7 Ajaran Jepang 日本 Untuk Hancurkan Rasa Malas 

Yuk bagikan infonya...

7 AJARAN JEPANG 日本 UNTUK HANCURKAN RASA MALAS  

1. IKIGAI    

Miliki tujuan dalam hidup. Apa alasan kamu bangun setiap harinya? Kerjakan yang kamu cintai; Kerjakan apa yang kamu mahir dan menguasai hal tersebut; Kerjakan sesuatu yang mendapatkan hasil (uang).

Baca Juga : IKIGAI 生き甲斐 Rahasia Hidup Bahagia dan Panjang Umur Orang Jepang

2. KAIZEN 

Fokus pada pertumbuhan kecil setiap harinya. Kamu hanya butuh 1% lebih baik dari dirimu yang kemarin, 1% akan berubah menjadi 100% lebih baik dalam waktu 3 bulan.

Baca Juga : KAIZEN 改善 Prinsip Orang Jepang Untuk Perbaikan Berkesinambungan

3. HARA HACHI BU 

Makanlah sampai kamu 80% kenyang, jangan terlalu kenyang. Dari awal, ambil nasi sedikit saja yang tidak akan membuat perutmu terlalu penuh, jika kurang, tambah saja. Makan yang terlalu banyak membuat rasa malas meningkat drastis.

Baca Juga : HARA HACHI BU 腹八分目 Pola Diet Jepang yang Bikin Panjang Umur dan Langsing 

4. SHOSHIN   

Dalam hal apapun, jangan terburu-buru. Jika kita terburu-buru, pikiran kita tidak konsentrasi, mau yang ini dan mau yang itu juga. Namun jika kita tenang, pikiran kita akan tajam dan apa yang kita kerjakan dapat selesai dengan sempurna.

Baca Juga : SHOSHIN 初心 Berfikir, Belajar dan Bekerja Seperti Pemula

5. GANBARU   

Kesabaran sangat dibutuhkan dalam hidup. Cukup lakukan saja yang terbaik setiap harinya. Masalah hasil, itu urusan belakangan, yang penting kamu sudah melakukan dan memberikan yang terbaik.

Baca Juga : GANBARU 頑張る Prinsip Hidup Pantang Menyerah Orang Jepang

6. WABI-SABI 

Daripada hanya berpikir kesempurnaan, coba kamu temukan keindahan dari ketidaksempurnaan dirimu sendiri. Semua manusia berbeda dan tidak ada yang sempurna. Coba pikirkan apa keindahan dari ketidaksempurnaan dirimu itu.

Baca Juga : WABI SABI 侘寂 Seni Menemukan Keindahan dalam Ketidaksempurnaan

7. SHINRIN-YOKU 

Dalam bahasa Jepang, SHINRIN artinya “hutan” dan YOKU artinya “BERSIH”. Berilah dirimu sentuhan alam untuk menghindari rasa malas. Daripada hanya scrolling media sosial, sentuhlah dirimu dengan angin hujan, sinar matahari dan alam yang lainnya.

Baca Juga : SHINRIN-YOKU 森林浴 Meditasi di Hutan Ala Penduduk Jepang 

Yuk bagikan inspirasinya di sosmed sahabat… terima kasih


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

PEMBIAYAAN SYARIAH JAMINAN BPKB MOBIL
Hello. Add your message here.