Contoh Soal dan Jawaban Tes Sekolah Kedinasan

Tiga Jenis Tes Masuk Sekolah Kedinasan
Tiga Jenis Tes Masuk Sekolah Kedinasan

Sebelum kamu berencana dan memilih jurusan di salah satu Sekolah Kedinasan, kamu perlu mengetahui bahwa tes di Sekolah Kedinasan tidaklah sama dengan tes seleksi PTN (perguruan tinggi negeri) seperti SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi) atau Tes Jalur Mandiri.

Tes Sekolah Kedinasan ini tidak lagi hanya seputar pelajaran Saintek, Soshum, atau Ilmu Pengetahuan Campuran (IPC). Namun sudah mencakup Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) termasuk dalam tes menguji kemampuan penguasaan pengetahuaan dan kemampuan peserta dalam implementasi 4 pilar pedoman Kebangsaan Indonesia meliputi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945 (UUD’45), Bhineka Tunggal Ika dan hal-hal mencakup Negara Kesatuan Republik Indonesia. TWK ini kerap menjadi bagian Tes Kompetensi Dasar (TKD) yang paling sulit. Karena biasanya banyak peserta yang gagal mencapai skor yang memenuhi standar minimal kelulusan (passing grade).

Adapun materi penting dalam Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) ini adalah sebagai berikut:

Pancasila 

Hal mendasar yang dipelajari dalam TWK adalah Pancasila. Pengertian Pancasila yaitu ideologi dasar dalam kehidupan bagi negara Indonesia. Pancasila juga menjadi landasan dari segala keputusan bangsa dan mencerminkan kepribadian bangsa Indonesia. Untuk itu, materi ini sangat penting dan termasuk materi dasar yang harus kamu kuasai, termasuk pula kamu harus mempelajari tentang ideologi Pancasila.

Undang-Undang Dasar 1945 

Materi TWK kedua yang harus dipelajari adalah Undang-Undang Dasar 1945. UUD 1945 adalah hukum dasar tertulis yang mengikat pemerintah, lembaga negara, lembaga masyarakat dan juga mengikat setiap Warga Negara Indonesia di manapun mereka berada dan juga mengikat setiap penduduk yang berasa di wilayah negara Republik Indonesia. Oleh karena itu, calon mahasiswa Sekolah Kedinasan harus mempelajari materi ini termasuk pengertian, fungsi maupun kedudukan Undang-Undang Dasar 1945.

Bhineka Tunggal Ika 

Bhinneka Tunggal Ika juga termasuk materi TWK yang wajib kamu kuasai. Seperti yang kita tahu, Bhinneka Tunggal Ika adalah motto atau semboyan bagi bangsa Indonesia yang tertulus pada lambang negara, yaitu Garuda Pancasila. Bhinneka Tunggal Ika sendiri mempunyai arti “berbeda-beda tapi tetap satu jua”, hal itu adalah hal mendasar yang harus diketahui. Sejarah, fungsi beserta makna dari Bhinneka Tunggal Ika tentunya harus kalian kuasai dalam TWK ini.

Negara Kesatuan Republik Indonesia 

Materi TWK Sekolah Kedinasan yang terakhir adalah mengenai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Disini kamu harus mempelajari baik itu mengenai sistem tata negara Indonesia pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Serta sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan juga kemampuan peserta dalam berbahasa Indonesia secara baik dan benar. Kira-kira kisi dari materi negara dan kesatuan Republik Indonesia ini nantinya akan paling banyak keluar pada Tes Wawasan Kebangsaan.

Contoh Soal dan Jawaban Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 

2. Tes Intelegensi Umum (TIU) 

Tes Intelegensi Umum (TIU) adalah tes mengukur kompetensi peserta yang berhubungan dengan hal kemampuan verbal, numerik, logika, dan analisis. TIU juga masuk menjadi salah satu ini bagian dari Tes Kompetensi Dasar (TKD) Sekolah Kedinasan.

