Mau Bahagia? Jauhi 5 Kebiasaan Ini 

Yuk bagikan infonya...

Ilustrasi/Google

Setiap orang tentu ingin memiliki hidup yang bahagia. Dan kebahagiaan bukan cuma soal naik gaji, promosi jabatan, atau memiliki rumah dan mobil baru. Faktanya, kebahagiaan kecil bisa diraih lewat hal-hal sederhana, seperti punya waktu bersantai dengan keluarga setiap akhir pekan atau bisa tidur cukup setiap malam di kasur yang empuk.

Pada dasarnya, kebahagiaan adalah salah satu emosi yang berevolusi dari psikologi manusia. Jika Anda memahami akar evolusinya, maka bukan tidak mungkin dapat lebih mudah menemukan kebahagiaan di dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut adalah kebiasaan yang harus dihindari agar tetap bisa bahagia:

1. Sering Overthinking

Kebiasaan overthinking atau terlalu memikirkan sesuatu secara berlebihan hanya akan membuat seseorang semakin jauh dari kebahagiaan. Buanglah kekhawatiran yang berlebihan, baik itu karena terlalu memikirkan omongan orang lain, terus mengingat hal buruk di masa lalu, atau mengkhawatirkan masa depan. Jauhi tuntutan untuk menjadi sempurna, dan sibukkan diri dengan kegiatan yang positif.

2. Tidak Mau Menerima Perubahan

Seseorang yang tidak mau menerima perubahan maka ia akan sulit untuk berkembang. Ia merasa begitu nyaman dengan zona amannya. Takut dengan tantangan ke depan dan tidak mau mengambil resiko.

Padahal perubahan merupakan hal yang tidak bisa dihindari dalam hidup. Menutup diri dan tidak mau menerima perubahan hanya akan membuat seseorang menjadi tidak bahagia. Jika selama ini Anda masih takut menerima perubahan dalam hidupmu, maka Anda tidak akan pernah maju. Karena itu, mulailah untuk menerima perubahan yang ada.

3. Sering Mengeluh

Selama masih hidup di dunia ini, tentu akan ada berbagai masalah yang terus dihadapi. Sebagai manusia biasa, mungkin Anda akan mengeluh dengan permasalahan yang ada. Akan tetapi jika Anda sering mengeluh, bahkan terhadap masalah kecil sekali pun, maka Anda akan sulit untuk bahagia.

Ketika Anda sedang dihadapi masalah, fokuslah pada solusinya. Bukan dengan asik memikirkan masalah yang ada, yang dimana hal tersebut hanya akan membuat susah sendiri dan mudah mengeluh.

4. Selalu Iri dengan Kehidupan Orang Lain

Salah satu kebiasaan yang membuat tidak bahagia adalah sifat iri terhadap kehidupan orang lain. Memandang bahwa kehidupan orang lain selalu penuh kebahagiaan dibandingkan kehidupan diri sendiri.

Sifat iri bisa membuat seseorang menjadi kurang bersyukur terhadap nikmat yang telah ia miliki. Karena itu, fokuslah terhadap apa telah Anda miliki. Semakin Anda bersyukur, semakin Anda bahagia.

5. Sering Menunda Sesuatu

Sering dianggap sepele, namun kebiasaan sering menunda sesuatu juga bisa ikut menunda kebahagiaan. Entah itu menunda pekerjaan, membereskan rumah, menunda mandi atau menunda hal-hal penting lainnya meski terlihat sederhana.

Dengan bersegera melakukan sesuatu tersebut dan tidak menundanya, itu artinya Anda sudah membebaskan diri dari tekanan atau beban. Jadi, Anda akan lebih rileks dan tenang setelah melakukan itu semua.

Penulis : Linda Hasibuan (CNBC Indonesia)


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

Kinaya Residence Andara 900 Meter Dari Pintu Tol
Hello. Add your message here.