Pendaftaran CPNS 2024 Dibuka Bulan Juni  

Yuk bagikan infonya...

Ilustrasi CPNS/purworejokab.go.id

Pendaftaran CPNS 2024 Dibuka Bulan Juni  

Pemerintah akan kembali membuka rekrutmen calon aparatur sipil negara atau CASN pada tahun ini. Proses pendaftaran CPNS 2024 dibuka mulai Juni. Seleksi penerimaan CASN pada 2024 akan terdiri dari dua formasi, yaitu Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Seleksi tersebut terbuka bagi lulusan jenjang SMA/SMK/Sederajat, S1, S2, hingga S3 berbagai jurusan.

Bagi lulusan SMA yang ingin mengikuti seleksi CPNS 2024, Anda bisa mengikuti tata cara pendaftaran lengkap di bawah ini yang dapat dijadikan sebagai panduan.

Pendaftaran seleksi CPNS 2024 baik lulusan SMA/SMK/Sederajat, SI, S2, ataupun S3 dilakukan secara online atau daring melalui portal resmi Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) di alamat website https://sscasn.bkn.go.id/ atau langsung kunjungi link berikut.

Baca Juga : Buku Tes Sekolah Kedinasan TNI POLRI BUMN CPNS Tahun 2024

A. Cara Pendaftaran CPNS 2024

Berikut cara pendaftaran CPNS 2024 untuk lulusan SMA:

1. Cara membuat akun seleksi CASN 2024

– Masuk ke situs resmi SSCASN BKN atau klik di sini https://sscasn.bkn.go.id/
– Klik SSCASN
– Pilih Buat Akun
– Masukkan Nomor Induk Kependudukan (KTP), Nomor Kartu Keluarga (KK), nama lengkap, tempat tanggal lahir, nomor HP, dan alamat email yang aktif
– Jangan lupa masukkan kode captcha lalu klik “Lanjutkan”
– Lengkapi data yang diminta, seperti email, nama tanpa gelar sesuai ijazah, tempat lahir sesuai KTP, jenis kelamin, foto scan KTP, dan swafoto.
– Selain data tersebut, pendaftar juga perlu memasukkan password serta pertanyaan pengaman 1 dan 2. Ingat baik-baik pasword tersebut karena akan digunakan untuk login pendaftaran SSCASN
– Masukkan kode Captcha lagi.
– Kemudian klik “Lanjutkan” maka akan muncul tampilan pengecekan ulang data.
– Periksa baik-baik data yang dimasukkan karena setelah proses pendaftaran maka Anda tidak dapat memperbaiki kesalahan tersebut. Jika mendapat kesalahan pada data yang diinput sebelumnya untuk diperbaiki, klik “Kembali”
– Jika semuanya sudah cocok, klik “Proses Pendaftaran Akun”
– Konfirmasi data dengan mengklik “Iya”
– Akun SCASN sudah jadi. Pendaftar dapat mencetak Kartu Informasi Akun dengan mengklik “Cetak Informasi Pendaftaran.”

BELI DI SINI 

Baca Juga : Syarat Lengkap Pendaftaran Kuliah Gratis di 30 Sekolah Kedinasan Negara 

2. Cara Login Akun SCASN

– Klik tombol “Login” yang tertera di sudut kanan atas
– Klik tombol “Lanjutkan Login Pendaftaran” setelah mencetak Kartu Informasi Akun
– Masukkan NIK dan password yang telah Anda daftarkan lalu klik “Masuk”
– Selanjutnya akan tampil laman pengisian biodata. Isi semua data-data yang diminta
Lalu klik “Selanjutnya”.

B. Tahapan seleksi CASN 2024

Jika berminat untuk mengikuti seleksi CPNS 2024, silakan mendaftar dan Anda akan melalui 6 tahapan berikut ini:

1. Seleksi Administrasi

Pendaftar harus melakukan registrasi di sscasn.bkn.go.id. Peserta harus membuat akun dengan menggunakan nomor induk kependudukan (NIK) dan mengunggah dokumen pendaftaran. Selain itu, dokumen harus diverifikasi terlebih dahulu.

2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

Dalam SKD ini, CASN akan dihadapkan dengan sejumlah tes, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Wajib diingat, SKD dilaksanakan dalam durasi waktu 100 menit. Seluruh tes menggunakan Computer Assisted Test (CAT). Peserta harus lulus dengan total nilai tertinggi atau berada di atas ambang batas tiap tes.

3. Seleksi Kompentensi Bidang (SKB)

Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) adalah tes selanjutnya setelah SKD. Tes ini berasal dari instansi pembina jabatan. Mereka akan menyusun materi SKB dalam bidang jabatan fungsional.

Adapun, pelaksanaan materi SKB dapat berupa sebagai berikut: Tes Potensi Akademik, Tes Praktik Kerja, Tes Bahasa Asing, Tes Fisik, Psikotes.

