Ayo Daftar Beasiswa Kuliah Gratis di Universitas Al Azhar Mesir, Pendaftaran Dibuka Tanggal 12-21 Mei 2023, Baca Syarat dan Cara Daftarnya di Sini

Yuk bagikan infonya...

Ilustrasi/Google

Syarat, Jadwal dan Link Pendaftaran 30 Sekolah Kedinasan 2023

Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama RI kembali membuka pendaftaran Beasiswa Kuliah Gratis di Universitas Al Azhar Mesir. Dikutip dari website diktis.kemenag.go.id pendaftaran dibuka tanggal 12-21 Mei 2023 dengan ketentuan sebagai berikut.

Baca Juga : Ayo Daftar Beasiswa Kuliah Gratis di Maroko, Pendaftaran Dibuka Tanggal 15-23 Mei 2023, Baca Syarat dan Cara Daftarnya di Sini 

UJI KOMPETENSI (IKHTIBÂR TASHFIYAH/TAHDÎD MUSTAWÂ) BAGI CALON MAHASISWA UNIVERSITAS AL-AZHAR MESIR BEASISWA DAN NON BEASISWA TAHUN 2023 

Sehubungan dengan tahun ajaran baru 2023-2024 di Universitas Al-Azhar Mesir, dan untuk mengantisipasi lebih awal dimulainya masa pendaftaran kuliah bagi mahasiswa asing, serta tawaran beasiswa Al-Azhar tahun 2023-2024, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam menyampaikan beberapa hal berikut;

  1. Sejak tahun lalu hingga saat ini, Kementerian Agama dan Al-Azhar masih dalam proses mematangkan MoU terkait muadalah Madrasah Aliyah/ Pondok Pesantren di Al-Azhar. Selama proses tersebut, merujuk surat Kepala Biro Kantor Deputi Grand Syeikh Al-Azhar tanggal 14 Agustus 2022 kepada Direktur KSKK Madrasah, Al-Azhar menyetujui untuk menerima calon mahasiswa pemegang ijazah muadalah Madrasah Aliyah di seluruh Indonesia, sebagaimana berlaku pada tahun-tahun
  2. Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, Universitas Al-Azhar Mesir membuka masa pendaftaran kuliah tahun ajaran baru pada kurun waktu bulan Agustus s.d pertengahan Oktober, dan mewajibkan calon mahasiswa baru untuk mengikuti placement test (tahdîd mustawâ) dan matrikulasi bahasa sebagai syarat mengikuti perkuliahan dan ujian.
  3. Setiap tahun, Al-Azhar, melalui Kedutaan Besar Mesir di Jakarta memberikan kuota beasiswa sebanyak 20 orang yang kewenangan seleksinya dilakukan oleh Kementerian
  4. Kementerian Agama memberikan kesempatan kepada lulusan Madrasah Aliyah dan Pondok Pesantren untuk melanjutkan studi di Universitas Al-Azhar, baik melalui jalur beasiswa maupun non beasiswa, dengan ketentuan sebagai berikut;

a. Calon mahasiswa yang akan melanjutkan ke Universitas Al-Azhar adalah lulusan Madrasah Aliyah dan Pondok Pesantren yang terdaftar/terakreditasi di Kementerian Agama, dan telah memenuhi persyaratan sesuai ketentuan yang berlaku di Universitas Al-Azhar, di antaranya memenuhi syarat kompetensi bahasa dari lembaga yang diakui Universitas Al-Azhar.

b. Sebagai dasar pemberian rekomendasi beasiswa dan non beasiswa, Kementerian Agama akan bekerja sama dengan Pusat Bahasa Al-Azhar Markaz Syekh Zayed (MSZ), dalam menyelenggarakan uji kompetensi yang meliputi Ikhtibâr Tashfiyah/ Tahdîd Mustawâ dan Tes Wawasan Kebangsaan. Ketentuan teknis akan diumumkan terpisah oleh Markaz Syekh Zayed cabang Indonesia melalui: https://pusiba.com/

c. Sebanyak 20 (dua puluh) orang terbaik berdasarkan hasil uji kompetensi akan diajukan sebagai calon penerima beasiswa penuh Al-Azhar tahun 2023-2024, bilamana kuota beasiswa tahun 2023/2024 telah disampaikan oleh Al-Azhar melalui Kedubes Mesir kepada Kementerian Agama, dan dapat mengikuti pendaftaran melalui jalur mandiri (non beasiswa). Sedangkan calon mahasiswa yang dinyatakan mencapai nilai lulus (passing grade) yang telah ditetapkan dalam ujian dimaksud, berhak mendapatkan rekomendasi Kementerian Agama melalui jalur non beasiswa dan dapat melanjutkan ke tahapan matrikulasi bahasa, pemberkasan, dan

  1. Calon mahasiswa yang telah dinyatakan lulus dapat mengikuti matrikulasi bahasa di lembaga yang telah diakui Universitas Al-Azhar dan dapat melakukan tahapan pemberkasan dan pendaftaran di Universitas Al-Azhar, baik secara perorangan maupun kolektif melalui lembaga-lembaga yang dipercaya dapat membantu tahapan
  2. Bagi calon mahasiswa lulusan Madrasah Aliyah dan Pondok Pesantren yang telah mendapatkan akreditasi (muadalah) resmi tingkat SLTA Al-Azhar, dapat memilih untuk mengikuti Ikhtibâr Tashfiyah/Tahdîd Mustawâ ini atau memproses secara langsung dan mandiri, serta mengikuti persiapan bahasa pada lembaga bahasa yang telah diakui Al-Azhar.

