Bahagia itu Mudah dan Ilmiah, Cara Manusia Menggapai Kebahagiaan Hidup

Yuk bagikan infonya...

(Freepik)

“Bahagia itu mudah dan ilmiah” merupakan sebuah buku yang menjelaskan cara manusia memperoleh kebahagiaan dalam hidup. Di dalam buku ini, Anda akan mempelajari cara manusia meraih kebahagiaan yang berasal dari hasil temuan dan penelitian dari berbagai disiplin ilmu seperti psikologi, sosiologi, ekonomi, politik hingga neuro science.

Siapa Penulis Buku Ini?

Deny JA belakangan lebih dikenal sebagai konsultan politik sekaligus direktur sebuah lembaga riset. Selain itu, Denny juga merupakan aktivis “Gerakan Indonesia Tanpa Diskriminasi” yang aktif mengampanyekan isu Indonesia tanpa diskriminasi melalui berbagai media.

Baca Juga : Ringkasan 50 Buku Pengembangan Diri Terbaik  

Untuk Siapa Buku Ini?

  • Setiap orang yang ingin mencari kebahagiaan sejati;
  • Siapa pun yang ingin meraih kebahagiaan dalam hidupnya
Bahagia itu Mudah dan Ilmiah
BELI DI SINI

Cara meraih kebahagiaan berdasarkan hasil penelitian

Dalam dunia akademik, terdapat banyak teori yang dikembangkan untuk meneliti tentang ukuran kebahagiaan manusia. Riset yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kebahagiaan manusia terletak pada pola pikir dan kebiasaan yang melekat pada pribadi setiap orang. Kebiasaan dan pola pikir inilah yang harus diubah jika seseorang ingin mendapatkan kebahagiaan dalam hidupnya.

Dalam pimtar ini Anda akan mempelajari beberapa hal yang dibutuhkan untuk memperoleh kebahagiaan dalam hidup Anda.

Hal-hal menarik yang akan Anda pelajari antara lain:

  • Apa pengaruh kualitas hubungan sosial terhadap kebahagiaan;
  • Bagaimana cara menumbuhkan sikap positif;
  • Perlukah menghargai kemenangan kecil yang Anda raih; dan
  • Apa manfaat doa dan meditasi terhadap hidup Anda;

Diantara sejumlah riset yang dilakukan para ilmuwan tentang kebahagiaan manusia, salah satu penelitian yang banyak dijadikan rujukan adalah penelitian dari seorang sosiolog, Mark Granovetter.

Sosiolog ini meneliti tentang pengaruh komunitas yang ikatannya akrab (strong ties) dan komunitas yang tanpa ikatan (weak ties) bagi kebahagiaan manusia.

Emosi positif ternyata lebih besar didapatkan oleh mereka yang lebih sering berhubungan dengan golongan strong ties.

Komunitas akrab (strong ties) yang dimaksud disini adalah keluarga, sahabat, rekan kerja yang dekat dan lain-lain.

Komunikasi intensif dengan kalangan strong ties diyakini dapat memunculkan keceriaan, kepercayaan diri dan meningkatkan level kebahagiaan seseorang. Seorang individu yang masih memiliki hubungan dekat dengan keluarga diyakini dapat lebih survive dalam mengatasi masalah hidupnya dibandingkan mereka yang memiliki relasi yang renggang  dengan keluarganya.

Begitu pula mereka yang memiliki sahabat akrab. Mereka lebih mampu menyelesaikan persoalan dalam hidupnya dibandingkan mereka yang  tidak memiliki sahabat dekat.

Sebuah lembaga penelitian juga telah melakukan survey mengenai  jumlah sahabat yang dimiliki oleh individu dengan level kebahagiaan tinggi. Riset mendapatkan kisaran sahabat akrab yang dimiliki oleh seorang individu berlevel kebahagiaan tinggi berkisar 5-10 orang saja.

Jumlah sahabat memang tidak terlalu banyak karena membagi perhatian dan waktu tidak dapat dilakukan pada terlalu banyak orang. Kualitas percakapan dengan sahabat biasanya akan jauh lebih dalam dibandingkan percakapan dengan teman biasa.

