Do More Great Work : Hentikan Pekerjaan yang Menyibukkan, dan Mulailah Melakukan Pekerjaan yang Benar-Benar Berarti

Yuk bagikan infonya...

Gildshire.com

Do More Great Work menjelaskan bagaimana Anda dapat melakukan pekerjaan yang berarti dan memiliki dampak nyata, yang menguji kemampuan Anda, dan dapat memaksimalkan diri Anda. Di dalam buku ini, Anda akan belajar untuk menemukan, memulai dan mempertahankan Pekerjaan Hebat, melalui peta-peta konseptual yang dibagikan dalam buku ini. Ini saatnya membuat perubahan dan menjadi lebih bahagia.

Siapa Penulis Buku Ini?

Michael Bungay Stanier dikenal sebagai penerima gelar Canadian Coach of the Year 2006. Ia adalah pendiri dan rekan senior Box of Crayons, sebuah perusahaan yang membantu organisasi-organisasi melakukan lompatan dari Pekerjaan Baik menjadi Pekerjaan Hebat.

Buku “Do More Great Work”’ ini ditujukan untuk membantu Anda menemukan jalan melakukan lebih banyak Pekerjaan Hebat. Buku ini merupakan rangkuman hasil pekerjaan Stanier bersama ribuan orang di seluruh dunia sebagai pelatih dan fasilitator.

Do More Great Work

Untuk Siapa Buku Ini?

Siapapun yang ingin melakukan pekerjaan yang menghasilkan perubahan dan bisa membuat lebih bahagia. Siapa pun yang ingin lebih banyak melakukan Pekerjaan Hebat.

Baca Juga : Ringkasan 25 Buku Pengembangan Diri Terbaik

Pekerjaan Anda lebih dari sekadar sumber penghasilan, buatlah lebih berarti!

Kita menghabiskan lebih dari separuh hidup untuk bekerja. Dan tentu kita ingin pekerjaan memiliki pengaruh dan tujuan, agar tak hanya sekedar sebagai sumber penghasilan. Anda bisa membuat pekerjaan Anda lebih berarti.

Sedangkan saat ini tidak mudah melakukan Pekerjaan Hebat. Kita dibatasi oleh kapasitas, dan menghabiskan waktu terburu-buru, hanya mencoba menyelesaikan tugas-tugas yang menghampiri kita.

Anda dapat menemukan jalan untuk melakukan lebih banyak Pekerjaan Hebat. Buku ini akan memberikan alat kunci yang bisa membawa Anda pada jalur menuju pekerjaan yang lebih kreatif, lebih termotivasi, baik bagi Anda dan mereka yang mempekerjakan Anda.

Beberapa insight menarik yang bisa Anda pelajari dari rangkuman buku ini antara lain:

  • Apa saja yang perlu dilakukan untuk meletakkan fondasi dan menanam benih-benih Pekerjaan Hebat Anda;
  • Bagaimana menemukan Pekerjaan Hebat Anda;
  • Mengapa Anda harus menciptakan kemungkinan-kemungkinan baru;
  • Bagaimana merencanakan Pekerjaan Hebat Anda; dan
  • Kenapa perlu melanjutkan perjalanan Pekerjaan Hebat Anda.

Seorang desainer grafis, Milton Glaser, yang mencetuskan karyanya “I Love New York” pernah mengatakan bahwa segala sesuatu yang kita kerjakan dapat dikategorikan dalam tiga kategori dasar: Pekerjaan Buruk, Pekerjaan Baik, Pekerjaan Hebat.

Pekerjaan Buruk ialah pekerjaan yang membuang-buang waktu dan tenaga. Melakukannya satu kali saja sudah terlalu banyak. Sayangnya banyak organisasi berbakat menciptakan Pekerjaan Buruk.

Hal tersebut muncul dalam bentuk birokrasi, rapat yang tidak berkesudahan, proses kerja ketinggalan jaman dan cara-cara lain yang membuat Anda tidak bersemangat dan bukannya membuat anda bertumbuh.