Tanggal-tanggal Penting

  1. Masa Pendaftaran 12 sd 21 Mei 2023
  2. Uji Kompetensi Bahasa oleh MSZ Kairo 25 sd 27 Mei 2023
  3. Pengumuman Hasil Uji Kompetensi Bahasa 30 Mei 2023
  4. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 31 Mei dan 1 Juni 2023
  5. Pengumuman Hasil Akhir 5 Juni 2023

Download Surat Pengumuman

Informasi terbaru Pendaftaran Universitas Al Azhar Mesir 2023 kunjungi https://diktis.kemenag.go.id/

(pusiba.com)

2. Seleksi dilakukan dalam dua tahap, yaitu (a) ikhtibâr tashfiyah/tahdîd mustawâ dan (b) tes wawasan kebangsaan (bagi peserta yang lolos tahap pertama).

3. Pendaftaran dibuka mulai Jumat, 12 Mei 2023, dan ditutup Ahad, 21 Mei 2023, pukul 22.00 WIB.

4. Calon peserta mendaftarkan diri secara daring melalui tautan https://pendaftaran.pusiba.com dan memenuhi semua persyaratan administrasi yang diminta.

5. Syarat Peserta:

  • Warga negara Indonesia (WNI).
  • Memiliki ijazah madrasah aliyah atau pesantren yang telah terdaftar/terakreditasi di Kementerian Agama RI.
  • Ijazah yang diterima untuk pendaftaran adalah yang dikeluarkan pada tahun 2020, 2021, 2022, dan 2023.

6. Biaya dan Prosedur Pendaftaran:

  • Biaya mengikuti ikhtibâr tashfiyah/tahdîd mustawâ dan tes wawasan kebangsaan sebesar Rp450.000 (empat ratus lima puluh ribu rupiah).
  • Biaya tersebut dibayar melalui transfer ke nomor rekening virtual yang diberikan secara otomatis melalui nomor WA pendaftar setelah mengisi form pendaftaran. Pembayaran dapat dilakukan melalui mesin ATM, teller bank, internet banking, mobile banking, Alfamart, dan Indomaret.
  • Pendaftar akan menerima pemberitahuan dari admin jika biaya pembayaran sudah diterima oleh admin.
  • Jika dalam waktu 1 x 24 jam pendaftar belum melunasi pembayaran, nama dan data pendaftar akan terhapus secara otomatis dari sistem pendaftaran laman MSZ Cabang Indonesia, dan yang bersangkutan harus mengulang prosedur pendaftaran jika ingin melanjutkan pendaftarannya.

7. Pelaksanaan Tes:

  • Ikhtibâr tashfiyah/tahdîd mustawâ akan dilaksanakan pada Kamis, Jumat, Sabtu (25, 26, dan 27 Mei 2023), pukul 14.00 WIB secara serempak dan daring.
  • Hasil ikhtibâr tashfiyah/tahdîd mustawâ akan diumumkan pada Selasa, 30 Mei 2023.
  • Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) bagi peserta yang lolos tahap pertama akan dilaksanakan pada Rabu dan Kamis31 Mei dan 1 Juni 2023, pukul 09.00 WIB s/d selesai.
  • Hasil akhir seleksi akan diumumkan pada Senin, 5 Juni 2023.

8. Peserta yang dinyatakan lolos seleksi melakukan daftar ulang untuk mengikuti kelas bahasa (daurah lughah) di MSZ Cabang Indonesia pada 5—12 Juni 2023.

9. Hal-hal mengenai teknis pelaksanaan ujian daring akan diinformasikan kemudian kepada pendaftar melalui nomor WA.

10. Pembelajaran kelas bahasa/matrikulasi bahasa Arab MSZ direncanakan akan dilakukan mulai Selasa, 13 Juni 2023.

11. Informasi lebih lanjut dapat diikuti melalui akun media sosial Pusiba di Instagram @pusibaoiaa, Facebook @pusibaoiaa, Twitter @pusibaoiaa, atau hubungi nomor WA 081575715424 dan/atau 081291845659.

Cara Pendaftaran  

  1. Sebelum mengisi formulir pendaftaran, peserta diwajibkan untuk membaca regulasi pendaftaran di pusiba.com dan menyiapkan :
    • Memiliki nomor whatsapp yang aktif
    • FIle foto ijazah/SKL MA/Pesantren
    • File foto transkip nilai MA/Pesantren
    • File foto IZOP bagi yang berijazah pesantren
    • File pas foto terbaru
    • File foto KTP/identitas lainnya
    • File foto paspor bagi yang sudah punya
    • File foto akte kelahiran
    • Ukuran masing-masing file foto maksimal 400KB
  2. Mengisi data-data diformulir pendaftaran dengan sebenar-benarnya.
  3. Setelah mengisi formulir pendaftaran calon peserta akan mendapatkan notifikasi verifikasi berkas melalui nomor whatsapp yang didaftarakan.
  4. Jika calon peserta mendapatkan notifikasi LOLOS verifikasi berkas silahkan langsung melakukan pembayaran biaya pendaftaran sebesar Rp. 450.000 ke virtual account yang akan dikirim ke nomor whatsapp pendaftar.
  5. Jika mengalami kendala silahkan menghubungi 0815-7571-5424 / 0812-9184-5659 / 0851-5939-0144

Download Surat Pengumuman

DAFTAR SEKARANG

Demikianlah informasi tentang Pendaftaran Beasiswa Kuliah Gratis di Universitas Al Azhar Mesir. Semoga cita-cita kamu kuliah gratis di Al Azhar Mesir terkabul tahun ini. Aamiin.

Yuk dukung website ini dengan cara membagikan artikel ini di media sosial kalian, terima kasih. 


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

BELI RUMAH JABODETABEK DI SINI
Hello. Add your message here.