Kunci Berpikir Positif Ala Napoleon Hill : 10 Langkah Menuju Kesehatan, Kemakmuran dan Kesuksesan 

Yuk bagikan infonya...

(askmen.com)

Kunci Berpikir Positif Ala Napoleon Hill merupakan sebuah buku yang menjelaskan kunci kesuksesan dalam hidup Anda yaitu Sikap Mental Positif. Di dalam buku ini Anda akan mempelajari prinsip dan langkah sederhana dalam mewujudkan sikap mental positif untuk kehidupan yang lebih sukses, sehat dan bahagia.

Siapa Penulis Buku Ini?

Napoleon Hill adalah seorang konsultan bisnis dan penulis buku motivasi dan kesuksesan. Salah satu buku yang ditulisnya berjudul Think and Grow Rich menjadi buku terlaris sepanjang masa di bidangnya.

Michael J.Ritt, Jr. adalah seorang penulis buku motivasi dan kesuksesan. Ia juga pernah menjabat sebagai direktur Napoleon Hill Foundation.

Baca Juga : Ringkasan 40 Buku Pengembangan Diri Terbaik

Kunci Berpikir Positif Ala Napoleon Hill

Untuk Siapa Buku Ini?

  1. Para pengusaha dan pebisnis yang ingin sukses dalam bisnisnya.
  2. Para karyawan yang ingin sukses dalam karirnya.
  3. Pelajar, mahasiswa dan siapa pun yang ingin meraih impiannya.

Prinsip dan langkah sederhana dalam mewujudkan sikap mental positif untuk meraih impian besar Anda

Untuk meraih impian besar dalam hidup, Anda perlu memiliki Sikap Mental Positif (SMP). Sikap Mental Positif ini akan menjadikan Anda pribadi yang optimis, pantang menyerah, dan selalu bersemangat.

Anda pun tidak akan terpengaruh dengan keadaan seburuk apapun dalam hidup Anda, karena Anda mampu mengubah keadaan negatif menjadi positif, mengubah masalah menjadi berkah dan mengubah kemalangan menjadi kemenangan.

Dalam rangkuman buku ini, Anda akan mempelajari beberapa prinsip dan langkah sederhana untuk menjadi pribadi baru yang memiliki Sikap Mental Positif (SMP).

Hal-hal menarik yang akan Anda pelajari antara lain:

  • Apa saja langkah awal dalam memulai Sikap Mental Positif;
  • Bagaimana cara menghilangkan pikiran negatif;
  • Bagaimana cara membiasakan diri untuk bersikap positif dan toleransi;
  • Apa pentingnya menstimulasi diri Anda; dan
  • Bagaimana cara efektif dalam mencapai setiap tujuan Anda.

Secara sederhana, Sikap Mental Positif (SMP) merupakan kerangka berpikir yang  benar akan mengarahkan Anda pada tindakan dan reaksi yang benar.

Sikap Mental Positif akan membuat Anda tetap tenang dalam menghadapi berbagai tekanan dan selalu optimis dalam menghadapi masa depan.

Ada beberapa tokoh yang berperan besar dalam mengembangkan perilaku Sikap Mental Positif. 

Pertama, William James (1842-1910). Ia mengembangkan sistem pragmatisme yang mempercayai bahwa Anda dapat menentukan masa depan Anda sendiri dengan cara menguasai dan mengendalikan pikiran.

Kedua, Napoleon Hill (1883-1970). Ia mengembangkan SMP dengan cara mewawancarai tokoh-tokoh luar biasa dan sukses yang memiliki Sikap Mental Positif dalam mencapai kesuksesan mereka. Napoleon Hill berpendapat bahwa Anda perlu memperjuangkan apa yang Anda impikan dengan pengorbanan yang pantas.

Ketiga, Willye White. Seorang peraih medali perak Olimpiade dan juga seorang motivator. Melalui programnya, ia memotivasi 2.500 gadis untuk mencapai impian mereka dalam olahraga Atletik. Baginya, impian harus dibayar dengan sejumlah usaha dan perencanaan.