Pekerjaan Baik ialah pekerjaan yang familiar, berguna, dan produktif, yang biasanya Anda lakukan dengan baik. Anda mungkin menghabiskan waktu untuk melakukan Pekerjaan Baik dan tidak ada yang salah dengan itu.

Anda selalu membutuhkan Pekerjaan Baik. Dalam tingkat organisasional, Pekerjaan Baik itu vital. Ia adalan pekerjaan yang efisien, terfokus, dan sumber penghasilan perusahaan.

Pekerjaan Hebat adalah pekerjaan yang selalu kita inginkan. Ini adalah pekerjaan yang berarti bagi Anda, memiliki dampak, dan menghasilkan perubahan-perubahan. Pekerjaan itu menginspirasi, memaksimalkan.

Pekerjaan Hebat adalah pekerjaan yang penting. Namun, Pekerjaan Hebat juga merupakan tempat ketidakpastian dan ketidaknyamanan. Rasa tidak nyaman muncul karena pekerjaan itu seringkali baru dan menantang.

Kenyataannya, tidak ada paduan yang sempurna untuk menyeimbangkan 3 kategori pekerjaan tersebut. Menemukan paduan yang tepat antara Pekerjaan Baik dan Pekerjaan Hebat adalah latihan seumur hidup. Terdapat 6 paradoks pekerjaan hebat:

Pertama, Anda tidak harus menyelamatkan dunia dan Anda tidak harus membuat perbedaan. Anda tidak harus melakukan semuanya, satu saja sudah cukup.

Kedua, Pekerjaan Hebat adalah hal yang bersifat pribadi, dan dapat menjadi hal yang bersifat umum. Sesuatu yang berarti bagi diri Anda.

Ketiga, Pekerjaan Hebat dibutuhkan, meski seringkali tidak diinginkan. Hal ini muncul saat apa yang perlu diubah di dalam dunia Anda bersinggungan dengan apa yang penting bagi Anda.

Keempat, Pekerjaan Hebat itu terasa mulia, menguji diri Anda dan tak selalu mudah. Dan kelima, Pekerjaan Hebat bukanlah tentang melakukan sesuatu dengan baik, tapi melakukan sesuatu yang berarti. Ini bukan berbicara tentang standar hasilnya, tapi standar pengaruh dan artinya.

Keenam, Pekerjaan Hebat membutuhkan waktu, bahkan mungkin seumur hidup. Sesuatu yang dapat berupa komitmen untuk mengubah diri dan dunia lewat pekerjaan yang Anda lakukan.

Untuk mencapai suatu tujuan, Anda harus tahu darimana Anda memulai. Meletakkan fondasi dan mulai membangun benih-benih Pekerjaan Hebat. Namun Pekerjaan Hebat itu bersifat internal. Pada akhirnya pilihan untuk menemukannya berada di tangan Anda.

Jadi melakukan Pekerjaan Hebat adalah tentang mengenal siapa diri Anda dan apa yang Anda inginkan. Meski Anda tak pernah tahu pasti, tapi Anda harus melangkah maju dan mencobanya.

Setelah Anda memiliki kesadaran akan siapa diri Anda, apa yang Anda perjuangkan, apa yang berharga bagi Anda. Sekarang Anda sedang mencari sesuatu untuk dibuka. Untuk menemukan dan melakukan lebih banyak Pekerjaan Hebat, Anda harus lebih fokus dan teliti mengamati sekeliling Anda.

Untuk dapat merasakan dimana terdapat kesempatan Pekerjaan Hebat, Anda harus menemukan tempat dimana Anda dapat berhenti, mengamati dan melihat apa yang mungkin pantas untuk dikejar.

