Inilah 7 Ikan yang Bagus untuk Kecerdasan Otak Anak, Salah Satunya Ikan Kembung

Yuk bagikan infonya...

(universityofcalifornia.edu)

Salah satu cara untuk meningkatkan kecerdasan otak anak adalah dengan memperhatikan asupan gizi hariannya. Sejumlah jenis ikan berikut ini dipercaya bagus untuk kecerdasan otak anak. Apa saja?

Sebuah penelitian dalam jurnal Scientific Reports pada 2018 menemukan, anak-anak yang makan ikan seminggu sekali atau lebih, tidurnya lebih nyenyak dan rata-rata mendapat skor lebih tinggi pada tes IQ dibandingkan anak-anak yang tidak pernah makan ikan atau melakukannya kurang dari sekali seminggu.

Penelitian telah menunjukkan hubungan antara asam lemak esensial omega 3 yang ditemukan di banyak jenis ikan, termasuk salmon, sarden, dan tuna dengan peningkatan kecerdasan dan kualitas tidur yang lebih baik.

Para peneliti merekomendasikan untuk menambahkan ikan secara bertahap ke dalam makanan anak.

“Anak-anak harus diperkenalkan pada penyakit ini sejak dini,” kata Jennifer Pinto-Martin, salah satu penulis penelitian.

Selama ikan tidak memiliki tulang dan telah dicincang halus, anak-anak dapat mulai memakannya pada usia sekitar 2 tahun.

Melansir berbagai sumber, berikut ini ikan yang bagus untuk kecerdasan otak anak.

1. Ikan Salmon

(bukalapak.com)

Ikan salmon kaya akan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan serta kecerdasan otak. Kandungan Omega-3 dalam ikan salmon mampu meningkatkan daya ingat dan kemampuan kognitif.
Sementara kandungan vitamin B6, B12, niacin, zinc, dan zat besi yang ada pada ikan salmon merupakan zat gizi penting untuk menutrisi otak.

Anda bisa memasukkan ikan salmon ke dalam menu makanan sehari-hari, misalnya dengan mengukus bersama sayuran dan bahan pangan lainnya, membuat sup salmon, dan lain sebagainya.

2. Ikan Tuna

(eksporpetani.com)

Ikan tuna memiliki kandungan nutrisi berupa Omega-3, vitamin B6, fosfor, kalium, dan magnesium yang bisa mengoptimalkan perkembangan otak anak. Kalium dan protein dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kadar tiroid tetap seimbang.

Anda bisa mulai mengenalkan ikan tuna saat anak memulai MPASI. Saat anak semakin tumbuh, Anda bisa mengolah tuna asam manis atau jadi campuran sandwich.

3. Ikan Kembung

Manfaat ikan kembung ternyata mirip dengan salmon. Ikan yang harganya tidak terlalu mahal dan memiliki rasa gurih dengan duri yang jarang ini mengandung banyak asam lemak omega-3.

Selain kaya akan omega-3, ikan kembung juga memiliki kandungan protein yang tinggi dan berbagai vitamin seperti vitamin B1, B2, B3, B6, B12, dan D yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

4. Ikan Sarden

Ikan ini juga bagus untuk kecerdasan otak anak karena tinggi akan kandungan omega 3-nya. Melansir dari Healthline, 3,5 ons (100 gram) sarden yang dikeringkan menyediakan lebih dari 200 persen referensi asupan harian untuk vitamin B12, 24 persen untuk vitamin D, dan 96 persen untuk selenium (15).

Kandungan omega-3 pada sarden sebanyak 2.205 mg per cangkir (149 gram), sarden Atlantik kalengan atau 1.480 mg per 3,5 ons (100 gram).

5. Ikan Nila

Menukil Parenting Healthy Babies, kalium dan omega 3 yang ditemukan dalam ikan nila dapat meningkatkan kekuatan otak dan meningkatkan fungsi neurologis.

Kalium meningkatkan oksigenasi ke otak dan sangat penting untuk keseimbangan cairan yang tepat di seluruh tubuh, yang memfasilitasi respons saraf dan pengendapan nutrisi ke bagian tubuh yang tepat, termasuk otak.

Selain itu, kandungan vitamin B12 pada ikan nila adalah vitamin penting yang diperlukan untuk fungsi kognitif yang tepat dan membantu sel darah merah untuk terbentuk dengan baik.

6. Ikan Cakalang

Ikan cakalang mengandung protein dan omega 3 tinggi yang bagus untuk meningkatkan kecerdasan otak anak. Ikan cakalang juga dapat diolah dalam berbagai hidangan lezat dan bisa didapatkan dengan harga yang murah.

Ikan cakalang mengandung banyak protein dan nutrisi penting yang bermanfaat bagi kesehatan, sehingga konsumsinya cukup dianjurkan.

Nutrisi yang terkandung di dalam 100 gram ikan cakalang meliputi 20 gram protein, 22 mg vitamin B3, 23 mg kalsium, 242 mg fosfor, 239 mg kalium, dan 286 mcg vitamin A.

7. Ikan Patin 

Segudang kandungan nutrisi di dalam ikan patin memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan tulang dan otak.

Dalam 100 gram ikan patin terkandung 132 kkal energi, 17 gram protein, lemak 6,6 gram dan 1,2 gram karbohidrat. Tak hanya itu, dalam ikan patin terkandung juga DHA dan EPA yang terkandung juga dalam ikan salmon, tuna dan sarden.

Ikan ini aman dikonsumsi oleh semua kalangan karena memiliki kadar kolesterol yang rendah juga bisa diolah ke dalam berbagai macam olahan.

Itulah 7 ikan yang bagus untuk kecerdasan otak anak. Semoga membantu.

Sumber : CNN Indonesia

Yuk bagikan di sosmed sahabat, sebagai sedekah ilmu dan informasi… Terima kasih 


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

BUKU TES SEKOLAH KEDINASAN TNI POLRI BUMN CPNS 2024
Hello. Add your message here.