The 5 AM Club : Miliki Pagi, Tingkatkan Hidup Anda

Yuk bagikan infonya...

(eatthis.com)

The 5 AM Club merupakan sebuah buku yang menjelaskan pentingnya memulai aktivitas Anda sejak jam 5 pagi dan memanfaatkan waktu pagi Anda sebaik mungkin. Di dalam buku ini Anda akan mempelajari formula dan cara memaksimalkan waktu pagi Anda sebaik mungkin untuk hidup yang lebih sukses, bahagia dan bermakna seperti para legenda di bidangnya.

Siapa Penulis Buku Ini?

Robin Sharma merupakan seorang penulis buku best seller, pembicara terkemuka, ahli kepemimpinan dan pendiri perusahaan nirlaba yang membantu anak-anak kurang mampu memperoleh kehidupan yang lebih baik.

Ia sudah menulis banyak buku laris yang telah diterjemahkan ke dalam 92 bahasa. Beberapa bukunya antara lain The Monk Who Sold His FerrariThe Greatness Guide, dan The Leader Who Had No Title. 

(Google.com)

Untuk Siapa Buku Ini?

  1. Para pengusaha dan pebisnis yang ingin sukses dalam bisnisnya.
  2. Para seniman, artis dan pekerja kreatif yang ingin sukses dalam berkarya.
  3. Setiap orang yang ingin hidupnya lebih sukses, lebih bahagia dan lebih bermakna.

Rutinitas pagi untuk menjalani kehidupan yang luar biasa

Tokoh-tokoh sukses di dunia memiliki kebiasaan berbeda dengan orang rata-rata. Salah satu kebiasaan tersebut adalah memulai aktivitas sejak dini hari pukul 5 pagi dan memaksimalkannya.

Waktu pagi merupakan waktu paling potensial dari satu hari Anda. Memulai, mengisi dan membiasakan waktu pagi Anda dengan kebiasaan yang dilakukan para legenda akan menjadikan hidup Anda lebih sukses, lebih bahagia dan lebih bermakna.

Dalam rangkuman buku ini, Anda akan mempelajari beberapa formula dan kebiasaan yang harus Anda jalani di waktu pagi untuk memunculkan potensi terbaik dari diri Anda.

Hal-hal menarik yang akan Anda pelajari antara lain:

  • Kenapa harus memulai aktivitas di waktu pagi;
  • Bagaimana cara melatih ketelitian dan kedalaman dalam bidang Anda;
  • Bagaimana cara melatih kebiasaan baru;
  • Apa yang dimaksud dengan formula 20/20/20; dan
  • Bagaimana cara menerapkan taktik Kegeniusan Abadi.

Sadarilah, bahwa Anda ada di dunia ini untuk melakukan hal-hal besar, menghasilkan karya monumental, menjadi pengusaha yang sukses, dan pemimpin yang hebat.

Setiap orang memiliki panggilan hidupnya masing-masing dan memiliki potensi besar untuk menjadi yang terbaik di bidangnya. Sayangnya, tidak banyak orang yang mampu meraihnya karena terperangkap oleh rasa takut dan rasa ragu dalam prosesnya.

Mereka merasa berada di jalan yang salah ketika mereka mulai ditimpa masalah. Padahal, perubahan itu memang sedikit menyakitkan dan membuat Anda tidak nyaman.

Beberapa orang ada yang terjebak dengan kondisi saat ini. Kondisi ketika mereka berada di bawah, ketika mereka mengalami kegagalan. Mereka tidak lagi memiliki keyakinan bahwa mereka masih memiliki masa depan yang cerah jika mereka berusaha dan mengubah kebiasaannya.

Potensi Anda yang luar biasa juga terhambat akibat kecanduan akut akan dunia digital. Anda disibukkan oleh hal-hal yang remeh dan tidak terlalu bermanfaat di setiap harinya seperti mengecek email, bermain game, membalas chatingan di sosial media dan lain-lain.

Kebiasaan itu hanya akan mengalihkan Anda dari tujuan besar hidup Anda, yakni hanya akan menjadikan Anda manusia rata-rata.

Untuk menjadi sukses dalam kehidupan personal dan profesional, Anda perlu menerapkan kebiasaan-kebiasaan produktif sebagaimana yang dilakukan para legenda d bidangnya.

Kesuksesan bukanlah warisan atau pemberian, melainkan hasil dari kebiasaan positif dan produktif.