Percakapan antar sahabat masuk ke dalam dimensi paling personal seperti berbagi masalah, mendapatkan dukungan dan mengatasi konflik bersama-sama.

Pada umumnya, individu yang berbahagia akan memiliki sahabat yang memiliki level kebahagiaan yang sama. Seperti halnya virus, kebahagiaan itu menular dan menyebar. Marilah berbahagia agar dunia tertular oleh kebahagiaan Anda.

“Jika engkau ingin mengubah dunia, pulanglah ke rumah dan sayangi keluargamu.” ~ Bunda Teresa

BELI DI SINI

 

Ada sebuah ungkapan bijak yang berbunyi: Pikiran adalah segalanya. Apa yang Anda pikirkan, itulah yang akan menjadi kenyataan. Setiap orang memiliki penilaian yang berbeda dalam memandang sesuatu.

Setiap individu menilai berdasarkan penglihatan dari sudut mana ia berada. Ini masalah sudut pandang.

Dalam pola pikir menuju kebahagiaan, salah satu hal yang harus Anda biasakan untuk mencapai kebahagiaan adalah sudut pandang ini. Apapun yang Anda hadapi dalam hidup, lihatlah dari sudut pandang yang akan membuat Anda bersikap positif.

Sudut pandang yang positif dalam melihat sesuatu akan memunculkan rasa optimisme, harapan dan rasa syukur.

Ada beberapa sikap positif yang dapat meningkatkan level kebahagiaan seseorang yaitu:

  • Menumbuhkan kebiasaan memberi
  • Bersyukur
  • Optimis dan baik dalam bersosialisasi

Jika Anda dapat memandang segala sesuatu dengan kacamata positif, niscaya Anda telah menjadi individu dengan level kebahagiaan tertentu. Jangan pernah mengkhawatirkan usia Anda. Semakin bertambah usia Anda, semakin terlihatlah upaya Anda untuk menjadi orang yang bahagia.

Hidup Anda juga akan menjadi lebih indah jika ada sesuatu yang bisa Anda lakukan dengan sepenuh hati. Anda akan merasa fokus dan bahagia dalam melakukannya. Bukan karena hal tersebut mudah dilakukan namun karena Anda sangat menyukainya.

Dalam sejarah, terdatat sejumlah manusia yang memilih untuk meninggalkan kemapanan demi mencapai sesuatu yang ia inginkan sepenuh hatinya.

Dalam kisah sang nabi, Kahlil Gibran menuturkan sebuah nasihat indah: “Jangan biarkan hidupmu berjalan seperti dunia tanpa musim. Kau bisa tertawa namun tak seluruh gelak tawamu. Kau bisa menangis, namun tak seluruh air matamu”.

James White adalah seorang guru olahraga di sebuah kota kecil di Amerika Serikat,  McFarland. McFarland bukanlah kota yang menyenangkan.

Kemiskinan yang menjerat, tidak hanya membuat wajah kota itu terlihat muram namun juga menenggelamkan pergaulan dan mental anak-anak sekolah di kota itu.

White menjadi seorang guru di tengah kota, dimana seluruh siswa di kota tersebut tidak ada yang memiliki potensi dan motivasi untuk maju.

Situasi berubah saat White menemukan fakta bahwa ada banyak remaja pekerja yang setiap harinya pontang panting berlarian bolak balik antara rumah-sekolah dan perkebunan tempat mereka bekerja. Mereka harus berlari untuk mengejar waktu yang terbatas akibat ketiadaan alat transportasi.

Disitulah James melihat sebuah peluang untuk maju. Ia berinisiatif  membentuk tim lari untuk diikutkan dalam kejuaraan tingkat negara bagian. Dalam waktu singkat, McFarland menjadi tim lari yang tak bisa dikalahkan.

Negara bagian California memberikan penghargaan pada tim McFarland sebagai juara lari tingkat negara bagian sebanyak sembilan kali berturut-turut.

Inilah awal James White mengubah kota muram itu menjadi kota kemenangan. Kota yang sebelumnya terlihat sekarat dan kehabisan nafas, kini mulai kembali berdenyut dan memiliki gairah untuk hidup.

