5 Cara Meningkatkan Rasa Bahagia dengan Hidup Sederhana

Yuk bagikan infonya...

Ayana Moon / Ilustrasi

Kita bebas menentukan pilihan ingin hidup seperti apa. Ada banyak jenis gaya hidup yang bisa kita pilih sesuai keinginan dan kebutuhan. Sebab tiap orang pasti punya preferensi masing-masing dan tujuan hidup yang ingin diraih sendiri.

Kali ini kita akan membahas soal gaya hidup sederhana dan kaitannya dengan meraih kebahagiaan. Kita bisa meraih hidup yang lebih bahagia dengan gaya hidup sederhana. Bagaimana caranya? Bisa dimulai dari sejumlah strategi sederhana berikut ini.

1. Memperbanyak Rasa Syukur

Makin banyak bersyukur, makin banyak kebahagiaan yang bisa kita peroleh. Mengutip buku Happiness Inside, sewaktu kita bersyukur, ada sesuatu yang bertumbuh dalam hati kita, dan inilah yang membuat kita berbahagia. Dengan gaya hidup sederhana, kita bisa lebih peka dengan berbagai hal kecil yang ada di sekitar kita dan membuat kita lebih mudah mengapresiasinya dengan cara kita sendiri.

2. Meningkatkan Ketertarikan pada Diri Sendiri

Gaya hidup sederhana bisa kita maknai dengan hidup lebih nyaman sebagai diri sendiri. Mengutip buku How to Respect Myself, orang-orang dengan harga diri rendah acapkali hanya membciarakan tentang orang lain. Ketika kita sibuk pada apa yang dipikirkan orang lain setelah menyadari tatapan mereka kepada kita, rasa cinta terhadap diri sendiri yang seharusnya dipedulikan akan menurun. Saat kita mulai menyederhanakan sejumlah aspek dalam hidup kita, kita bisa meningkatkan ketertarikan kepada diri sendiri dalam arti makin menyadari pentingnya merawat diri dengan lebih baik. Mampu merawat diri dengan baik dan menghadirkan rasa nyaman di hati bisa tingkatkan kebahagiaan di dalam hati.

3. Berbelanja Sesuai Kebutuhan

Membedakan kebutuhan dan keinginan bisa cukup sulit. Saat kita memilih gaya hidup yang lebih sederhana, kita akan lebih memprioritaskan anggaran untuk membeli hal-hal yang memang kita butuhkan. Cara ini bisa membuat kita lebih leluasa dan tenang dalam menjalani hidup sebab kita tak terobsesi dengan memiliki semua hal yang kita lihat.

4. Memperkaya Pengalaman

Hidup sederhana tak semestinya membatasi diri. Justru dengan gaya hidup sederhana, kita bisa lebih terbuka untuk mencoba hal-hal baru. Alih-alih terikat pada objek atau benda semata, kita bisa lebih fokus untuk memperkaya jiwa kita dengan ragam pengalaman baru. Setiap pengalaman baru yang kita peroleh bakal membuat kita jadi lebih menikmati hidup dan makin bahagia.

5. Lebih Sering Tersenyum

Saat kita bisa tersenyum setiap hari, maka itu akan memudahkan kita untuk bahagia. Sebab kita membuka diri terhadap apa pun hal yang akan terjadi pada hari yang akan kita jalani, dan tidak gampang tertekan ketika ada hal yang terjadi di luar rencana atau dugaan kita. Bahkan tersenyum merupakan salah satu cara paling sederhana untuk membuat kita lebih bahagia.

Semoga apa pun pilihan dan gaya hidup yang kamu jalani saat ini bisa mendatangkan rasa nyaman dan bahagia di dalam diri, ya. Terima kasih sudah melakukan semua yang terbaik dalam hidup.

Penulis : Endah Wijayanti (Fimela)


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

Kinaya Residence Andara 900 Meter Dari Pintu Tol
Hello. Add your message here.