Tiga Jenis Tes Masuk Sekolah Kedinasan

Praja IPDN
Info Pendaftaran Sekolah Kedinasan

Berikut ini tiga jenis tes yang harus dijalani oleh peserta yang ingin diterima di sekolah kedinasan seperti Institut Pemerintahan Dalam Negeri, Politeknik Siber dan Sandi Negara, Politeknik Imigrasi, Sekolah Tinggi Intelijen Negara, dan lain-lain.

A. Tes Kemampuan Dasar (TKD)

Jika TKD SBMPTN terdiri dari ujian Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Berbeda dengan TKD yang berlaku di Sekolah Kedinasan.

Di Sekolah Kedinasan berlaku Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Termasuk tes menguji kemampuan penguasaan pengetahuaan dan kemampuan peserta dalam implementasi 4 pilar pedoman Kebangsaan Indonesia meliputi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945 (UUD’45), Bhineka Tunggal Ika dan hal-hal mencakup Negara Kesatuan Republik Indonesia.

2. Tes Intelegensi Umum (TIU)

Adalah tes mengukur kompetensi peserta yang berhubungan dengan hal kemampuan verbal, numerik, logika, dan analisis.

3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Berfungsi untuk melihat karakter, kepribadian dan tingkat emosional kamu yang berkaitan dengan hal-hal integritas diri, kreatifitas, semangat prestasi dan sebagainya.

Taruna STIN
Taruna STIN
B. Tes Kemampuan Bidang (TKB)

Ketika kamu sudah lolos melewati TKD, kamu akan berhadapan dengan Tes Kemampuan Bidang (TKB) yang berfungsi mengukur kemampuan kamu dengan bidang yang kamu pilih dengan materi ujian lebih spesifik.

Tahapan TKB yang akan kamu ikuti nantinya meliputi ujian tertulis, tes psikologi lanjutan, wawancara dan/atau ujian praktik bagi bidang-bidang tertentu.

Bidang yang diujikan sangat bervariasi, meliputi pendidikan, kesehatan, hukum, agama dan masih banyak lagi.

Mahasiswa Politeknik Siber dan Sandi Negara
Mahasiswa Politeknik Siber dan Sandi Negara
C. Tes Kesehatan dan Kesamaptaan

Ini merupakan tes tahap terakhir yang akan kamu ikuti. Biasanya, jika kamu sudah sampai tahap ini, kemungkinan besar kamu bisa lolos diterima di Sekolah Kedinasan. Tapi, kamu juga harus perlu perhatikan hal-hal berikut ini. Jangan sampai hanya gara-gara hal ini tidak kamu perhatikan, kamu bisa gagal masuk Sekolah Kedinasan.

1. Tes Kesehatan

Tes Kesehatan ini akan mencakup pengecekan urine, darah, tensi, rontgen, kesehatan gigi, tes buta warna, kesehatan paru-paru, dan beberapa tes lainnya, sesuai ketentuan Sekolah Kedinasan yang kamu akan kamu daftar.

Tes ini bertujuan, agar mahasisa-mahasiswi Sekolah Kedinasan jauh dari penggunaan obat-obatan terlarang, jauh dari segala penyakit, dan memiliki pelajar yang berkompeten.

Taruna Politeknik Ilmu Pemasyarakatan
Taruna Politeknik Ilmu Pemasyarakatan

2. Tes Kesamaptaan

Jika kamu mendaftarnya di Sekolah Kedinasan dengan system pendidikan semimiliter, seperti STIN, STSN, dan IPDN, kamu harus mengikuti tes ini.

Tes Kesamaptaan ini merupakan tes yang bentuknya melatih fisik, seperti push up, pull up atau atletik dengan ketentuan tes dari masing-masing Sekolah Kedinasan. Tes ini berfungsi untuk menguji ketahanan fisik kamu.

Mulai sekarang, kamu sudah harus rajin berolahraga dan perbanyak konsumsi makan yang bervitamin, nutrisi serta gizi tinggi. Apalagi kamu juga harus berhenti merokok dan jauhi obat-obatan terlarang karena tes ini membutuhkan fisik kuat dan gaya hidup fit. (Kompas)

Artikel Pilihan  

Yuk bagikan artikelnya… 

About Auther:

Info Biografi

Pesantren Khusus Tahfidz Quran
Hello. Add your message here.