“Think and Grow Rich” Tiga Belas Langkah untuk Menjadi Kaya

Yuk bagikan infonya...

(gramedia.com)

Think and Grow Rich (1937) adalah sebuah buku klasik berisi resep-resep kesuksesan yang di sadur dari pengalaman lebih dari 500 orang di Amerika yang sukses menggapai kekayaan berlimpah meski memulai hidupnya dari “titik nol”. Silahkan baca pimtarnya jika Anda ingin tahu rahasia mereka.

Siapa penulis buku ini?

Napoleon Hill adalah penasihat Presiden Franklin D. Roosevelt pada tahun 1933 hingga 1936. Think and Grow Rich (1937) adalah karyanya yang paling terkenal dan menjadi salah satu buku terlaris sepanjang masa. Ketika ia meninggal di tahun 1970, Think and Grow Rich telah terjual lebih dari 20 juta kopi dan di terjemahkan ke berbagai bahasa.

Untuk siapa buku ini?

  • Orang yang memimpikan kesuksesan namun tidak tahu cara untukmewujudkannya
  • Mereka yang pernah gagal dalam hidupnya namun tidak ingin menyerah

Apa yang dibahas buku ini?

Langkah-langkah praktis untuk meraih kesuksesan dan kekayaan

Apakah yang paling Anda inginkan dalam hidup ini; harta, kekuasaan atau ketentraman hati? Kebanyakan orang pasti akan menjawab di antara tiga hal ini.

Ada 13 langkah menuju kesuksesan dalam buku ini yang menarik untuk ditelaah dan bisa di jadikan pertimbangan dalam menggapai tujuan-tujuan hidup tersebut. Berdasarkan pengalaman dan analisanya, Napoleon Hill akan menjabarkannya untuk Anda.

Ada 3 faktor utama untuk menggapai kesuksesan dalam buku ini yang kemudian di jabarkan menjadi beberapa langkah jitu yang lebih praktis. Faktor-faktor tersebut adalah faktor dorongan dan motivasi dalam diri setiap individu, faktor kreativitas dan ketekunan serta yang terakhir adalah faktor stimulus eksternal.

Dalam pimtar ini Anda juga akan mempelajari beberapa hal menarik lainnya seperti:

  • apa jenis-jenis imajinasi yang perlu Anda ketahui untuk mendukung kesuksesan;
  • kenapa Anda perlu membentuk kelompok “ahli pikir”;
  • bagaimana memanfaatkan dorongan alam bawah sadar;
  • apa yang dimaksud dengan “indera keenam” dalam pengambilan keputusan; dan
  • siapa saja “hantu-hantu” yang bisa menghalangi jalan Anda menuju kesuksesan.

1. Kemauan dan keyakinan di dalam pikiran adalah formula penting untuk menggapai kesuksesan

Alur cerita sejarah di dunia ini banyak dicetak oleh pribadi-pribadi berkemauan keras dan berkeyakinan mantab. Kemauan dan tekad yang membara seakan menjadi pembeda antara pribadi yang memiliki tujuan hidup dan pribadi yang membiarkan dirinya terhanyut dalam deras arus kehidupan.

Pribadi-pribadi agung yang namanya tercatat harum dalam peradaban dunia ini diantaranya banyak yang memulai kehidupannya dari titik nol.

Columbus, Copernicus, Henry Ford, Thomas Edison serta Helen Keller adalah contoh dari mereka-mereka yang memulai hidupnya dari titik nadir. Namun ada satu benang merah yang mengubah kisah hidup mereka, yaitu mimpi dan kemauan.

Perpaduan antara kemauan dan keyakinan akan memberikan pengaruh yang luar biasa terhadap alam bawah sadar seseorang. Dorongan alam bawah sadar tersebut akan menjadi sebuah pikiran yang akhirnya memengaruhi tindakan-tindakannya.

Mereka yang terjerumusdalam jurang kegagalan adalah mereka yang menciptakan “kemalangannya” sendiri. Mereka menanamkan kepercayaan negatif dalam alam bawah sadarnya lalu mengubahnya menjadi sebuah tindakan nyata.

Sebaliknya, mereka yang sukses dalam hidupnya mampu menumbuhkan keyakinan positif dalam alam bawah sadarnya dan mendapatkan ”ganjaran” fisik yang sesuai dengan apa yang dipikirkannya.

