10 Kebiasaan yang Bisa Membuat Anda Selalu Bahagia

Yuk bagikan infonya...

Ilustrasi/Google

Bahagia secara sederhana dapat disebut sebagai kondisi kesejahteraan emosional yang dialami seseorang. Bisa berupa hal-hal baik yang terjadi atau sebagai evaluasi positif terhadap kehidupan dan pencapaian seseorang secara keseluruhan.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, fungsi kebahagiaan atau emosi positif adalah memperluas pemikiran seseorang dan membangun sumber daya seseorang.

Menurut teori tersebut, emosi positif mengarahkan orang untuk berpikir kreatif dan mencoba hal-hal baru. Hasilnya, orang yang bahagia dapat mengembangkan cara baru untuk mendekati dunia, minat baru, hubungan sosial baru, dan bahkan keterampilan fisik baru.

Beberapa penelitian memberikan bukti bahwa orang yang bahagia lebih mudah bergaul dan lebih sehat, dan dapat hidup lebih lama daripada orang yang tidak bahagia.

Baca Juga : Tabel Cicilan Pembiayaan Bank BSI 2024: KPR Syariah, OTO Syariah, KUR Syariah, Investasi Emas Syariah

BELI DI SINI

Cara untuk selalu bahagia

Berikut adalah sejumlah kebiasaan positif yang bisa Anda lakukan untuk selalu merasa bahagia:

1. Tersenyum

Dilansir dari laman Healthline, Anda cenderung tersenyum ketika Anda bahagia dan di sisi lain, tersenyum membuat otak melepaskan dopamin, yang membuat kita lebih bahagia. Meskipun tidak sepenuhnya terbukti, para peneliti telah menemukan bahwa hubungan antara senyuman dan kebahagiaan dapat dikaitkan dengan “hipotesis umpan balik wajah”. Ini menunjukkan bahwa ekspresi wajah mungkin memiliki pengaruh sederhana pada emosi.

2. Tidur yang cukup

Kebanyakan orang dewasa membutuhkan setidaknya 7 jam tidur setiap malam. Tidur yang cukup penting untuk kesehatan yang baik, fungsi otak, dan kesejahteraan emosional. Tidur berkualitas juga mengurangi risiko Anda mengembangkan penyakit kronis tertentu, seperti penyakit jantung, depresi, dan diabetes.

3. Tidak membandingkan diri dengan orang lain

Membandingkan diri dengan orang lain membuat Anda mengalami lebih banyak ketidakpuasan, harga diri rendah, atau bahkan depresi dan kecemasan. Mungkin perlu latihan untuk berhenti membandingkan diri Anda dengan orang lain, tetapi itu layak dilakukan demi mendapatkan kedamaian dan kebahagiaan batin Anda.

4. Menjelajah alam

Menghabiskan 30 menit atau lebih dalam seminggu di ruang hijau dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi kemungkinan mengembangkan depresi. Ruang hijau bisa apa saja, seperti taman, halaman belakang Anda sendiri, atau di mana saja Anda dapat menghargai dan menikmati alam maupun udara segar.

5. Bertemu teman

Manusia adalah makhluk sosial, dan memiliki hubungan sosial yang baik dapat membuat seseorang merasa bahagia. Saat dewasa, cukup sulit untuk mendapatkan teman baru. Tapi ini bukan tentang berapa banyak teman, melainkan bagaimana memiliki hubungan yang bermakna. Cobalah untuk merencanakan pertemuan bersama sahabat terbaik Anda atau terlibat dalam kelompok sukarelawan lokal.

6. Belajar bersyukur

Dilansir dari laman Prevention.com, dari sekian banyak manfaatnya, bersyukur dapat memberikan dorongan besar pada suasana hati Anda. Mempraktikkan rasa syukur dapat membuat Anda merasakan emosi yang lebih positif dan merasakan peningkatan motivasi untuk menjalani hidup dan membuat pilihan yang sehat. Cobalah untuk membuat catatan atau jurnal rasa syukur di mana Anda dapat mencatat hal-hal besar dan kecil yang Anda syukuri.

7. Ciptakan rutinitas pagi hari

Memulai rutinitas pikiran-tubuh di pagi hari dapat membantu Anda menyiapkan diri untuk sukses setiap hari dan menciptakan pola pikir yang lebih positif secara keseluruhan. Beberapa rutinitas pagi yang bisa Anda lakukan termasuk rutinitas peregangan, membaca kutipan inspiratif, dan menetapkan niat Anda untuk hari itu.

8. Buatlah daftar kegembiraan

Tidak hanaya jurnal rasa syukur, Anda juga bisa membuat membuat daftar aktivitas yang membuat Anda gembira dan berkomitmen untuk melakukan salah satu aktivitas tersebut setiap hari. Dengan memiliki daftar khusus hal-hal yang membuat bahagia, Anda akan selalu memiliki sesuatu untuk dijadikan sebagai pelengkap di hari yang buruk.

9. Lebih sering berolahraga

Rutin berolahraga tidak hanya baik untuk tubuh secara fisik, namun juga bermanfaat untuk pikiran yang sehat dan positif. Penelitian secara konsisten menunjukkan bahwa olahraga membantu meningkatkan kesehatan mental. Ia menyebabkan pelepasan endorfin yang memengaruhi suasana hati.

10. Cobalah bernapas dalam-dalam

Bernapas dalam-dalam adalah salah satu cara yang efektif untuk mengurangi stres dan memusatkan diri. Anda bisa melakukan pernapasan perut dalam untuk mengaktifkan sistem saraf parasimpatis dan sehingga tubuh mulai rileks. Penelitian mendukung fakta bahwa latihan pernapasan perlahan dan pernapasan dalam dapat membantu mengurangi stres.

Sumber : Kompas

Yuk bagikan informasinya di sosmed sahabat… terima kasih


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

PEMBIAYAAN SYARIAH JAMINAN BPKB MOBIL
Hello. Add your message here.