Kebiasaan produktif ini dimulai di pagi hari, jam 5 pagi. Hidup Anda dalam satu hari ditentukan oleh cara Anda memulai dan mengisi waktu pagi Anda.

Pagi hari adalah waktu di saat Anda berada dalam potensi terbaik dari diri Anda. Ketika Anda dapat memanfaatkan waktu pagi Anda dengan sebaik-baiknya, Anda akan mampu mengubah hidup Anda seperti para legenda.

Rutinitas pagi merupakan kunci dari semua aktivitas Anda. Memulai aktivitas di pagi hari dengan kegiatan yang produktif akan mempengaruhi keseluruhan hari Anda. Hidup Anda akan menjadi lebih sehat, lebih bahagia dan lebih bijaksana jika Anda tahu cara memanfaatkan waktu pagi Anda.

Jangan hidup seolah-olah Anda bakal hidup seribu tahun lagi. Kematian mengintai Anda. Selagi Anda masih hidup, mumpung Anda masih ada di muka bumi ini, berjuanglah untuk menjadi orang hebat sejati.” ~ Marcus Aurelius

Orang yang ahli di bidangnya memiliki tingkat ketelitian yang tinggi terhadap pekerjaannya. Mereka menguasai bidang mereka secara mendalam. Buah dari latihan yang berkelanjutan dan dalam waktu yang tidak singkat.

Mereka tidak mengerjakan pekerjaan mereka secara asal-asalan seperti orang rata-rata kebanyakan. Mereka fokus mengerjakan sedikit pekerjaan secara detail dengan hasil yang sangat memuaskan.

Untuk menjadi seorang ahli, Anda harus memiliki kesadaran diri terlebih dahulu. Kesadaran akan potensi yang Anda miliki dan juga kesadaran akan adanya peluang. Hal ini akan mendorong Anda untuk terus belajar dan bertumbuh.

Ketika Anda belajar dan bertumbuh, Anda dapat menentukan berbagai pilihan terbaik secara otomatis ketika Anda menerapkannya.

Pilihan yang baik akan berdampak pada hasil yang jauh lebih baik yang ditandai dengan peningkatan pendapatan dan pengaruh Anda dalam kehidupan pribadi dan profesional.

Ada empat fokus pembuat sejarah yang perlu Anda terapkan. Fokus pertama adalah penggunaan modal IQ. Hal ini berkaitan dengan potensi diri yang Anda wujudkan dan manfaatkan sebagai modal.

Yakinlah, bahwa kesuksesan tidak tergantung dengan bakat bawaan lahir, melainkan konsistensi Anda dalam mengembangkan potensi yang Anda miliki, sekecil apapun itu. Waktu pagi merupakan waktu paling tepat untuk mengembangkan segenap potensi Anda.

Fokus kedua adalah membebaskan diri dari pengalih perhatian. Pengalih perhatian adalah pencuri kreativitas dan produktivitas. Salah satu pengalih perhatian terbesar Anda adalah gawai dan dunia digital.

Waktu pagi merupakan waktu dimana pengalih perhatian paling sedikit. Ketentraman, kesunyian dan kedamaian di waktu pagi akan membantu Anda untuk kembali fokus untuk mengembangkan potensi besar Anda.

Fokus selanjutnya adalah mengasah keahlian pribadi Anda. Untuk menjadi ahli di bidang tertentu, Anda membutuhkan waktu latihan yang banyak. Manfaatkan satu jam dari waktu pagi Anda untuk meningkatkan keahlian Anda tersebut.

Fokus terakhir adalah konsistensi. Latihlah diri Anda untuk selalu bangun pukul 5 pagi dan manfaatkan waktu pagi Anda sebaik-baiknya.

Aktivitas Anda di waktu pagi akan mempengaruhi satu hari Anda. Ketika Anda melakukannya setiap hari, dampaknya akan terasa pada minggu, bulan bahkan tahunan.

Tantangan terbesar dalam menjalankan rutinitas pagi adalah konsistensi. Memulai sebuah kebiasaan baru memang tidaklah mudah. Anda membutuhkan kendali, keyakinan dan disiplin diri yang tinggi.

Untuk tetap konsisten Anda membutuhkan tekad yang kuat. Oleh karena itu, hanya orang-orang sukses yang dapat melakukannya.

Mereka tetap berjuang meski berada dalam kesusahan dan kesakitan. Mereka bahkan tetap melakukan kebiasaan baru itu meski mereka sama sekali tidak menyukai apa yang dilakukannya.