Keempat, W. Clement Stone. Seorang penulis kontemporer. Ia mengatakan bahwa prinsip-prinsip kesuksesan hanya efektif jika dipakai untuk meraih tujuan yang bermanfaat, selama prinsip-prinsip itu terus menerus diperkukuh dan diisi kembali dengan Sikap Mental Positif.

Mengembangkan Sikap Mental Positif

Langkah pertama yang harus Anda terapkan adalah menguasai pikiran Anda. Pikiran memiliki kekuatan dan pengaruh yang luar biasa terhadap hidup Anda. William James bahkan mengatakan bahwa kita akan menjadi apa yang sering kita pikirkan. Oleh karena itu, Anda harus belajar menguasai pikiran Anda.

Setelah Anda mampu menguasai pikiran Anda sendiri, selanjutnya Anda juga perlu belajar mengendalikan pikiran Anda, caranya adalah dengan memvisualisasikan keinginan Anda. Sebagai contoh, jika Anda ingin menjadi orang yang tegas, bayangkanlah gambaran diri Anda ketika Anda menjadi orang yang tegas. Visualisasi lebih efektif dibandingkan kata-kata.

Selain itu, Anda juga perlu mengendalikan diri Anda dari pikiran-pikiran negatif dan  kegagalan masa lalu. Caranya adalah dengan membayangkan Anda berada dalam otak Anda lalu, Anda mengunci pintu-pintu yang darinya berasal memori negatif atau kegagalan di masa lalu. Kemudian, Anda mengunci pintu tersebut seerat-eratnya sehingga pikiran negatif itu tak muncul lagi.

Untuk mewujudkan Sikap Mental Positif, Anda perlu menerapkan kaidah emas.

Salah satunya adalah dengan memperlakukan orang lain seperti halnya Anda ingin orang lain memperlakukan Anda. Untuk menerapkannya, Anda perlu sedikit mengorbankan ego Anda.

Namun, percayalah, apa yang Anda berikan kepada orang lain dengan ikhlas dan tanpa mengharapkan imbalan, balasannya akan kembali lagi kepada Anda bahkan dua kali lipat karena pada dasarnya, apa yang Anda tanam, itulah yang akan Anda tuai.

Biasakanlah diri Anda untuk membahagiakan orang lain. Salah satu caranya adalah dengan menemukan tiga hal sederhana yang sangat Anda inginkan orang lain melakukannya kepada Anda.

Lalu, lakukanlah tiga hal tersebut kepada orang-orang di sekitar Anda. Berbagi kebahagiaan dan kesuksesan tidak akan mengurangi kebahagiaan dan kesuksesan Anda, melainkan akan melipatgandakannya.

Kaidah emas lain adalah menjaga pikiran Anda dari hal-hal yang bersifat negatif. Pikiran negatif ini biasanya berasal dari pengalaman dan kegagalan Anda di masa lalu yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan Anda saat ini dan Anda di masa depan.

Pada umumnya, ada empat hal yang menjadi penyebab masuknya hal negatif ke dalam pikiran Anda, yakni rasa iba terhadap diri sendiri, menyalahkan hal lain di luar diri Anda, rusaknya kebanggaan diri, dan sikap egois terhadap diri sendiri.

Anda perlu berhati-hati dan waspada terhadap keempat hal ini. Jangan biarkan mereka masuk dan menguasai pikiran Anda. Cara  menghindarkan diri Anda dari pikiran negatif ini adalah dengan menganalisis diri Anda.

Anda perlu memeriksa pikiran, tindakan dan reaksi Anda secara sadar. Tanyakanlah pada diri Anda, apakah ini hal yang positif atau negatif?

Jika hal itu merupakan hal yang negatif, segera buang jauh-jauh. Katakan pada pikiran Anda bahwa Anda tidak mengizinkannya masuk ke dalam pikiran Anda. Lalu, kuncilah pikiran itu di penjara bawah tanah di dalam otak Anda.