4. Integrasi Nilai

Nilai SKD dan SKB akan dilakukan integrasi sesuai dengan aturan yang ditetapkan. Integrasi nilai diambil dari perhitungan total SKD 40 persen ditambah total SKB 60 persen.

5. Pengumuman Kelulusan

Pengumuman kelulusan dapat di lihat di situs masing-masing kementerian dan instansi yang dilamar.

6. Pemberkasan

Peserta yang lulus wajib melengkapi dokumen sebagai berikut:

– Surat Keterangan Catatan Kepolisian
– Surat Pernyataan tidak terikat dengan instansi lain
– Surat Pernyataan tidak terlibat partai politik
– Surat Pernyataan bersedia ditempatkan dimana saja
– Surat Keterangan sehat dari Rumah Sakit Pemerintah
– Surat pernyataan bebas Narkoba

C. Cara memilih dan mendaftar formasi

Setelah pendaftar seleksi CASN 2024 melengkapi biodata, tahap selanjutnya adalah memilih jenis seleksi dan mendaftar formasi. Adapun caranya yakni sebagai berikut:

– Pilih jenis seleksi yang sesuai dengan kolom yang tersedia
– Jika Anda bukan eks Tenaga Honorer Kategori (THK) II, silahkan pilih tidak.
– Setelah itu klik “Selanjutnya”
– Kemudian akan muncul laman untuk mendaftar formasi
– Pilih instansi dan jenis formasi yang ingin Anda lamar. Jika instansi yang dilamar belum tampil dalam daftar, silahkan periksa kembali pengumuman instansi mengenai waktu pembukaan pendaftaran instansi yang akan dilamar.
– Kemudian, pilih Jenis Formasi sesuai dengan formasi yang dibuka oleh instansi tersebut. Pilihan Jenis Formasi dapat dilihat di pengumuman instansi.
– Klik “Pilih”
– Selanjutnya pilih pendidikan SMA/SMK Sederajat
– Pilih jabatan yang akan dilamar. Jabatan ini akan tampil sesuai dengan pendidikan pelamar.
– Pilih Lokasi Formasi
– Pilih Lokasi Tes. Kewenangan ini diberikan instansi jika peserta diperbolehkan memilih lokasi test. Jika pilihan ini tidak tersedia maka lokasi test akan ditentukan oleh instansi.
– Masukkan nilai ijazah
– Isi Nomor Ijazah
– Isi Tahun Lulus sesuai dengan yang tertera di Ijazah
– Isi Tanggal Ijazah sesuai dengan yang tertera di Ijazah
– Masukkan nama sekolah sesuai dengan yang tertulis di ijazah
– Isi kode Captcha
– Klik “Selanjutnya”

D. Cara mengisi riwayat pekerjaan

Setelah pendaftar memilih formasi, tahap selanjutnya adalah mengisi riwayat pekerjaan. Pada tahap ini Anda dapat menambahkan riwayat pekerjaan dan riwayat penulisan ilmiah lebih dari satu jika ada, tetapi jika tidak tidak ada silahkan klik tombol “Selanjutnya” untuk menuju tahap berikutnya.

Adapun cara mengisi riwayat pekerjaan dan penulisan ilmiah yakni sebagai berikut:

– Klik “Tambah Pekerjaan” dan masukkan nama instansi/perusahaan, jabatan, tanggal mulai, tanggal selesai, pengalaman kerja, dan aksinya
– Begitu pula dengan riwayat penulisan ilmiah, klik “Tambah Penulisan Ilmiah” dan masukkan judul karya ilmiah, tahun publikasi, link tulisan dan data lainnya yang diminta.
– Kemudian klik “Selanjutnya”.
– Resume Pendaftaran SSCASN

Setelah pelamar melengkapi Unggah Dokumen, maka akan tampil halaman resume. Anda wajib membaca dan mengecek kembali data-data yang telah diisi.

Jika masih belum yakin dengan data yang telah dilengkapi atau dengan instansi/formasi/jabatan yang dipilih, pelamar dapat kembali ke form sebelumnya dengan mengklik “Sebelumnya.”

Pada tahap ini, Anda harus memeriksa kembali seluruh data yang sudah diinput pada sistem, pastikan tidak ada data yang salah input, dan juga memeriksa kembali dokumen yang sudah diunggah sebelumnya dengan memilih tombol “Lihat”.

Setelah sudah yakin tidak ada kesalahan lagi, tandai (checklist) seluruh kotak yang ada pada tampilan yang tersedia, mulai dari Nama Instansi sampai pada Persyaratan Instansi. Kemudian, klik “Akhiri Proses Pendaftaran”

Dengan mengklik tombol tersebut, maka Anda bersedia menanggung akibat hukum apabila data yang dimasukkan tidak sesuai dengan dokumen.

Selanjutnya akan muncul konfirmasi akhir pendaftaran. Klik “Iya” jika sudah yakin.

Jika sudah mengklik tombol “Iya” maka akan muncul halamanan final resume.

