dan analisis statistik. Lulusan merupakan ahli statistika yang mampu merancang kegiatan survei yang efisien di bidang ekonomi, sosial dan kependudukan dengan menerapkan metode sampling yang tepat untuk keperluan estimasi populasi. Di samping itu, lulusan mampu mengkaji instrumen yang digunakan oleh BPS dalam menghasilkan official statistics yang valid dan reliable, serta mampu mengembangkan metode yang digunakan untuk peningkatan kualitas data.

Lulusan juga memiliki kemampuan manajerial yaitu mampu mengkoordinasikan tahapan pelaksanaan survei di lapangan sesuai rancangan yang telah ditetapkan dan mengkomunikasikan hasil survei berdasarkan kaidah-kaidah yang telah ditetapkan dalam rancangan survei secara lisan maupun tertulis.

3. Program Studi DIV Komputasi Statistik  

Mahasiswa Prodi D-IV Komputasi Statistik berstatus ikatan dinas pada Badan Pusat Statistik (BPS) sehingga setelah lulus akan diangkat menjadi calon pegawai negeri sipil di BPS dan akan ditempatkan di seluruh unit kerja BPS baik di pusat, BPS Provinsi maupun BPS Kabupaten/Kota di seluruh wilayah Indonesia atau akan ditempatkan di kementerian/lembaga lain sesuai dengan penempatannya setelah lulus. Setelah lulus, lulusan akan langsung menjalani orientasi kerja (magang) di BPS. Proses orientasi kerja ini paralel dengan proses pemberkasan untuk mengurus berbagai macam persyaratan administrasi untuk pengangangkatan menjadi CPNS. Lama waktu orientasi kerja adalah sampai dengan terbitnya Surat Keputusan pengangkatan sebagai CPNS.

Lulusan Prodi D-IV Komputasi Statistik memiliki keunggulan dalam bidang komputasi statistik yang meliputi official statistics, aplikasi statistik, penerapan teknologi informasi, dan juga pengembangan sistem informasi statistik. Umumnya lulusan Prodi D-IV Komputasi Statistik ditempatkan pada bagian Integrasi dan Pengolahan Data Statistik (IPDS) yang membutuhkan sumber daya manusia dengan kemampuan pengoperasian perangkat teknologi informasi dan komunikasi. Di kantor pusat BPS, lulusan pada umumnya ditempatkan pada kedeputian Metodologi dan Informasi Statistik (MIS), khususnya pada Direktorat Sistem Informasi Statistik (SIS) untuk terlibat dalam pengembangan perangkat lunak pendukung kegiatan perstatistikan. Selain itu, terdapat pula lulusan Prodi D-IV Komputasi Statistik yang melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi di perguruan tinggi populer di dalam maupun luar negeri, seperti Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, dan Tokyo Institute of Technology, Jepang.

Lulusan Prodi D-IV Komputasi Statistik menguasai berbagai teknik statistika dasar atau lanjutan dan teknik data mining dan machine learning sehingga mampu melakukan analisis menggunakan teknik tersebut. Mereka mampu menggunakan ataupun mengembangkan sendiri berbagai aplikasi pengolahan data dan analisis statistik menggunakan bahasa pemrograman komputer seperti Java, Python, ataupun R scripting. Berbeda dengan jurusan statistika pada perguruan tinggi pada umumnya, pengetahuan akan statistika terapan dan official statistics menjadikan lulusan Prodi D-IV Komputasi Statistik memiliki kesiapan untuk bekerja pada lingkungan statistik pemerintahan. Kegiatan perstatistikan yang memiliki keterkaitan erat dengan sistem informasi pengolahan data sangat membutuhkan ahli di bidang teknologi informasi. Untuk itu, lulusan Prodi D-IV Komputasi Statistik menjembatani kebutuhan tersebut dengan pengetahuan teknologi informasi yang dapat dimanfaatkan untuk statistik pemerintahan.

Lulusan Prodi D-IV Komputasi Statistik juga dibekali pengetahuan untuk pengembangan sistem informasi, basis data, serta pengembangan aplikasi baik stand alone ataupun terhubung jaringan. Beberapa produk perangkat lunak yang dihasilkan oleh lulusan Prodi D-IV Komputasi Statistik terdapat pada repository (Git STIS)

Politeknik Statistika STIS

Jl. Otto Iskandardinata No.64C Jakarta 13330
Telp : (021) 8191437, 8508812
Fax : (021) 8197577
Website : http://stis.ac.id/ 

Artikel Pilihan  

Yuk bagikan infonya…  

About Auther:

Info Biografi

Beasiswa Sekolah Kedinasan IPDN STAN AKPOL Dll
Hello. Add your message here.