Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan Membuka Pendaftaran 8-23 Juni 2020

politeknik-keselamatan-transportasi-jalan

Info Pendaftaran Sekolah Kedinasan 

Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) adalah perguruan tinggi kedinasan yang diselenggarakan oleh Kementrian Perhubungan Republik Indonesia. Perguruan tinggi ini didirikan pada 14 Mei 1971 dengan nama Balai Diklat Trans Jaya. PKTJ berlokasi di Kota Tegal, Jawa Tengah.

Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan kali pertama dikenal dengan nama Balai Pendidikan dan Latihan Transportasi Jalan Raya (Balai Diklat Trans Jaya) Tegal yang didirikan pada tanggal 14 Mei 1971 dan pada tanggal 27 September 1971 dibuka dan diresmikan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Sumpono Bayuaji. Lokasinya menempati bekas pergudangan PJKA (SCS) dengan luas areal kurang lebih 6,5 hektar, terletak di Jalan Semeru Nomor 3 Kota Tegal, Jawa Tengah.

Awal berdirinya lebih dikenal sebagai Pusdik Perhubungan Darat di bawah naungan Lembaga Pendidikan (LEMDIK) Perhubungan Darat Jakarta. Dengan adanya perubahan struktur organisasi Departemen Perhubungan Nomor KM.415/U/PHB-1975, nama LEMDIK Perhubungan Darat diubah menjadi Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perhubungan Darat (Pusdiklat Perhubungan Darat).

Pusdik Perhubungan Darat di Tegal berubah menjadi Unit Pelaksana Pendidikan dan Latihan Perhubungan Darat dan dengan Surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM.51/OT/PHB-1978 tanggal 8 Maret 1978 berubah menjadi Balai Pendidikan dan Latihan Transportasi Darat dan Jalan Raya (Balai Diklat Trans Jaya) Tegal. Kemudian dengan adanya Surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM.73 Tahun 2002, namanya berubah lagi menjadi Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat (BPPTD) Tegal sampai dengan saat ini.

PROGRAM STUDI

PKTJ menyelenggarakan tiga program studi, yaitu Manajeman Keselamatan Transportasi Jalan (DIV), Teknik Keselamatan Otomotif (DIV) dan Pengujian Kendaraan Bermotor (DIII).

1. Manajeman Keselamatan Transportasi Jalan (DIV)

Program Studi Manajeman Keselamatan Transportasi Jalan memiliki visi untuk “Menjadi Program Studi Unggul di Bidang Keselamatan Transportasi Jalan pada Tahun 2025” dengan misi utama sebagai berikut :

  • Membentuk SDM keselamatan transportasi jalan yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta mempunyai sikap dan performa yang prima, profesional dan beretika.
  • Menyelenggarakan pendidikan vokasi di bidang Keselamatan Transportasi Jalan yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terkini.
  • Melaksanakan penelitian terapan di bidang keselamatan transportasi jalan yang berkualitas baik tingkat nasional dan internasional.
  • Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat secara aktif dan produktif serta berperan aktif dalam membangun jejaring dengan dunia kerja.
2. Teknik Keselamatan Otomotif (DIV)

Program Studi Teknik Keselamatan Otomotif memiliki visi untuk “Menjadi Program Studi Unggul dalam Keselamatan Transportasi di bidang Keselamatan Otomotif pada Tahun 2025 di Asia Tenggara” dengan misi utama untuk :

  • Membentuk SDM keselamatan transportasi jalan di bidang Teknik Keselamatan Otomotif dan Operasionalnya yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta mempunyai sikap dan performa yang prima, profesional dan beretika.
  • Menyelenggarakan pendidikan vokasi di bidang Teknik Keselamatan Otomotif dan Operasionalnya yang berkualitas dan inovatif sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terkini.
  • Melaksanakan penelitian terapan di bidang Teknik Keselamatan Otomotif dan Operasionalnya yang berkualitas dan inovatif di tingkat nasional, regional dan internasional.
  • Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat secara aktif dan produktif serta berperan aktif dalam membangun jejaring dengan dunia kerja
3. Pengujian Kendaraan Bermotor (DIII)

Program Studi Pengujian Kendaraan Bermotor memiliki visi untuk “Menjadi Program Studi Unggul di Bidang Pengujian Kendaraan Bermotor pada tahun 2025” dengan misi utama :

  • Menyelenggarakan sistem pendidikan vokasi dalam bidang otomotif/pengujian kendaraan bermotor yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini dengan kualitas pelayanan berstandar nasional dan internasional.
  • Melaksanakan penelitian terapan di bidang otomotif/pengujian kendaraan bermotor, yang berkualitas.
  • Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat secara aktif dan produktif, sehingga mampu memberikan kontribusi dalam peningkatan keselamatan transportasi jalan khususnya pada bidang otomotif/pengujian kendaraan bermotor.
  • Membentuk SDM transportasi yang prima, profesional dan beretika melalui program pendidikan tinggi vokasi di bidang otomotif/pengujian kendaraan bermotor.

Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan

Jl. Abdul Syukur No.17, Kota Tegal
Jl. Semeru No.3, Kota Tegal
Email : pktj@pktj.ac.id
Phone : (0283) 351061
Website : https://pktj.ac.id/ 

Artikel Pilihan  

Yuk bagikan artikelnya… 

About Auther:

Info Biografi

Pesantren Khusus Tahfidz Quran
Hello. Add your message here.