Pondok Pesantren Qomaruddin Gresik Jawa Timur

Yuk bagikan infonya...

Pondok Pesantren Qomaruddin
Pondok Pesantren Qomaruddin

Pondok Pesantren Qomaruddin Sampurnan Bungah didirikan oleh Kiai Qomaruddin. Pada awalnya beliau mendirikan pesantren di Desa Kanugrahan (dekat Pringgoboyo), Kecamatan Meduran, Kabupaten Lamongan. Pesantren yang didirikan itu diberi nama Pesantren Kanugrahan. Tahun berdirinya pesantren itu ditandai dengan candra sengkala “Rupo Sariro Wernaning Jilma” (1681 S/1753 M).

Beberapa tahun kemudian, Kiai Qomaruddin pergi ke Gresik untuk menemui santrinya (Tirtorejo, keturunan Kanjeng Sunan Giri) yang kala itu telah menduduki jabatan sebagai tumenggung di Gresik.

Kiai Qomaruddin kemudian mendirikan pesantren yang berlokasi di antara Masjid Kiai Gede Bungah dengan Kantor Distrik Kecamatan Bungah pada tahun 1775 M/1188 H. Kanjeng Tumenggung Tirtorejo (K. Yudonegoro) memberi nama bagi pesantren yang baru didirikan Kiai Qomaruddin itu dengan nama Pesantren Sampurnan.

Pada tahun 60-an atas inisiatif Kiai Hamim Shalih (putra Kiai Sholih Musthofa), pesantren ini diberi nama Darul Fiqih. Pesantren ini menjadi rujukan penetapan hukum bagi masyarakat sekitarnya.

Sejak pertengahan tahun 70-an, pesantren ini diubah namanya menjadi Pondok Pesantren Qomaruddin. Nama itu dinisbatkan kepada pendirinya, yaitu Kiai Qomaruddin sekaligus dalam rangka tabarruk (mengharapkan limpahan kebaikan) kepada pendirinya.

Selain pendidikan pesantren, Pesantren Qomaruddin juga menyelenggarakan pendidikan formal, mulai tingkat pra sekolah sampai dengan pendidikan tinggi.

PENDIDIKAN DASAR

– PAUD, TK dan MI

PENDIDIKAN MENENGAH

– SMP, MTS, SMA dan SMK

PENDIDIKAN TINGGI

– Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Qomaruddin
– Institut Agama Islam Qomaruddin
– Sekolah Tinggi Teknik Qomaruddin

Pondok Pesantren Qomaruddin

Dusun Sampurnan, Desa Bungah, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur
Telp : (031) 3940925
Website : https://www.qomaruddin.com/

Yuk bagikan sebagai sedekah…

Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

INFINIX HOT 40PRO NFC RAM 12GB MEMORI 256GB
Hello. Add your message here.