Itulah yang dinamakan konsistensi. Hal yang sulit dilakukan oleh manusia rata-rata.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan agar Anda memiliki konsistensi dalam menjalankan kebiasaan pagi Anda. Sebuah rutinitas terbentuk dari proses ini.

Pertama, temukanlah pemicu atas kebiasaan baru yang ingin Anda bentuk tersebut. Dalam hal bangun pagi misalnya, jam weker dapat dijadikan sebagai pemicu untuk memulai kebiasaan bangun pagi Anda.

Kedua, ketika jam weker Anda mulai berbunyi, bangun dan berdirilah langsung sebelum otak primitif Anda mengeluarkan berbagai alasan meyakinkan agar Anda tetap berada di atas kasur. Ritual ini sangat penting agar otak Anda mulai membuat pola yang baru terhadap kebiasaan baru.

Hal yang ketiga adalah memberikan imbalan tertentu pada diri Anda jika Anda berhasil melakukan kebiasan baru ini. Imbalan ini dapat ditentukan sebelum Anda memulai kebiasaan baru.

Salah satu contoh imbalan misalnya dengan membeli makanan yang Anda suka, jalan-jalan dan lain-lain.

Terakhir, lakukanlah pola ini secara terus menerus selama 66 hari. 22 hari pertama merupakan masa penghancuran, masa dimana Anda membunuh kebiasaan lama dan menggantinya dengan  kebiasaan baru. Masa ini merupakan masa yang paling berat dan sulit.

22 hari berikutnya adalah masa penerapan, masa dimana terjadi kekacauan. Pada siklus ini Anda akan bingung, frustrasi dan rasanya ingin berhenti untuk menerapkan kebiasaan baru tersebut.

Ketika Anda berhasil melewati fase kedua, Anda masuk dalam masa 22 hari terakhir yaitu masa integrasi. Masa dimana kebiasaan Anda sudah terintegrasi dan sudah menjadi sifat kedua Anda.

Perbaikan kecil, setiap hari, yang tampaknya tidak signifikan, ketika dilakukan secara konsisten sepanjang waktu, membuahkan hasil yang mengejutkan.“ ~ Robin Sharma  

Rutinitas bangun pukul 5 pagi saja tidaklah cukup untuk menjadikan Anda sukses dalam kehidupan personal dan profesional.

Anda perlu menerapkan formula 20/20/20 untuk mengisi waktu pagi Anda yang berharga dengan rutinitas luar biasa seperti yang dilakukan para legenda.

Formula 20/20/20 merupakan pembagian aktivitas selama 1 jam di waktu pagi Anda setelah bangun pagi pukul 5.

Formula ini membagi rutinitas pagi Anda dalam tiga bagian:

  • 20 menit pertama untuk berolahraga.
  • 20 menit kedua untuk merenung.
  • 20 menit terakhir untuk belajar.

Pada 20 menit pertama yaitu pukul 05.00-05.20 isilah pagi Anda dengan melakukan kegiatan fisik yang mampu menghasilkan keringat. Beberapa kegiatan yang dapat Anda lakukan seperti kereta statis, jumping jack, sprint atau lompat tali. Pastikan Anda berkeringat!

Kegiatan fisik 20 menit di waktu pagi ini akan menurunkan kortisol Anda- hormon ketakutan yang menghambat kegeniusan Anda. Hormon ini sangat tinggi di waktu pagi.

Selain itu, kegiatan fisik di pagi hari juga akan meningkatkan kinerja kognitif Anda. Otak Anda juga menjadi lebih sehat dan terbebas dari stres.

Pada 20 menit berikutnya yaitu pukul 05.20-05-40 isilah dengan merenung. Suasana pagi yang tenang, damai dan tentram sangat cocok digunakan untuk merenung. Waktu merenung ini gunakanlah untuk memikirkan hal-hal penting dalam hidup Anda dan cita-cita masa depan Anda.

Anda juga dapat melakukan refleksi dan evaluasi diri dengan membuat catatan harian. Dalam catatan harian ini tulislah hal-hal yang harus Anda syukuri dalam hidup Anda dan juga kesalahan-kesalahan masa lalu yang harus Anda lupakan.

Menulis dapat menjadi sarana penumpahan ekspresi dan emosi sehingga jiwa Anda terasa bebas dan lapang. Momen merenung akan membuat hidup Anda lebih bermakna dan lebih bijaksana.

Pukul 05.40-06.00 merupakan 20 menit terakhir dari waktu pagi potensial Anda. Manfaatkanlah waktu ini untuk meningkatkan keahlian pribadi dan profesional Anda.

