SHINRIN-YOKU 森林浴 Meditasi di Hutan Ala Penduduk Jepang

Yuk bagikan infonya...

(highlandadventure.co.id)

Shinrin-yoku, Meditasi di Hutan Ala Penduduk Jepang

Di Jepang, rileksasi di hutan punya sebutan shinrin-yoku (森林浴), yang secara harfiah diterjemahkan menjadi “mandi di hutan”. Shinrin-yoku adalah praktik orang Jepang untuk “memandikan” jiwa dan raganya di tengah alam, dengan tujuan menerima manfaat terapeutik.

Praktik ini dipopulerkan oleh Kementerian Pertanian, Kehutanan dan Perikanan Jepang pada tahun 1982 dan hingga kini diaplikasikan di penjuru dunia. Bumi Perkemahan Ranca Upas di Ciwidey, Bandung, Jawa Barat, punya program Healing Forest yang kurang lebih sama.

Latihan shinrin-yoku sebenarnya sangat sederhana: luangkan beberapa jam dari kesibukan Anda, pergilah ke daerah berhutan lebat, dan biarkan jiwa dan raga merasakan keagungan alam, yang kemudian membuat batin lebih damai.

Baca Juga : 7 Ajaran Jepang 日本 Untuk Hancurkan Rasa Malas 

Mengutip SavvyTokyo, sebuah penelitian tentang shinrin-yoku yang dilakukan di 24 hutan berbeda di Jepang menunjukkan fakta bahwa menghabiskan waktu di lingkungan hutan dapat mengurangi konsentrasi kortisol, menurunkan denyut nadi, menurunkan tekanan darah, meningkatkan aktivitas saraf parasimpatis, dan menurunkan energi saraf simpatik.

Faktanya, setelah hanya 15 menit berada di hutan tekanan darah turun, tingkat stres berkurang, serta konsentrasi dan kejernihan mental meningkat.

Hingga saat ini, ada 44 hutan shinrin-yoku yang terakreditasi di Jepang. Khusus di Tokyo, ada lima area hijau di tengah hutan beton yang bisa dikunjungi yakni; Sayama Hills, Hinohara Tokyo Citizens’ Forest, Mount Takao, Institute for Nature Study, dan Arisugawa-no-miya Memorial Park.

Wisata ke Jepang memang belum memungkinkan sekarang, namun Anda bisa mempraktikkan shinrin-yoku di taman atau hutan wisata dekat rumah.

Berikut beberapa langkah sederhana latihan shinrin-yoku yang bisa dilakukan, seperti yang dikutip dari Grow Wild UK:

Langkah 1 Tinggalkan ponsel, kamera, atau hal yang sarat distraksi lainnya, sehingga Anda dapat sepenuhnya menikmati pengalaman berada di tengah alam.

Langkah 2 Tinggalkan kesibukan dalam pikiran Anda. Sebagai gantinya, rasakan apa yang panca indera Anda dapatkan selama berada di hutan. Jika ingin menikmatinya sembari berjalan, maka berjalanlah. Jika ingin sambil duduk, maka duduklah.

Langkah 3 Di tengah perjalanan, sempatkan diri untuk beristirahat dan mengamati alam sekitar Anda.

Langkah 4 Temukan tempat yang nyaman untuk duduk dan mendengarkan suara alam di sekitar Anda. Lihat bagaimana perilaku burung dan hewan lain berubah saat mereka terbiasa dengan kehadiran Anda.

Langkah 5 Jika Anda pergi dengan orang lain, buat kesepakatan untuk menolak berbicara sampai akhir perjalanan, dan baru berbincang usai latihan shinrin-yoku usai untuk berbagi pengalaman yang didapatkan.

Sumber : CNN

Yuk bagikan di sosmed sahabat… terima kasih 


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

BELI RUMAH JABODETABEK DI SINI
Hello. Add your message here.