Untuk memiliki Sikap Mental Positif, Anda harus selalu membiasakan diri untuk bersikap positif.

Sebagai contoh, jika Anda ingin menjadi orang yang bahagia, berbahagialah. Jika ingin menjadi pribadi yang semangat, bersemangatlah.

Bersikap positif, meskipun terkesan sederhana, memiliki efek yang luar biasa. Hal ini akan memunculkan antusiasme, optimisme dan kebahagiaan dalam hari-hari Anda.

Jika ada kekhawatiran dalam diri Anda terhadap sesuatu hal, itu merupakan sebuah kewajaran. Anda hanya perlu mengubah kekhawatiran ini menjadi sebuah kekhawatiran yang konstruktif.

Kekhawatiran konstruktif adalah waspada terhadap hal-hal buruk yang mungkin akan terjadi di masa depan. Lalu, mengubah kekhawatiran itu menjadi kemungkinan-kemungkinan  positif.

Salah satu caranya adalah dengan menuliskan kekhawatiran tersebut pada kartu indeks dan menuliskan kemungkinan positif jika kekhawatiran tersebut memang terjadi.

Sikap positif lain yang juga perlu Anda biasakan adalah menceritakan kisah sukses Anda. Tujuannya bukan untuk menyombongkan diri, melainkan untuk mengembalikan optimisme dan kepercayaan diri.

Untuk memiliki Sikap Mental Positif, Anda juga perlu belajar untuk bersikap toleran terhadap orang lain. Bertoleransi artinya Anda dapat menerima orang lain apa adanya dan tidak memaksa mereka menjadi orang yang Anda inginkan.

Bertoleransi juga berarti mencari kebaikan yang ada pada diri orang lain, bukan mencari kesalahan atau kelemahannya. Salah satu cara untuk membiasakan sikap toleransi adalah memikirkan seseorang yang sulit Anda terima. Tuliskan namanya dan pikirkan bagaimana sikap Anda jika Anda menerimanya.

Visualisasikan sikap Anda tersebut dan lakukanlah. Hal ini akan membantu Anda untuk menjadi pribadi yang toleran.

Lakukan segala yang baik dengan segala cara, dalam segala hal, di segala tempat, dalam segala kesempatan, untuk semua orang, selama mungkin.“ ~ John Wesley

Realitas fisik Anda berasal dari pikiran-pikiran Anda, baik pikiran sadar maupun bawah sadar. Pikiran bawah sadar mempengaruhi pikiran sadar Anda dan mengubahnya menjadi realita.

Untuk memiliki Sikap Mental Positif, pikiran sadar dan bawah sadar Anda perlu diselaraskan agar segenap pikiran Anda dapat dikendalikan.

Pikiran Anda juga dipengaruhi oleh stimulus yang datang dari luar diri Anda. Sumbernya dapat berupa penglihatan, pendengaran, rangsangan, bau dan rasa.

Apapun bentuk rangsangan yang datang dari luar ini, Anda perlu memastikan bahwa semuanya merupakan masukan yang positif. Teknik ini disebut dengan sugesti diri.

Selain sugesti diri, ada pula teknik yang dapat Anda terapkan untuk menstimulasi diri agar senantiasa positif. Teknik ini disebut swasugesti.

Swasugesti dilakukan secara sengaja dan sadar dengan cara melihat, mendengar, merasakan, mengecap atau menghirup sesuatu dan memastikannya bahwa semua stimulus itu bermanfaat dan memuaskan Anda.

Teknik stimulasi diri lainnya adalah autosugesti. Teknik ini merupakan sinkronisasi antara pikiran bawah sadar dengan pikiran sadar Anda. Apa yang tersimpan dalam pikiran bawah sadar sangat mempengaruhi pikiran sadar Anda.

Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa hal yang keluar dari pikiran bawah sadar hanya hal-hal yang positif saja.