Anda telah melakukan pekerjaan hebat selama hidup Anda, tetapi menyembunyikannya. Anda memiliki wawasan brilian atau telah mulai melakukan perbedaan penting. Lalu kenyataan ikut campur. Anda menahan diri, mundur, menjadi malas.

Anda menyadari bahwa Pekerjaan Hebat Anda akan menyinggung atau membuat Anda berada dalam kesulitan. Nasihat untuk menciptakan Pekerjaan Hebat sangat sederhana: Jangan menetap. Ada banyak alasan bagus untuk menetap. Namun, menetap adalah alasan mengapa Anda tidak melakukan Pekerjaan Hebat. Identifikasi dimana Anda menetap saat ini, lalu berhenti.

Ada 3 hal kunci menemukan Pekerjaan Hebat Anda. Pertama, apa yang memanggil Anda? Lalu kedua, apa yang rusak dan perlu diperbaiki? Sesuatu yang menyakiti juga dapat menginspirasi Anda.  Ketiga, apa yang diperlukan?

Seimbangkan kebutuhan-kebutuhan dalam hidup Anda. Untuk menemukan apa yang ingin Anda lakukan, Anda juga harus memutuskan kapan untuk berkata “Tidak”. Bila sulit, latihlah diri mengatakan ya, tetapi dengan lebih lambat.

Selanjutnya, pilihlah sebuah proyek. Dua langkah sederhana yang perlu Anda pahami yakni: 1) Temukan sesuatu yang menakjubkan untuk dikerjakan. Sebuah proyek yang menyenangkan Anda dan memiliki dampak besar bagi pekerjaan dan tujuan hidup Anda; 2) Sisihkan waktu dan hanya kerjakan proyek menakjubkan itu. Inilah kuncinya.

Ketika Anda sudah menemukan Pekerjaan Hebat dan memilih proyek terbaik, jagalah irama kreativitas Anda. Lihat kemungkinan-kemungkinan dan temukan generator ide dalam diri Anda.

Tanyakan pada diri Anda: Apa ide yang telah Anda miliki? Apa hal termudah untuk dilakukan? Apa hal menyenangkan untuk dikerjakan? Apa hal paling berani untuk dilakukan? Apa hal tercepat untuk dikerjakan? Dan apa hal paling proaktif untuk dilakukan?

Salah satu profesi tertua adalah mendongeng. Kita dapat menggunakan struktur sebuah dongeng guna membantu menghasilkan ide-ide dan kemungkinan baru. Jelajahilah cara berbeda untuk maju.

Organisasi yang paling pintar telah menggunakan dongeng untuk membantu mereka membuat keputusan-keputusan strategis, hanya saja mereka menyebutnya “perencanaan skenario”.

Dalam perencanaan skenario, berbagai ide dan situasi diceritakan, dengan akhir yang menyenangkan atau tidak menyenangkan, lalu diwujudkan. Bercerita ialah sebuah cara untuk memvisualisasikan masa depan sehingga Anda dapat membuatnya semakin nyata.

Pekerjaan Hebat mengharuskan Anda berpikir dengan cara berbeda. Dan salah satu cara terbaik ialah dengan bergerak secara berbeda. Cobalah bereksperimen dan merasakan seperti apa rasanya melakukan pekerjaan berbeda di tempat yang berbeda juga.

“Kita tidak berada di suatu posisi jika tidak berusaha. Kita memiliki kapasitas, talenta, arah, misi dan panggilan.” ~ Abraham Maslow 

Seringkali keinginan ada disana, tetapi tindakan tidak ada. Waktu berlalu, momentum terlewatkan, Anda tetap berada dalam rutinitas dan proyek itu bahkan belum dimulai. Namun, jangan berhenti. Lanjutkan dan lakukan lebih banyak Pekerjaan Hebat. Rencanakan apa yang akan Anda lakukan. Sebab inspirasi tanpa tindakan adalah kosong.