Meskipun pada prinsipnya, kemenangan lomba bukanlah segalanya. Yang lebih utama adalah terbangunnya semangat dan mental baru di kalangan penduduk kota. Warga kota merasa memiliki semangat untuk melanjutkan hidup. Ada sesuatu yang perlu dicapai dan sesuatu itu dapat dibanggakan.

Dalam hidup, sejumlah kemenangan kecil menjadi pemicu kebahagiaan dalam diri kita. Jangan terlalu serius dalam menentukan ukuran kemenangan karena setiap orang memiliki pencapaian yang subjektif dan tidak sama.

Yang justru lebih penting adalah keseriusan kita dalam mencapai perasaan menang.

Untuk membiasakan sikap “merasa menang” dalam mencapai kebahagiaan, Anda dapat menerapkannya dalam perilaku sederhana. Misalkan saja, Anda merasa menang manakala Anda berhasil menaklukkan ketakutan terhadap sesuatu atau kemenangan kecil yang Anda dapatkan ketika Anda dapat membantu kesulitan tetangga dll.

Hidup memiliki begitu banyak warna dan peristiwa. Jangan biarkan hidup Anda berjalan dengan datar saja hanya diisi dengan sekolah, bekerja, makan, tidur dan berteman.

Pilihlah sebuah gagasan yang sesuai dengan value Anda. Bergabunglah bersama orang lain, berjuanglah untuk menyebarkan dan memenangkan value dan gagasan yang Anda cita-citakan.

Mungkin perjuangan kita memiliki dampak, mungkin juga tidak. Kita tak akan pernah tahu hasilnya. Namun memperjuangkan sesuatu –sekecil apapun itu—akan membuat Anda menjadi lebih bermakna dalam hidup. Pada saat itulah Anda dapat merasakan sebuah kemenangan.

BELI DI SINI

Berdoa adalah sebuah jembatan yang mampu menghubungkan dunia nyata dengan dunia spiritual yang tak kasat mata. Doa juga mampu membawa kita ke dalam situasi yang begitu indah, melampaui dunia material sekitar kita.

Banyak manusia yang kini mulai jenuh dan lelah dengan segala gemerlap kehidupan materi duniawi.

Mereka dapat dengan mudah mencapai  titik pencapaian tertentu dalam hidup mereka. Namun pencapaian itu sama sekali tidak mendatangkan kebahagiaan.

Mereka hanya mencapai pleasant happiness, sebuah kesenangan yang dirasakan karena hidup begitu mudah untuk mereka jalani. Namun, lebih dari itu kita membutuhkan  meaningfull happiness.

Sebuah kebahagiaan yang bermakna, dalam dan indah. Sebuah kebahagiaan yang didapatkan dengan perjuangan yang tidak mudah. Namun dibalik perjuangan itulah, terdapat keindahan yang tak mampu diwakili oleh kata-kata.

Di dunia barat kini berkembang metode meditasi. Sebuah ritual spiritual yang akan membawa pelakunya pada titik ketenangan dan kedamaian.

Riset juga telah membuktikan, bahwa mereka yang lebih sering berdoa atau bermeditasi memiliki level kebahagiaan yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak berdoa.

“Aku percaya pada doa. Berdoa adalah cara terbaik untuk menarik kekuatan dari surga.” ~ Josephine Baker 

  • Perbaiki kualitas hubungan Anda dengan orang-orang terdekat seperti keluarga, sahabat dan rekan kerja karena kualitas hubungan  tersebut berpengaruh terhadap kebahagiaan hidup Anda.
  • Biasakanlah diri Anda untuk selalu bersikap dan bertindak positif seperti suka memberi, senantiasa bersyukur dan selalu optimis.
  • Hargailah kemenangan-kemenangan kecil yang Anda raih karena kemenangan kecil itu merupakan salah satu pemicu kebahagiaan.
  • Berdoa dan bermeditasi dapat membawa Anda kepada level kebahagiaan yang lebih tinggi karena berdoa dan bermeditasi membuat diri Anda lebih tenang dan lebih damai.

Sumber : Pimtar

Yuk bagikan di sosmed sahabat… terima kasih 


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

11 HP VIVO TERMURAH MULAI RP 1 JUTA
Hello. Add your message here.