Selanjutnya, Anda perlu mempercayai kekuatan doa untuk menerapkan Sikap Mental Positif. Dunia ini sudah diatur sedemikian rupa dalam sebuah sistem yang sempurna. Tuhan yang menciptakan sistem itu dan Anda merupakan salah satu bagian dari sistem tersebut.

Anda harus mempercayai bahwa Tuhan itu ada. Dialah yang mengatur dunia ini dan tentunya juga hidup Anda. Oleh karena itu, berdoalah kepada Dia dan milikilah keyakinan bahwa doa Anda akan didengar dan diwujudkan oleh-Nya.

Doa merupakan obat batin yang mampu menghilangkan tekanan, kegelisahan dan pikiran negatif dari diri Anda. Percayalah, dengan berdoa, Tuhan akan membimbing Anda melalui solusi yang tidak pernah Anda duga sebelumnya.

Anda punya otoritas untuk menentukan tujuan hidup. Anda pun dapat menetapkan tujuan apapun dalam hidup dan dapat mewujudkannya selagi tujuan itu tidak bertentangan dengan hukum-hukum Tuhan dan tidak mengganggu hak-hak orang lain.

Ketika Anda sudah memutuskan tujuan Anda, pikiran Anda akan fokus untuk mencapainya.

Ada sebuah formula ampuh dalam menentukan tujuan hidup Anda agar Anda dapat meraihnya. Formula itu adalah HASRAT.

HASRAT merupakan akronim dari mengHendaki, mengevAluasi, menggariSkan, menceRmati, mengulAngi, dan seTiap hari.

  1. Menghendaki, maksudnya tetapkan keinginan Anda dengan jelas dan spesifik.
  2. Mengevaluasi, maksudnya tetapkan imbalan apa yang akan Anda berikan jika Anda mampu meraihnya.
  3. Menggariskan, maksudnya tetapkan waktu Anda yang  akan meraih impian tersebut.
  4. mencermati, maksudnya membuat program atau rencana kecil untuk meraih impian tersebut.
  5. Mengulangi, maksudnya mengubah rencana tersebut menjadi tindakan yang dilakukan seTiap hari.

Formula ini juga harus diringi dengan kebiasaan untuk mengembangkan diri di setiap harinya.

Anda harus meluangkan waktu Anda sekitar 15-20 menit setiap hari untuk mengembangkan diri seperti dengan membaca buku, mendengarkan podcast dan lain-lain. Kebiasaan ini akan membantu Anda agar tetap konsisten dalam mencapai tujuan Anda.

Empat langkah dalam meraih sesuatu: Menyusun rencana dengan sebuah tujuan, mempersiapkannya dalam doa, maju dengan sikap positif, dan mengejarnya dengan gigih.” ~ William A. Ward  

  1. Untuk memulai Sikap Mental Positif (SMP), Anda perlu menguasai dan mengendalikan pikiran Anda, karena segala sesuatu bermula dari pikiran.
  2. Salah satu cara untuk menghindarkan diri Anda dari hal negatif adalah dengan menganalisis pikiran, tindakan dan reaksi Anda secara sadar, lalu membuang pikiran negatif itu jauh-jauh.
  3. Sikap positif dapat dimulai dari perasaan yang positif, sementara toleransi dapat dimulai dengan cara menerima orang lain apa adanya dan tidak memaksakan mereka menjadi seperti yang Anda inginkan.
  4. Anda perlu mempelajari teknik stimulasi diri yang terdiri dari teknik sugesti, swasugesti dan autosugesti untuk mengendalikan pikiran agar selalu berpikir positif.
  5. Salah satu cara efektif untuk meraih tujuan Anda adalah dengan menerapkan teknik HASRAT (menghendaki, mengevaluasi, menggariskan, mencermati, mengulangi, dan setiap hari).

Sumber : Pimtar

Yuk bagikan di sosmed sahabat, sebagai sedekah ilmu dan informasi… Terima kasih 


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

BUKU TES SEKOLAH KEDINASAN TNI POLRI CPNS 2024
Hello. Add your message here.