13 Aplikasi Jual Beli Saham Terbaik

Yuk bagikan infonya...

bions.id

Investasi saham dan reksa dana sudah menjadi kegiatan yang jamak dikalangan anak muda milenial dan generasi z saat ini. Kemajuan teknologi mempermudah generasi muda untuk melakukan aktivitas ini melalui aplikasi.

Selain itu, generasi muda tak perlu takut berinvestasi saham dan reksa dana karena di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), selama menantraksaksikan saham-saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Saat ini, tercatat ada 13 aplikasi saham terbaik dan terdaftar OJK yang mungkin bisa Anda pilih.

Jika baru memulai, Anda mungkin masih bingung tentang apa itu saham dan bagaimana cara melakukan investasi. Sebagai salah satu instrumen investasi, saham bisa mendatangkan keuntungan yang besar jika Anda memahaminya.

Apa Investasi Saham?

Saham adalah surat yang menjadi bukti bahwa seseorang memiliki bagian modal suatu perusahaan. Seseorang yang memiliki saham artinya memiliki hak atas sebagian aset perusahaan.

Dengan memegang saham, individu maupun badan bisa mengklaim kepemilikan pada suatu perusahaan terbuka. Pemilik saham juga memiliki hak untuk mendapatkan dividen sesuai dengan jumlah saham yang dimilikinya.

Perolehan dividen biasanya tergantung keuntungan dari perusahaan tersebut dan telah diatur sesuai dengan anggaran dasar perusahaan. Di lain sisi, penerbitan saham menjadi salah satu cara perusahaan untuk mendapatkan dana segar atau modal untuk pengembangan bisnis secara jangka panjang.

Pentingnya Memilih Aplikasi Saham Terbaik dan Terdaftar di OJK

Saham diperjualbelikan di Bursa Efek dengan harga yang berubah-ubah sesuai kondisi perusahaan dan juga kondisi ekonomi. Namun, kini Anda dimudahkan dengan hanya perlu mengunduh aplikasi untuk melakukan registrasi dan mulai investasi saham.

Meski begitu, Anda perlu memilih aplikasi saham terbaik yang sesuai preferensi dan kebutuhan. Memilih aplikasi saham yang sudah terdaftar OJK juga penting agar Anda bisa berinvestasi dengan aman dan nyaman.

Masing-masing aplikasi punya kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Jadi, Anda harus bisa memilih aplikasi saham terbaik yang cocok. Unsur penting yang harus Anda pertimbangkan, antara lain fitur, keamanan, hingga biaya transaksi.

Aplikasi Saham Terbaik dan Terdaftar di OJK 

Setelah paham apa itu saham dan mengenal pentingnya memilih aplikasi saham terbaik, Anda kini harus tahu 13 aplikasi saham terbaik dan terdaftar OJK yang mungkin bisa dipilih. Apa saja? Berikut daftar lengkapnya.

1. Stockbit (Sinarmas Sekuritas) 

Stockbit adalah salah satu aplikasi saham terbaik yang direkomendasikan untuk pemula. Aplikasi saham ini dimiliki oleh PT Sinarmas Sekuritas dan bisa diunduh melalui Play Store atau App Store.

Kelebihan utama aplikasi saham ini adalah fitur Komunitas Online yang bisa menjadi tempat diskusi bersama trader lain. Tak jarang, beberapa trader profesional memberi rekomendasi saham beserta analisis teknikal atau fundamentalnya.

Selain itu, Anda juga bisa memantau pergerakan bursa saham melalui aplikasi saham ini secara real time. Aplikasi saham ini juga sudah terdaftar di OJK dan menyediakan fitur Touch ID untuk menjamin keamanan transaksi.

2. Bibit (Bibit Tumbuh Bersama)

Selanjutnya ada Bibit yang merupakan aplikasi saham dari PT Bibit Tumbuh Bersama. Melalui aplikasi Bibit, Anda bisa membeli saham dalam bentuk reksadana. Selain itu, ada juga pilihan reksadana lain, seperti obligasi hingga pasar uang. Ada juga fitur Robo Advisor yang bisa membantu Anda berinvestasi sesuai profil risiko.

