6 Tips Membangun Teamwork Yang Kuat!

Yuk bagikan infonya...

Ilustrasi / glints.com

Teamwork atau kerjasama tim merupakan suatu hal yang harus dimiliki oleh setiap tim dalam sebuah perusahaan. Karena dengan tim dengan teamwork yang solid akan menjadi kunci apakah sebuah organisasi atau perusahaan dapat berkembang atau tidak.

Jika tim kerja dalam perusahaan kurang maksimal dan tidak bisa bekerja sama, maka perkembangan bisnis akan terhambat dan mengalami banyak kendala. Oleh karena itu, menjaga kolaborasi tim dan membangun tim yang solid menjadi penting bagi sebuah perusahaan.

Membangun Teamwork yang Solid

Ada banyak faktor yang diperlukan untuk membangun teamwork yang baik dan solid. Karena di dalam sebuah tim terdapat sekian banyak anggota dengan isi kepala yang berbeda-beda. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk membangun team work yang solid di dalam perusahaan.

1. Memahami Tujuan Tim

Agar teamwork semakin solid maka yang pertama dapat dilakukan adalah memahami apa tujuan dan misi dari tim yang ingin dicapai. Seluruh anggota tim harus benar-benar memahami dan berkomitmen untuk memenuhi goal tersebut. Pastinya perusahaan akan menjelaskan harapan apa yang mereka miliki terhadap tim yang dibentuk. Dan kejelasan ini diperlukan agar seluruh anggota tim memiliki ekspektasi yang jelas mengenai goal, tanggung jawab, kerja dan hasil kerja.

2. Lingkungan Kerja yang Kondusif

Membentuk teamwork yang solid dapat dimulai dengan menciptakan sebuah lingkungan yang kondusif dan nyaman bagi setiap anggota dalam tim tersebut. Lingkungan yang kondusif tersebut dapat mendorong kepercayaan antar anggota, serta dapat membuat anggota tim tidak takut untuk mengemukakan pendapatnya. Dengan begitu anggota akan merasa dihargai pendapatnya dan merasa aman jika memiliki pendapat yang berbeda. Tanpa adanya lingkungan yang kondusif ini maka akan susah membangun kepercayaan dalam tim.

3. Komunikasi yang Terbuka

Dalam membangun tim yang solid diperlukannya sebuah komunikasi yang baik antar anggotanya. Setiap anggota tim harus bisa berkomunikasi secara terbuka dan jujur, dengan tetap menghormati orang lain. Dengan begitu setiap anggota tim akan merasa didengarkan dan dimengerti.

4. Rasa Memiliki yang Tinggi

Rasa memiliki yang baik haruslah dimiliki oleh seluruh anggota dalam tim. Karena rasa memiliki ini sangat penting agar setiap anggota sadar bahwa ia bekerja sama dengan anggota lainnya yang memiliki tujuan yang sama.  Untuk membangun rasa memiliki yang kuat dapat dilakukan dengan cara membangun hubungan yang baik antar anggotanya. Dengan demikian setiap anggota akan memiliki ikatan batin yang kuat terhadap norma yang ada di dalam tim.

5. Menghargai Perbedaan

Setiap individu yang dalam dalam sebuah tim pasti memiliki pengetahuan, sudut pandang, pengalaman, dan opini yang berbeda-beda. Setiap sudut pandang, pengalaman, pengetahuan dan pendapat dari masing-masing anggota tim haruslah dihargai. Dengan menghargai segala perbedaan yang ada, maka nantinya dapat meraih keberhasilan dalam tim.

6. Melakukan Evaluasi Berkala

Evaluasi secara berkala dalam sebuah tim itu sangat diperlukan dalam meningkatkan proses, cara kerja dan interaksi anggota tim. Bagi sebuah tim yang ingin berkembang dan bergerak maju, maka tim tersebut harus bisa menganalisis apa saja hal yang menghalangi kinerja dan strategi yang selama ini dilakukan. Tim harus mengadakan rapat secara rutin untuk terus melakukan assessment pada proses dan kinerja tim dalam mencapai tujuan bersama.

Sumber : Smartpresence


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

Kinaya Residence Andara 900 Meter Dari Pintu Tol
Hello. Add your message here.