Cara menumbukan keyakinan positif dalam diri seseorang memang tidak gampang, namun secara garis besar hal tersebut bisa di jelaskan dalam rumus sebagai berikut:

  • Percaya. Anda harus percaya bahwaAnda mampu menggapai tujuan dan mimpi-mimpi besardi dalam hidup.
  • Sadar. Anda harus menyadari bahwa hal-hal yang mendominasi pikiran Anda akan menghasilkan tindakan-tindakan fisik yang pada akhirnya menghadirkan realita.
  • Fokus. Tulisan secara jelas tujuan utama dalam hidup Anda, dan tanamkan dalam diri bahwa Anda tidak akan berhenti berusaha hingga Anda mampu mewujudkannya.
  • Berbuat baik. Sadari bahwa tidak ada harta maupun tahta yang bisa bertahan lama kecuali Anda membangunnya dalam pondasi kebenaran dan keadilan. Raihlah kesuksesan Anda dengan cara yang jujur dengan tidak merugikan pihak lain.

2. Anda memerlukan pengetahuan untuk mendukung kesuksesan

Buku ini menjelaskan bahwa hakekat pengetahuan bisa di bagi menjadi dua, pengetahuan yang di dapat dari bangku sekolah formal, disebut pengetahuan umum (yang bersifat teori) dan pengetahuan yang di peroleh dari pengalaman hidup, disebut dengan pengetahuan khusus (yang bersifat praktis).

Tidak semua nama-nama besar yang telah disinggung sebelumnya memiliki latar belakang pendidikan formal yang mentereng. Banyak di antara mereka bahkan ada yang tidak tamat pendidikan sekolah dasar.

Namun para tokoh besar tersebut mampu menggapai kesuksesan dikarenakan mereka mampu mengolah pengetahuan mereka—baik yang formal maupun nonformal—dan mengarahkanya untuk menggapai tujuan yang telah mereka gariskan.

Bagaimana cara mencurahkan pengetahuan ke target yang Anda tuju?

Pertama-tama tentukan pengetahuan-pengetahuan – baik umum maupun khusus – yang Anda butuhkan berdasarkan tujuan hidup yang telah Anda tetapkan. Setelah itu, carilah sumber pengetahuan yang bisa diandalkan, contohnya:

  • pengalaman dan pendidikan yang pernah Anda dapatkan;
  • pengalaman yang di peroleh melalui kerjasama dengan orang lain;
  • perguruan tinggi dan universitas;
  • perpustakaan, buku-buku dan jurnal; dan
  • latihan-latihan khusus (seminar, magang, dsb.).

Bisnis yang sukses diawali dari sebuah ide dan ide merupakan produk dari imajinasi. Dalam sejarah, manusia mampu menciptakan sesuatu yang luar biasa berawal dari suatu titik yang bernama imajinasi.

Secara fungsi, Napoleon Hills membagi imajinasi dalam dua bentuk.

Yang pertama adalah imajinasi sintetis; yaitu kemampuan Anda untuk menyusun konsep, ide atau rencana lama ke dalam kombinasi yang baru.

Sedangkan yang kedua adalah imajinasi kreatif;yaitu kemampuan imajinasi yang berupa “firasat” ataupun “inspirasi”. Pada dasarnya melalui imajinasi kreatiflah manusia mampu memberikan gagasan/ide-ide baru dan mampu “menyesuaikan diri” atau berkomunikasi dengan pikiran bawah sadar manusia lainya.

“Ide bisa diubah menjadi uang melalui kekuatan tujuan yang pasti, ditambah rencana yang pasti” ~ Asa Candler

3. Untuk meraih tujuan hidup, Anda butuh perencanaan yang rapi

Perencanaan yang matang adalah sesuatu yang mutlak di perlukan jika Anda ingin mencapai suatu tujuan besar dalam hidup Anda. Tanpa master plan yang terstruktur, Anda akan kesulitan untuk mendapatkan tujuan Anda. Ada beberapa poin penting dalam perencanaan yang harus Anda perhatikan;

Pertama, bangunlah relasi dengan banyak orang, dimana Anda mungkin akan memerlukan mereka untuk melaksanakan rencana Anda (prinsip master mind).

Kedua, sebelum Anda membentuk kelompok “ahli pikir” (master mind) tersebut, ukur diri Anda serta pikirkan apa yang bisa Anda tawarkan terhadap kelompok tersebut sebagai kompensasi dari kerjasama Anda dengan mereka.

Ketiga, luangkan waktu untuk bertemu dan berdiskusi bersama kelompok tersebut setidaknya dua kali seminggu. Matangkan konsep rencana Anda bersama mereka.