Adapun materi penting dalam Tes Intelegensi Umum (TIU) ini adalah sebagai berikut:

Kemampuan Verbal

Materi pertama yang harus kamu pelajari untuk menghadapi TIU adalah kemampuan verbal. Materi ini mempunyai arti yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulis. Materi ini bertujuan untuk menilai efektifitas pelayanan menggunakan bahasa yang merupakan salah satu elemen penting dalam tugas mereka sehari-hari. Dengan cara yang beragam akan dilihat kemampuan berbahasa, membaca dan memahami kata tertulis.

Kemampuan Numerik

Kemampuan numerik adalah materi TIU yang juga wajib kamu pelajari. Materi ini berisi kemampuan untuk melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka. Materi ini berkaitan dengan kecermatan dan kecepatan dalam penggunaan fungsi-fungsi hitung dasar. Bisa juga dikatakan bahwa tes ini dapat mengungkap kemampuan intelektual seseorang terutama kemampuan bernalar dalam berhitung dan berfikir secara logis. Hal lain yang akan terlihat juga adalah kemampuan kuantitatif, ketelitian, dan keakuratan seseorang dalam mengerjakan sesuatu.

Kemampuan Berpikir Logis

Kemampuan berpikir logis adalah kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis. Kemampuan berpikir secara logis bertujuan untuk membuat dan menentukan suatu hukum yang akan digunakan oleh masyarakat. Sebagai calon mahasiswa, materi TIU yang satu ini adalah salah satu materi yang diujikan dalam tes intelegensi umum dan sebagai calon mahasiswa tentunya diwajibkan untuk berfikir secara logis.

Kemampuan Berpikir Analitis

Sedangkan materi TIU yang terakhir adalah kemampuan berpikir analitis. Dapat diartikan sebagai kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik. Dengan menganalisis, kemampuan memisahkan materi atau informasi ke dalam bagian-bagiannya yang perlu, mencari hubungan antara bagian-bagiannya, serta mampu melihat komponen-komponennya, hingga bagaimana komponen-komponen itu berhubungan dan terorganisasikan, dan juga dapat membedakan fakta dari khayalan. Kemampuan ini adalah kemampuan kognitif dasar yang seharusnya dimiliki oleh calon mahasiswa. Kemampuan berpikir analisis juga termasuk kemampuan menyelesaikan soal yang tidak rutin, menemukan hubungan, membuktikan dan mengomentari bukti, dan merumuskan serta menunjukkan benarnya suatu generalisasi, tetapi baru dalam tahap analisis belum dapat menyusun.

Contoh Soal dan Jawaban Tes Intelegensi Umum (TIU) 

3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 

Tes Karakteristik Pribadi (TKP) berfungsi untuk melihat karakter, kepribadian dan tingkat emosional kamu yang berkaitan dengan hal-hal integritas diri, kreatifitas, semangat prestasi dan sebagainya. TKP juga masuk menjadi salah satu ini bagian dari Tes Kompetensi Dasar (TKD) Sekolah Kedinasan.

Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dilakukan untuk mengetahui kepribadian peserta pada 11 (sebelas) karakteristik, yang terdiri dari: Integritas diri, Semangat berprestasi, Orientasi pada pelayanan, Kemampuan beradaptasi, Kemampuan mengendalikan diri, Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas, Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan, Kemampuan bekerja sama dalam kelompok, Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain, Orientasi kepada orang lain, Kreativitas dan inovasi.

Contoh Soal dan Jawaban Tes Karakteristik Pribadi (TKP)  

Demikianlah informasi tentang materi dan contoh soal TWK, TIU, dan TKP Sekolah Kedinasan. Semoga contoh soal di atas bisa membantu kamu dalam memahami materi Tes Kompetensi Dasar Sekolah Kedinasan tahun ini. (Mamikos)

Paling Dicari : daftar beasiswa kuliah gratis, info pendaftaran sekolah kedinasandaftar sbmptn onlinependaftaran kuliah yang masih buka, biaya pendaftaran kuliahcara daftar sekolah secara online, cari di google 

Artikel Pilihan  

Yuk bagikan infonya… 

About Auther:

Info Biografi

Beasiswa Sekolah Kedinasan IPDN STAN AKPOL AKMIL Dll
Hello. Add your message here.