Pendaftaran CPNS Dibuka Mei-Juni 2021, Inilah Beberapa Formasi CPNS Bagi Lulusan SMA/Sederajat

Yuk bagikan infonya...

Buku Tes CPNS/PPPK 2021

Pemerintah memastikan pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) akan dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2021. Kemudian, seleksinya dijadwalkan pada bulan Juli hingga Oktober. Sementara pengumuman kelulusan pada bulan November 2021, serta pemberkasan, dan penetapan NIP pada November-Januari.

Bagi kalian lulusan SMA/Sederajat tetap bisa mengikuti seleksi CPNS, ada beberapa formasi yang bisa dipilih. Namun, tidak semua kementerian membuka lowongan untuk lulusan SMA/Sederajat. Berikut ini beberapa instansi dan data formasi yang diperlukan untuk CPNS lulusan SMA/Ssederajat.

1. Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham)

Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) membuka lowongan CPNS terbesar dengan syarat lulusan SMA/SMK. Dari data yang dihimpun, Kemenkumham membutuhkan 3.532 formasi khusus lulusan SMA sederajat atau lulusan SMA/SMK/MA di tahun 2019. Ini bisa saja dibuka lagi di tahun 2021.

Rinciannya, 2.875 formasi diperuntukkan bagi pemegang ijazah SMA sederajat dengan jabatan penjaga tahanan atau sipir. Total formasi yang dibuka ada 101 putra/putri Papua dan Papua Barat dan 2.774 untuk formasi umum. Selain itu, Kemenkumham memberikan sebanyak 2.774 formasi umum yang terdiri dari 2497 pria dan 277 wanita.

Informasi resmi kunjungi https://cpns.kemenkumham.go.id

Syarat Pendaftaran CPNS Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Formasi Lulusan SMA

2. Kejaksaan Agung

Kejaksaan Agung membuka 2.000 lowongan formasi seleksi CPNS 2019 untuk lulusan SMA sederajat. Jabatan dalam formasi CPNS tersebut adalah tahanan pengawal tahanan atau narapidana dan pengemudi kapten. Pengawal tahanan atau narapidana dibutuhkan sebanyak 1000 formasi, begitu juga dengan pengemudi kapten sebanyak 1000 formasi.

Untuk jumlah pengawal tahanan atau narapidana diperlukan formasi putra/putri papua sebanyak 2 orang dari 1.000 formasi. Sementara 998 orang di alokasikan untuk umum.

Sama seperti pengawal tahanan atau pengawal narapidana, kuota pengemudi tahanan juga dibagi dalam 2 jenis formasi, yakni putra-putri Papua sebanyak 2 orang dari 1.000 formasi dan 988 orang dialokasikan untuk umum.

Informasi resmi kunjungi https://rekrutmen.kejaksaan.go.id

3. Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)

Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) juga memberikan jatah bagi lulusan SMK. Diketahui, ada sebanyak 80 formasi yang dibuka KLHK untuk pemegang ijazah SMK.

Dari 80 formasi tersebut hanya diperuntukkan pada jabatan pelaksana pemula atau pemula polisi kehutanan.

Informasi resmi kunjungi https://ropeg.menlhk.go.id 

4. Kementerian Pertanian (Kementan)

Kementerian Pertanian membuka sebanyak 45 formasi untuk pelaksana pemula/pemula paramedik karantina hewan. Jabatan ini hanya dibuka sebanyak 26 formasi.

Kemudian ada jabatan pelaksana pemula/pemula paramedik veteriner dengan formasi 9 formasi dan pelaksana pemula/pemula pengawas benih tanaman 2 formasi.

Jabatan lain adalah pelaksana pemula/pemula paramedik pengawas mutu pakan, 5 formasi, pemeliharaan kebun, 2 formasi dan pelaksana pemula/pemula pengendali organisme pengganggu tumbuhan, 1 formasi.

Informasi resmi kunjungi https://cpns.pertanian.go.id

5. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) juga turut membuta seleksi CPNS 2019 untuk jalur SMA/SMK. Terdapat sebanyak 11 formasi yang terbagi atas 3 jabatan. Yakni, pengadministrasian keuangan sebanyak 3 formasi, teknisi laboratorium sebanyak 2 formasi, dan teknisi pemetaan dan penggambaran sebanyak 6 formasi.

Informasi resmi kunjungi https://cpns.kemdikbud.go.id 

6. Badan Intelijen Negara (BIN)

Bagi Anda yang berminat menjadi bagian dari Badan Intelijen Negara (BIN) menerima 200 lulusan SMA atau sederajat menjadi CPNS.

BIN membutuhkan posisi pranata komputer pelaksana pemula pada Sub Direktorat Liaison, Direktorat Kerja Sama Internasional, dan Deputi Bidang Intelijen Luar Negeri.

Info resmi kunjungi https://www.bin.go.id/Karir

Pengumuman pendaftaran CPNS terbaru kunjungi https://sscn.bkn.go.id/

Demikianlah informasi tentang Beberapa Formasi CPNS Bagi Lulusan SMA/SMK Sederajat, semoga harapan anda menjadi PNS terwujud tahun ini.

Sumber : Tribun News


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

Info Kuliah Gratis, Lulus Jadi PNS atau Perwira TNI/POLRI
Hello. Add your message here.