Terlalu banyak dari kita yang melihat pekerjaan dari sisi hasil, bukan dari sisi keindahan pekerjaan itu sendiri. Pekerjaan Hebat muncul dari pemahaman bahwa kita telah lengkap. Tidak ada tempat lagi yang didatangi, tidak ada hal lagi yang dilakukan.

Akhir perjuangan nantinya, apakah kaya ataupun miskin, terkenal atau tidak, adalah sama. Cintai diri dan pekerjaan Anda, kenali sebaik mungkin, rawat, jadikan yang terbaik, jangan mengharapkan balasan apa-apa.

Pekerjaan Hebat yang dilakukan sendirian bukanlah pekerjaan hebat. Kita semua memerlukan bantuan. Temukan siapa dalam jaringan Anda yang dapat memberikan dukungan emosional, teknis dan yang Anda butuhkan untuk melakukan lebih banyak Pekerjaan Hebat. Berkolaborasilah dengan sekeliling Anda.

Ada tiga tempat untuk mencari bantuan. Pertama, orang-orang yang menyayangi Anda. Kedua, orang-orang yang memiliki keahlian dan ketiga, orang-orang yang berpengaruh.

Jadi, jika Anda telah bergerak sejauh ini, rencanakanlah langkah berikutnya dari Pekerjaan Hebat Anda dan hindari mimpi-mimpi berdebu.

“Efisiensi adalah kemalasan yang pintar.” ~ David Dunham

Ketika hal-hal berjalan tidak baik, adalah sangat mudah bersikap sebagai korban, menyatakan bahwa segala sesuatunya terlalu sulit lalu menyerah.

Namun, segala hal akan menjadi lebih menarik jika Anda bertanggungjawab sepenuhnya atas pilihan-pilihan yang Anda ambil. Selain itu, penting untuk Anda terhubung kembali dengan apa yang paling penting bagi anda.

Untuk melakukan lebih banyak Pekerjaan Hebat, Anda harus mempersempit sekaligus memperluas pandangan Anda. Dan berhenti untuk menyenangkan semua orang. Jika semua orang senang, itu berarti Anda tidak melakukan Pekerjaan Hebat.

Anda harus menggunakan kebijaksanaan, pengalaman dan rasa sayang orang-orang di sekitar Anda sebagai dukungan untuk melanjutkan perjalanan Pekerjaan Hebat Anda. Terkadang, sangat pantas untuk berfokus pada apa yang salah dan mencoba untuk memperbaikinya.

Namun ada dua pelajaran dari para psikolog, yaitu rahasia untuk berubah adalah dengan tidak berfokus pada usaha mencoba memperbaiki yang salah, tetapi berfokus pada apa yang bekerja dengan baik, dan mencoba memperkuatnya.

Jadi, mulailah Pekerjaan Hebat Anda hari ini. Tidak peduli seberapa kecilnya cahaya itu, biarkan dia bersinar sebaik dia mampu. Dunia mungkin hanya membutuhkan cahaya seperti yang Anda miliki.

  1. Segala sesuatu yang kita kerjakan dapat dikategorikan dalam tiga kategori dasar: Pekerjaan Buruk, Pekerjaan Baik, Pekerjaan Hebat.
  2. Nasihat untuk menciptakan Pekerjaan Hebat sangat sederhana: Jangan menetap. Ada banyak alasan bagus untuk menetap. Namun, menetap adalah alasan mengapa Anda tidak melakukan Pekerjaan Hebat.
  3. Jagalah irama kreativitas Anda. Lihat kemungkinan-kemungkinan dan temukan generator ide dalam diri Anda.
  4. Cintai diri dan pekerjaan Anda, kenali sebaik mungkin, rawat, jadikan yang terbaik, jangan mengharapkan balasan apa-apa.

Sumber : Pimtar

Yuk bagikan di sosmed sahabat, sebagai sedekah ilmu dan informasi… Terima kasih 


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

PEMBIAYAAN SYARIAH JAMINAN BPKB MOBIL
Hello. Add your message here.