Sekolah Kedinasan “Is a Journey”

Yuk bagikan infonya...

Ilustrasi/al.rekrutmen-tni.mil.id
Buku Panduan Resmi Tes Akademik Kampus Kedinasan

Karena pendaftaran Sekolah Kedinasan tahun ini belum dibuka, saya mau sharing beberapa hal kepada ayah-bunda. Tinggi, pintar, sehat. Itulah 3 kriteria penting yang harus dipersiapkan untuk masuk Sekolah Kedinasan.

Tinggi. Beberapa sekolah kedinasan mensyaratkan tinggi badan tertentu, misalkan IPDN 160 cm, AKPOL 165 cm, AKMIL 163 cm, dll. Bagi anak yang tingginya kurang, sebaiknya sejak kecil diberi nutrisi yang cukup, dilengkapi susu berkalsium tinggi, dan dibiasakan olahraga yang merangsang pertumbuhan tinggi badan seperti lari, lompat tali, basket, renang, dan bersepeda.

Pintar. Sebagian besar sekolah kedinasan mensyaratkan nilai rata-rata rapor dan ujian akhir 70,00. Ini tidak bisa diperoleh dengan instan, hanya anak yang konsisten dalam belajar yang bisa meraihnya. Terutama Matematika dan Bahasa Inggris. Khusus Matematika sebaiknya anak dipantau kemampuannya sejak SD, karena materi matematika berjenjang, kalau SD kesulitan Matematika, SMP dan SMA akan semakin sulit untuk mengikuti pelajaran. Pastikan anak menguasai dengan baik 4 kemampuan dasar berhitung : penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian sejak kelas 3 SD, karena semua pelajaran Matematika menggunakan 4 operasi tersebut.

Sehat. Fisik sehat merupakan salah satu syarat utama masuk sekolah kedinasan, biasakan cukup makan, cukup tidur, cukup olahraga, jangan merokok, jangan minum alkohol, jangan mengkonsumsi narkoba dan jangan kelamaan skrol-skrol hape agar mata tidak minus atau silinder, ingat sebagian besar sekolah kedinasan tidak menerima pendaftar berkacamata.

Pantau pergaulan dan media sosial anak, pastikan anak bergaul dengan orang baik. Sebaiknya anak tidak pacaran, karena banyak siswa SMP/SMA harus dinikahkan di usia anak/remaja karena hamil/menghamili.

Pantau kemampuan anak dalam mengikuti pelajaran di sekolah, usahakan nilai rapor anak minimal 70,00 untuk semua mata pelajaran. Dukung anak dalam menghadapi ujian akhir sekolah, anak kelas 6 SD belikan buku persiapan ujian akhir, anak kelas 3 SMP belikan buku persiapan ujian akhir, anak kelas 3 SMA belikan buku persiapan ujian akhir dan buku persiapan masuk sekolah kedinasan.

Usahakan SMA masuk jurusan IPA, karena sebagian besar sekolah kedinasan menerima lulusan IPA, sebagian kecil menerima lulusan IPS dan lulusan SMK. Kelebihan lulusan IPA akan lebih mudah mengerjakan soal-soal psikotes yang membutuhkan kemampuan berhitung yang baik.

Biasakan anak untuk belajar mandiri di rumah dan berlatih mengerjakan soal-soal tes sekolah kedinasan, terutama soal-soal psikotes yang memerlukan kemampuan berhitung dan berfikir logis, pelajari tipe-tipe soal dan cara mengerjakannya.

Biasakan anak selalu beribadah, penuhi kewajibannya kepada Allah. Selalu berdoa meminta yang terbaik, karena semua hal terjadi dengan izin Allah.

Demikian sharing saya, semoga menginspirasi.

Artikel Pilihan

Yuk bagikan sebagai sedekah…


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

Buku Tes Sekolah Kedinasan TNI POLRI CPNS PPPK 2021
Hello. Add your message here.