Dan keempat, bangun keselarasan dan keserasian bepikir antara Anda dan kelompok “ahli pikir” Anda. Setiap rencana yang akan Anda harus didiskusikan terlebih dahulu dengan kelompok Anda tadi.

Jika Anda mengalami kegagalan pada rencana pertama, revisi dan lakukan rencana kedua.Jika Anda gagal lagi, benahi kembali dan lakukan rencana ketiga. Demikian seterusnya hingga Anda menemukan formulasi yang benar-benar berhasil. Ingatlah, tidak ada satupun orang-orang sukses yang tidak pernah menemui kegagalan.

Ketika Anda melaksanakan rencana hidup yang Anda gariskan, tentukan apakah Anda akan jadi pengikut di bidang yang Anda pilih atau tampil sebagai pemimpin? Menjadi pengikut bukanlah sesuatu yang memalukan, namun tidak ada kebanggaan jika Anda selamanya tetap di posisi tersebut.

“Sukses tidak memerlukan penjelasan, kegagalan tidak memerlukan alasan” ~ Napolleon Hill

4. Seni pengambilan keputusan dan ketekunan dalam berusaha adalah kunci dalam kesuksesan

Salah satu penyebab kegagalan seseorang adalah ketidakmampuannya untuk mengambil keputusan. Mudah terpengaruh oleh opini publik adalah salah satu kelemahan yang bisa membuat setiap orang gagal dalam mengambil keputusan.

Terkadang, orang-orang terdekat Anda—baik sahabat maupun kerabat—meski tidak bermaksud demikian, bisa menjadi penghambat melalui opini dan ejekan-ejekan yang mereka anggap sebagai gurauan.

Jangan mudah percaya kepada siapapun kecuali kelompok “ahli pikir” Anda. Gunakanlah prinsip Anda sendiri dan jangan mudah goyah. Jika Anda memerlukan informasi, pendapat maupun fakta tambahan untuk mencapai tujuan Anda, lakukanlah secara diam-diam tanpa perlu mengungkapkan apa tujuan Anda.

Ada sebuah nasihat yang patut Anda ingat “Katakan kepada seluruh dunia apa yang akan kau perbuat, tetapi sebelumnya perlihatkan dulu”. Hal ini berarti bahwa yang terpenting adalah perbuatan, bukan kata-kata.

Disamping kemampuan untuk mengambil keputusan yang tepat, ketekunan adalah salah satu kunci lainnya untuk membuka pintu kesuksesan. Apa yang telah dicapai orang-orang semacam Edison, Ford, Carnegie dan lainnya adalah buah dari kekuatan kemauan dan ketekunan.

Berbagai usaha yang Anda lakukan untuk mencapai tujuan tidak akan berhasil jika itu tidak di lakukan secara berkesinambungan. Anda akan mendapatkan impian Anda hanya jika Anda menerapkan semua usaha Anda secara konsisten dan menjadikanya sebagai kebiasaan.

Ketekunan adalah buah dari kekuatan mental, dan seperti kekuatan pikiran lainnya, Anda mampu untuk mengasahnya. Adapun faktor-faktor yang mampu memperkuat ketekunan seseorang antara lain adalah kepastian tujuan, kemauan, kemandirian, kepastian rencana, pengetahuan yang akurat, kerja sama serta kebiasaan.

5. Manfaatkan dorongan alam bawah sadar dan kekuatan otak Anda

Pikiran bawah sadar adalah dorongan untuk bertindak yang terakumulasi dari pengalaman dan pengetahuan yang telah terekam didalam sel-sel memori otak Anda. Atas kehendak Anda sendiri, Anda bisa mendoktrin alam bawah sadar Anda mengenai rencana ataupun tujuan kehidupan Anda.

Pikiran bawah sadar adalah suatu alam misterius yang di dalamnya terdapat sumber inteligensi yang luas.

Anda tidak mampu sepenuhnya untuk mengontrol kekuatan alam bawah sadar tersebut, namun – seperti yang dijelaskan sebelumnya – Anda mampu untuk membombardirnya dengan kemauan, keyakinan serta konsep yang Anda rencanakan tentang tujuan hidup Anda.

Seperti halnya konsep alam bawah sadar yang fenomenal, otak manusia sejatinya adalah sebuah stasiun pemancar maupun penerima kekuatan pikiran dari otak lainya.