Selanjutnya pelamar dapat mencetak kartu pendaftaran CPNS dengan mengklik “Cetak Kartu Pendaftaran CPNS.”

E. Formasi CPNS dan PPPK 2024

Mengutip laman resmi Kementerian PANRB, total persetujuan formasi CASN tahun 2024 ini sebanyak 1.289.824. Total formasi ini terbagi menjadi 427.650 untuk instansi pusat dan 862.174 untuk instansi daerah.

Formasi instansi pusat terbagi menjadi 130.414 untuk CPNS dan 297.236 untuk PPPK. Sedangkan untuk instansi daerah, 148.013 untuk formasi CPNS dan 714.161 untuk formasi PPPK.

Formasi CPNS dan PPPK 2024 di setiap instansi pemerintah berbeda-beda. Hingga Kamis 2 Mei 2024, terdapat 602 instansi pemerintah telah melakukan perincian ke dalam Sistem Informasi Aparatur Sipil Negara (SIASN).

Dalam data tersebut, terinci sebanyak 4 instansi belum membuat rincian formasi; 36 instansi sedang menyusun rincian formasi; 39 instansi telah selesai menyusun rincian formasi, namun belum mengajukan Digital Signature (DS) SPTJM oleh PPK; 371 instansi sedang dalam proses verval rincian formasi oleh BKN; dan 152 rincian usulan instansi yang telah selesai diverifikasi dan validasi oleh BKN dan/sedang menunggu Digital Signature (DS) Peraturan Teknis Kepala BKN.

Adapun beberapa instansi yang telah mengumumkan jumlah formasinya yakni sebagai berikut:

1. Kementerian Perhubungan (Kemenhub)

Kemenhub telah mendapat persetujuan untuk membuka 18.017 posisi. Formasi tersebut terdiri atas calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), dengan rincian 1.385 CPNS Tenaga Teknis, 6 CPNS Tenaga Kesehatan, 16.543 PPPK Tenaga Teknis, dan 83 PPPK Tenaga Kesehatan.

Formasi tersebut akan fokus pada pada peningkatan kualitas layanan transportasi.

2. Kementerian Agama (Kemenag)

Kementerian Agama mengumumkan pembukaan formasi sejumlah 110.553 orang, terdiri dari 20.772 CPNS dan 89.781 PPPK. Formasi ini meliputi guru madrasah, guru SMK Kristen dan SMA Katolik, dosen PTN agama, penyuluh agama, penghulu, talenta digital, serta penempatan di IKN.

3. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek)

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi akan membuka 15.462 posisi CPNS dan 25.079 posisi PPPK. Formasi tersebut yang akan membantu menyelesaikan masalah tenaga pendidik honorer dan memenuhi kebutuhan SDM di perguruan tinggi serta penempatan di Ibu Kota Negara (IKN).

4. Kementerian Pembangunan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)

Tahun 2024 Kementerian PUPR akan menerima 26.319 orang ASN dengan perincian 6.385 CPNS tenaga teknis, 3 orang CPNS tenaga kesehatan dan 19.931 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tenaga teknis.

5. Kementerian Sosial (Kemensos)

Untuk instansi Kementerian Sosial sendiri akan membuka formasi CASN, yakni sebanyak 40.839. Formasi tersebut terdiri dari 266 calon aparatur sipil negara (CASN) dan 40.573 pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Secara terperinci, formasi tersebut direncanakan akan diisi oleh 125 CPNS Tenaga Teknis, 141 CPNS Tenaga Kesehatan, 40.508 PPPK Tenaga Teknis, dan 65 PPPK Tenaga Kesehatan.

6. Kementerian Kesehatan (Kemenkes)

Kemenkes mendapat persetujuan dari PANRB untuk membuka formasi CASN 2024 sebanyak 23.200. Formasi itu terdiri dari 8.607 CPNS dan 14.593 PPPK.

Formasi yang dibuka Kemenkes ini nantinya akan ditempatkan di sejumlah kementerian/lembaga dan pemerintah daerah. Mereka akan bekerja di klinik-klinik kampus dan di pemerintahan daerah.

7. Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu)

Bawaslu akan menerima 18.557 posisi CASN, termasuk CPNS dan PPPK untuk posisi penting dalam mendukung kinerja lembaga tersebut.

Rinciannya 1.984 CPNS dan 16.573 PPPK, termasuk untuk formasi-formasi yang penting dalam mendukung kinerja Bawaslu seperti analis hukum, analis pengawasan, hingga auditor.

Demikian link pendaftaran CPNS 2024 untuk lulusan SMA lengkap dengan link, cara daftar, dan formasi yang dibuka. Semoga bermanfaat!

Sumer : CNBC

Yuk bagikan informasinya di sosmed sahabat… terima kasih 


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

PEMBIAYAAN SYARIAH JAMINAN BPKB MOBIL
Hello. Add your message here.