Kelebihan aplikasi saham Bibit adalah registrasi bisa dilakukan secara online, gratis biaya komisi pembelian reksadana, hingga investasi yang bisa dicairkan kapan saja tanpa penalti. Bibit juga sudah termasuk ke dalam aplikasi saham yang terdaftar resmi dan diawasi oleh OJK.

3. Bareksa (Bareksa Portal Investasi)

Bareksa adalah marketplace finansial dan investasi terintegrasi pertama di Indonesia. Aplikasi saham Bareksa juga telah terdaftar resmi dan diawasi oleh OJK. Anda bisa membeli saham dalam bentuk reksadana di Bareksa.

Kelebihan Bareksa adalah registrasi bisa dilakukan secara online, terdapat lebih dari 150 produk reksadana, lebih dari 50 manajer investasi, dan ada berbagai metode pembayaran. Selain bisa transaksi dengan lebih cepat dan mudah, Bareksa juga punya fitur Robo Advisor.

4. IPOT (Indo Premier Sekuritas)

Aplikasi saham terbaik lainnya adalah IPOT yang merupakan milik PT Indo Premier Sekuritas yang pastinya sudah terdaftar OJK. Aplikasi IPOT dilengkapi dengan fitur Robot Trading yang bisa menjalankan instruksi pembelian dan penjualan dengan harga saham yang Anda inginkan.

Keunggulan aplikasi saham ini adalah tidak ada minimal deposit yang diperlukan sehingga sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin memulai investasi saham dengan modal kecil. Keunggulan lain adalah proses pendaftaran secara online. Untuk biaya yang dikenakan per transaksi, fee jual saham adalah sebesar 0,29% dan beli saham sebesar 0,19%.

5. RTI Business (RTI Infokom)

RTI Business adalah salah satu aplikasi saham terbaik karena sudah banyak dikenal di kalangan investor. Ada informasi seputar pergerakan pasar modal di aplikasi saham ini.

Selain itu, RTI Business juga dilengkapi dengan informasi income statement, probability, cash flow, balance sheet, earnings, dan growth. Anda bisa menganalisis kinerja perusahaan selama lima tahun terakhir.

6. BCAS Best Mobile (BCA Sekuritas)

BCAS Best Mobile sangat cocok untuk Anda yang suka bertransaksi di Bursa Efek Indonesia. Aplikasi ini dikembangkan oleh BCA Sekuritas. BCAS menyediakan fitur Quick Order sehingga wajar jika aplikasi ini disebut-sebut sebagai aplikasi saham yang user friendly.

Namun, deposit awal yang harus Anda miliki cukup tinggi, yakni sebesar Rp3 juta. Untuk fee per transaksi online trading, yaitu fee beli sebesar 0,18% dan jual 0,28%. Sementara, jika Anda menggunakan jasa sales broker, fee per transaksi akan lebih tinggi, yaitu fee beli 0,25% dan jual 0,35%.

7. Ajaib (Takjub Teknologi Indonesia)

Ajaib adalah aplikasi investasi saham yang dinaungi oleh PT Takjub Teknologi Indonesia dan PT Ajaib Sekuritas Asia. Aplikasi saham ini menyediakan banyak pilihan saham dan reksadana. Ajaib juga telah mendapatkan izin dan diawasi secara resmi oleh OJK.

Ajaib adalah salah satu rekomendasi aplikasi investasi saham yang ramah bagi pemula karena tampilan interfacenya mudah dipahami. Kelebihan aplikasi saham Ajaib yang lain adalah kemudahan membuka rekening saham karena tidak perlu melakukan deposit dana awal.

Fee melakukan transaksi jual beli saham di Ajaib juga tergolong murah, yakni 0,10% untuk transaksi harian di bawah Rp150 juta rupiah dan semakin rendah jika transaksi harian semakin besar.

8. Tanamduit (Star Mercato Capitale)

Selanjutnya ada aplikasi Tanamduit yang bisa Anda coba sebagai aplikasi saham terbaik dan terdaftar OJK. Tak hanya saham, Anda juga bisa berinvestasi Surat Berharga Negara (SBN) dan asuransi daring di aplikasi ini. Selain itu, ada fitur One View Portofolio yang bisa membantu Anda memantau pergerakan investasi.