Kemampuan Anda dalam menerima sinyal-sinyal pemikiran otak manusia lainnya disebut dengan “imajinasi kreatif”. Imajinasi kreatifakan menjadi lebih tanggap ketika dia terstimulasi oleh emosi, baik positif maupun negatif.

Jika imajinasi kreatif adalah penerima (receiver) maka pikiran alam bawah sadar adalah pemancar (transmitter). Melalui prinsip ini, penting bagi Anda untuk memperhatikan sugesti pribadi yang akan Anda tanam di alam bawah sadar dan akan Anda sebarkan layaknya stasiun pemancar.

6. Anda perlu belajar untuk mengasah “indera keenam”dan menyingkirkan ketakutan yang menjadi penghalang kesuksesan

Konsep indra keenam adalah suatu konsep yang abstrak dan sangat sulit untuk dijelaskan.

Dalam konteks menggapai kesuksesan, indra keenam pada dasarnya adalah kemampuan Anda untuk merasakan adanya ancaman tepat pada waktunya sehingga Anda mampu untuk menghindar, dan juga ketajaman Anda untuk melihat adanya celah peluang yang bisa Anda manfaatkan.

Benar atau tidaknya keberadaan konsep ini memang masih menjadi perdebatan, namun Napoleon Hill memiliki keyakinannya sendiri.

Menurut penulis, Anda akan mampu menerapkan konsep indera keenamsetelahAnda paham betul akan filosofi kemauan dan keyakinan, sugesti pribadi serta pikiran bawah sadar. Namunindra keenam tidak akan berfungsi ketika Anda menjalani hidup dikelilingi oleh ketakutan-ketakutan yang membelenggu.

Ada enam hantu ketakutan penghalang kesuksesan, mereka adalah; 1) takut kemiskinan, 2) takut kritik, 3) takut kesehatan yang buruk, 4) takut kehilangan cinta, 5) takut usia tua, dan 6) takut kematian.

Ketakutan-ketakutan tersebut akan mengakibatkan Anda menjadi pribadi yang tidak bersemangat, peragu, terbiasa menunda-nunda, tidak bisa membuat keputusan, kurangberambisi, tidak mandiri, minim inisiatifserta tidak memiliki antusiasme.

Penting bagi Anda untuk melakukan introspeksi diri, karena letak penyakit penyakit ini bersemayam jauh di dalam alam pikiran bawah sadar Anda. Anda harus menyadari bahwa ketakutan-ketakutan tersebut hanyalah sekedar hantu yang tidak nyata adanya.

Untuk membunuh hantu-hantu ketakutan tersebut Anda harus menyadari bahwa setiap manusia hakekatnya lemah terhadap ketakutan-ketakutan dasar yang sama.Karenanya, bentuklah kebiasaan untuk menangkal semua rasa takut itu.

Sadarilah bahwa pengaruh negatif pikiran orang bisa saja merasuk kedalam pikiran bawah sadar Anda, maka tutuplah pikiran Anda dari semua pihak yang ingin menjatuhkan Anda dengan berbagai cara.

Bertemanlah dengan orang-orang yang bisa memengaruhi Anda untuk berpikir dan bertindak positif. Teman-teman yang berpikiran negatif akan menyebarkan ketakutan, sedangkan teman-teman yang positif akan menumbuhkan keberanian.

Kesimpulan Buku

  • Kunci kesuksesan ada di tangan Anda sendiri, Andalah penentu jalan hidup Anda.
  • Sinergi kemauan dan keyakinan yang kokoh adalah pondasi terbentuknya jiwa-jiwa manusia yang sukses.
  • Untuk meraih kesuksesan, Anda perlu dukungan dari orang lain. Bentuklah tim “ahli pikir” yang bisa menyumbangkan tenaga dan pikiran untuk mendukung upaya Anda dalam meraih kesuksesan.
  • Kemampuan untuk mempraktikan pengalaman dan kreativitas yang Anda dapat dalam hidup adalah sesuatu yang mutlak dalam mencapai tujuan
  • Tindakan Anda adalah buah dari pikiran Anda, maka isilah pikiran bawah sadar dengan segala hal positif terkait dengan tujuan Anda.
  • Taklukkan ketakutan-ketakutan yang bisa menghalangi jalan Anda menuju kesuksesan. Berkumpullah dengan mereka yang bisa menularkan keberanian.

Sumber : Pimtar


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

KINAYA RESIDENCE ANDARA 900 Meter Dari Tol Andara
Hello. Add your message here.