Ada beberapa aktivitas yang dapat Anda lakukan pada sesi terakhir ini seperti membaca buku, mendengarkan podcast atau menonton video pembelajaran. Aktivitas belajar ini akan meningkatkan nilai diri Anda sehingga pendapatan dan pengaruh Anda juga semakin besar.

Anda akan sulit melakukan kebiasaan bangun pagi jika Anda telat tidur dan tidak cukup tidur. Oleh karena itu, Anda perlu membiasakan diri untuk tidur lebih awal, tidur yang cukup, dan tidur berkualitas.

Selain itu, ada sepuluh strategi penguat yang dapat mempercepat kesuksesan Anda dalam menjalankan aktivitas harian Anda yang disebut dengan Taktik Kegeniusan Abadi.

  1. Strategi pertama dari taktik ini adalah Gelembung Ketat Fokus Total. Teknik ini Anda terapkan dengan menghilangkan semua gangguan yang dapat mengganggu fokus pagi Anda terutama gangguan digital.
  2. Taktik kedua adalah Aturan 90/90/1. Dalam aturan ini, Anda menghabiskan 90 menit pertama waktu kerja Anda untuk melakukan satu kegiatan yang jika dikerjakan dengan taraf kelas dunia akan membuat Anda menjadi ahli di bidang Anda.
  3. Taktik ketiga adalah Metode 60/10. Setelah Anda menerapkan aturan 90/90/1, fokuslah mengerjakan pekerjaan Anda bekerja selama 60 menit.
  4. Setelah itu, pulihkan diri Anda selama 10 menit dengan melakukan kegiatan ringan seperti meditasi, jalan cepat, mendengarkan music penggugah semangat dan lain-lain.
  5. Taktik selanjutnya adalah Lima Konsep Harian. Dalam taktik ini, Anda perlu membuat 5 target kecil yang perlu Anda capai selama satu hari ke depan. Taktik kelima adalah Latihan Fisik Kedua yaitu berolahraga.
  6. Taktik berikutnya adalah Dua Protokol Pemijatan. Jadwalkanlah untuk melakukan pemijatan dua kali selama 90 menit sekali seminggu. Terapi ini dapat memperbaiki kinerja kognitif Anda, memperbaiki suasana hati dan mengurangi stres.
  7. Taktik ketujuh adalah Universitas Lalu Lintas. Anda banyak menghabiskan waktu Anda di jalan, baik pergi atau pun pulang kerja. Misalnya, belajar hal baru dengan cara mendengarkan podcast atau audio pembelajaran.
  8. Taktik berikutnya adalah Teknik Tim Impian. Temukanlah orang-orang terbaik yang dapat membantu Anda meningkatkan keahlian dan kemampuan Anda.
  9. Taktik kesembilan adalah Sistem Desain Mingguan. Anda perlu mengalokasikan 30 menit dari waktu Anda untuk merancang kegiatan Anda selama satu minggu ke depan. Hal ini akan membantu Anda tetap fokus dalam menghadapi hari-hari Anda.
  10. Taktik terakhir adalah Murid 60 Menit. Luangkan lah waktu Anda 60 menit setiap harinya untuk belajar agar keahlian personal dan profesional Anda semakin meningkat.
  1. Untuk memaksimalkan potensi Anda, Anda harus membiasakan diri bangun di pagi hari jam 5 pagi dan mengisinya dengan kebiasaan-kebiasaan positif dan produktif.
  2. Untuk menjadi seorang ahli, Anda harus menguasai bidang Anda secara mendalam dengan cara meyakini potensi yang Anda miliki, menjauhi gangguan, mendalami bidang Anda setiap hari dan konsisten melakukannya setiap hari.
  3. Ada 3 hal yang dapat Anda lakukan untuk membentuk kebiasaan baru yaitu pemicu, ritual, dan imbalan.
  4. Formula 20/20/20 dapat diaplikasikan dengan menghabiskan 20 menit pertama di pagi Anda untuk berolahraga, 20 menit berikutnya untuk merenung, dan 20 menit terakhir untuk meningkatkan keahlian personal dan profesional Anda.
  5. Selain formula 20/20/20, Anda juga perlu menerapkan taktik Kegeniusan Abadi untuk mempercepat kesuksesan Anda.

Sumber : Pimtar

Yuk bagikan di sosmed sahabat, sebagai sedekah ilmu dan informasi… Terima kasih 


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

PEMBIAYAAN SYARIAH JAMINAN BPKB MOBIL
Hello. Add your message here.