Mengenal Politeknik Imigrasi, Gratis dan Lulus Jadi CPNS

Yuk bagikan infonya...

Ilustrasi/minews.id
Buku Best Seller Tes Sekolah Kedinasan

Politeknik Imigrasi (Poltekim) adalah sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. Poltekim didirikan pada tahun 1962 dengan tujuan untuk mencetak kader pimpinan di lingkungan Ditjen Imigrasi dan Kemenkumham masa depan, lulusannya akan ditempatkan di seluruh kantor imigrasi di Indonesia dan atau di perwakilan imigrasi di luar negeri.

Proses Pendidikan di Poltekim

Proses pendidikan di Poltekim dibagi ke dalam tiga bagian, yaitu pengajaran, pelatihan, dan pengasuhan.

1. Pengajaran

Pengajaran di Poltekim adalah upaya pendidikan yang berbentuk kuliah, ceramah dan instruksi di kelas dengan tujuan untuk memperoleh, memperdalam dan memperluas ilmu dan pengetahuan akademis dalam pembentukan kepribadian taruna Poltekim dengan titik berat pada aspek kecerdasan dan kemampuan intelektual.

2. Pelatihan

Pelatihan bertujuan membentuk taruna agar memiliki kemampuan dan penguasaan pengetahuan tentang keimigrasian, dengan dilandasi kepribadian dan kepemimpinan yang tangguh, dengan titik berat pada aspek keterampilan yang mengacu pada profesionalisme.

3. Pengasuhan

Pengasuhan bertujuan membentuk taruna agar memiliki kemampuan dalam menghayati dan mengamalkan nilai-nilai budaya serta menguasai pengetahuan akademis dengan kepribadian dan kepemimpinan yang tangguh, dengan titik berat pada aspek mental kejuangan.

Lulusan Poltekim yang telah di wisuda akan mendapat Brevet Pejabat Imigrasi dan langsung mengikuti Pendidikan Penyidik Pegawai Negeri Sipil di Pusat Pendidikan Reserse dan Kriminal POLRI.

Keuntungan Kuliah Poltekim

Kemudian apa saja keuntungan kuliah di Poltekim? Dilansir dari Instagram Direktorat Jenderal Imigrasi RI, berikut ini 6 keuntungan kuliah di Poltekim.

1. Tidak dipungut biaya kuliah

Sebagai perguruan tinggi kedinasan di bawah Kementerian Hukum dan HAM, Taruna Poltekim tidak dipungut biaya apapun karena semua biaya sudah ditanggung oleh Kemenkumham RI.

2. Program studi variatif

Lulusan Taruna Poltekim mendapat gelar Sarjana Terapan Imigrasi, pilihan jurusannya:

  • D4 Hukum Keimigrasian
  • D4 Administrasi Keimigrasian
  • D4 Manajemen Teknologi Keimigrasian
  • D3 Keimigrasian
3. Baju seragam, atribut dan lainnya gratis

Jika menjadi Taruna Poltekim, para Taruna akan mendapatkan fasilitas perlengkapan mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki secara gratis oleh pihak kampus.

4. Tidak perlu bayar biaya makan

Disamping itu, para Taruna juga akan disuplai makanan dan gizi yang baik untuk membentuk tubuh yang sehat.

5. Fasilitas kampus lengkap

Di kampus Poltekim, ada fasilitas yang lengkap. Seperti tempat olahraga, seni budaya, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium praktek keimigrasian dan tempat ibadah yang memadai.

6. Ikatan dinas

Setelah lulus dari pendidikan, Taruna akan menjadi calon PNS/ASN Kemenkumham yang diproyeksikan menduduki formasi Analis Keimigrasian dan ditempatkan di unit pelayanan teknis Imigrasi di seluruh Indonesia.

BACA JUGA  


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

KINAYA RESIDENCE ANDARA 900 Meter Dari Tol Andara
Hello. Add your message here.