9. HOTS (Mirae Asset Sekuritas Indonesia) 

Aplikasi saham selanjutnya adalah Mirae HOTS. Biasa disebut dengan Mirae Asset, aplikasi saham ini didirikan oleh PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia. Anda perlu menyiapkan uang minimum deposit sebesar Rp10 juta untuk menggunakan aplikasi saham ini.

Mirae HOTS menjadi salah satu aplikasi yang nilai dan frekuensi transaksinya cukup tinggi di Bursa Efek Indonesia. Sebagai aplikasi saham yang cukup populer, Mirae HOTS menyediakan fee jual beli saham per transaksi yang bersaing, yaitu 0,25% untuk fee jual dan 0,15% untuk beli.

Aplikasi saham pada Mirae ini terbagi menjadi dua, yaitu HOTS (Home Online Trading System) untuk diakses melalui PC dan NEO HOTS (Mobile Trading System) yang dapat diakses melalui smartphone.

10. MOST (Mandiri Sekuritas)

Aplikasi saham terbaik lainnya adalah MOST atau Mandiri Online Stock Trading. Aplikasi saham MOST dikembangkan oleh Mandiri Sekuritas. Untuk menggunakan aplikasi saham MOST, Anda harus menjadi nasabah Mandiri Sekuritas terlebih dahulu.

Minimal setoran awal untuk membuka rekening saham di MOST Mandiri terbagi dalam tiga jenis, yakni mahasiswa, umum, dan full service. Minimal Rp2 juta untuk mahasiswa, Rp5 juta untuk umum, dan Rp100 juta untuk full service. Sementara, fee per transaksinya adalah 0,28% untuk jual saham dan 0,18% untuk beli saham (minimal Rp5.000).

11. MotionTrade (MNC Sekuritas)

Aplikasi saham terbaik selanjutnya adalah MotionTrade. Sebelumnya, aplikasi saham ini bernama MNC Trade New. MotionTrade adalah salah satu aplikasi saham rancangan MNC Sekuritas yang merupakan anak perusahaan dari MNC Group.

Setoran awal untuk membuka rekening saham di sekuritas ini mulai dari Rp100 ribu. Sementara, fee per transaksinya adalah 0,28% untuk fee jual dan 0,18% fee beli. Kelebihan aplikasi saham ini adalah bisa diunduh dalam beberapa versi, yakni untuk desktop, mobile, smartwatch, hingga aplikasi khusus untuk Mac.

12. BIONS (BNI Sekuritas)

Selanjutnya ada BIONS atau BNI Sekuritas Innovative Online Trading Systems. Seperti namanya, aplikasi saham ini berada di bawah BNI Sekuritas. Ada minimal deposit jika Anda ingin membuka rekening saham di BIONS, yaitu sebesar Rp1 juta. Sementara, untuk fee per transaksi online adalah 0,17% untuk beli dan 0,27% untuk jual.

Sementara, fitur-fitur unggulan aplikasi saham BIONS adalah Fingerprint Login, Automatic Order yang dapat disimpan selama 30 hari (GTC), fitur research, news, chart, dan grafik harga dengan indikator analisis teknikal, hingga dapat mengakses berita aktual secara real time.

13. Poems ID (Phillip Sekuritas Indonesia) 

Aplikasi saham terakhir yang bisa Anda coba adalah Poems ID. Aplikasi saham ini dikembangkan oleh PT Phillip Sekuritas Indonesia yang merupakan bagian dari kelompok bisnis asal Singapura bernama Phillip Capital Group.

Jika ingin menggunakan aplikasi saham ini, Anda perlu mendaftar menjadi nasabah Phillip Sekuritas. Ada minimal deposit untuk membuka rekening saham di sekuritas ini, yaitu Rp500 ribu untuk umum dan Rp100 ribu untuk mahasiswa. Sementara, fee per transaksinya adalah 0,18% untuk beli dan 0,28% untuk jual.

Itulah 13 aplikasi saham terbaik dan terdaftar OJK yang memudahkan Anda berinvestasi. Jangan takut memulai investasi saham dan semoga bermanfaat.

Sumber : cnbcindonesia


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

Wakaf Buku IQRO Gratis Untuk Indonesia
Hello. Add your message here.