Seleksi CPNS dan PPPK 2024 Akan Dimulai Bulan Mei dengan Jumlah Formasi 2,3 Juta Pegawai       

Yuk bagikan infonya...

(karakterunsulbar.com)

Buku Tes Sekolah Kedinasan TNI POLRI CPNS 2024

Rekrutmen calon aparatur sipil negara (CASN) tahun 2024 rencananya akan dimulai pada bulan Mei mendatang. Hal tersebut disampaikan oleh Plt. Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Aba Subagja.

Rekrutmen CASN yang dimulai bulan Mei 2024, terdiri dari seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Aba menyampaikan, bila memungkinkan rekrutmen CASN 2024 dilaksanakan paling banyak 3 kali dalam satu tahun, di mana tahap pertama dilaksanakan bulan Mei.

Baca Juga : KULIAH GRATIS LULUS LANGSUNG KERJA, Cek di Sini Syarat, Jadwal dan Link Pendaftaran 30 Sekolah Kedinasan Negara

“Ini ditargetkan nanti bulan Mei sudah dilakukan tes, dan jika belum masih kosong lagi, masih bisa tes diberikutnya,” ujar Aba dalam keterangan tertulis yang dikutip Kompas, Kamis (11/1/2024).

Untuk tahap pertama yang rencananya berlangsung Mei 2024, diharapkan semua kementerian/lembaga/daerah (K/L/D) bisa memasukkan data dalam platform digital yang sudah disediakan.

Terkait hal tersebut, instansi pusat dan daerah diminta untuk segera mengusulkan kebutuhan ASN tahun 2024 kepada Kementerian PANRB melalui aplikasi formasi elektronik (e-formasi), hingga 31 Januari mendatang.

BELI BUKU HUBUNGI 085773713808

FORMASI CASN 2024 

Sebelumnya, telah diumumkan ke publik bahwa rekrutmen CASN 2024 akan membuka sebanyak 2,3 juta formasi, terdiri dari CPNS, PPPK, dan sekolah kedinasan (sekdin).

Tahun ini pemerintah memberikan alokasi formasi yang cukup banyak bagi fresh graduate untuk mengikuti seleksi, baik jabatan dosen, guru, tenaga kesehatan, tenaga teknis, talenta digital, dan sektor-sektor penting lainnya.

“Kita dorong agar instansi pemerintah baik pusat maupun daerah memanfaatkan alokasi formasi sesuai kebutuhan agar reformasi birokrasi berdampak bisa terwujud secara optimal melalui peran SDM (sumber daya manusia),” papar Aba.

Perlu diketahui, banyaknya formasi CPNS 2024 yang bisa dilamar oleh fresh graduate sebanyak 690.822 formasi.

Dalam pelaksanaan seleksi CASN tahun ini, pemerintah tetap berkomitmen untuk menuntaskan penataan tenaga non-ASN berdasarkan database Badan Kepegawaian Negara (BKN), sesuai amanat Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2023 tentang ASN.

Selain itu, pemerintah akan melakukan pemerataan terkait jumlah dan persebaran SDM di daerah luar Jawa, serta menyiapkan rekrutmen ASN untuk Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Sumber : Kompas

Yuk bagikan informasinya di sosmed sahabat… terima kasih 


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

DISKON 1 JUTA HP VIVO Y35 8/128GB
Hello. Add your message here.