Your Network Is Your Net Worth : Membuka Kekuatan Tersembunyi dari Suatu Koneksi untuk Meraih Kesuksesan di Era Digital

Yuk bagikan infonya...

(Google)

Your Network is Your Net Worth (2013) mengungkapkan tentang strategi inovatif dalam membangun network. Buku ini memberikan panduan yang mengajarkan Anda untuk menjadi kaya dalam hubungan dan koneksi, sehingga secara autentik Anda dapat membangun koneksi yang kuat menuju kesuksesan Anda.

Siapa penulis buku ini?

Porter Gale adalah public speaker internasional, networker, dan entrepreneur dengan lebih dari 20 tahun pengalaman di bidang marketing, advertising, serta independent filmmaking. Ia pernah menjadi Vice President of Marketing di Virgin America.

Ia pernah meraih Changing the Game Award dari The Advertising Women of New York (AWNY), dan ia dijuluki sebagai Digital Passionista oleh The Huffington Post.

Untuk siapa buku ini?

  • Siapapun yang menghadapi transisi dalam karier, tahapan hidup yang baru, atau sedang mengerjakan passion dan projeknya.
  • Siapa saja yang ingin menyadari pentingnya berinvestasi dalam hubungan, dan tidak sekedar uang.

Berinvestasilah pada hubungan, koneksi dan networking

Untuk menemukan fokus, kesuksesan, dan kebahagiaan, Anda memerlukan kemampuan networking dalam meraih pekerjaan baru atau pengembangan karier Anda. Selain itu, Anda perlu menciptakan hubungan serta koneksi yang autentik, memikat, dan bertahan lama.

Dalam buku ini Anda akan memahami bagaimana membangun sikap transformasional, membangun tim yang berbasis values, dan menumbuhkan kreativitas. Sehingga berinvestasi pada hubungan, koneksi, serta networking sangat diperlukan untuk mencapai tujuan Anda.

Di dalam Pimtar ini, Anda akan memahami betapa suatu hubungan dan koneksi merupakan rahasia untuk menuju kesuksesan besar.

Beberapa insight menarik yang Anda pelajari dari buku ini antara lain:

  • mengapa Anda harus berinvestasi pada hubungan dan koneksi;
  • bagaimana membangun sikap transformasional;
  • apa saja yang diperlukan untuk membangun value-based team;
  • bagaimana menumbuhkan kreativitas Anda; dan
  • mengapa perlu menemukan kekuatan tersembunyi dari koneksi yang Anda miliki.

Mungkin Anda sedang mengerjakan sesuatu untuk tujuan spesifik dalam kehidupan personal atau profesional Anda, lalu merasa perlu menemukan missing link yang akan membawa Anda menuju arah tujuan.

Dalam upaya membuat perubahan yang positif, Anda perlu memiliki sense terhadap keseluruhan net worth. Dan ketika disebutkan net worth, ini bukanlah tentang status dari finansial Anda.

Modal yang Anda miliki seperti hubungan sosial dan koneksi merupakan kekuatan besar yang dapat meningkatkan produktivitas, memperluas opsi profesional Anda, serta menaikkan kualitas hidup Anda.

Berkolaborasi dengan orang lain dan berbagi interest & values akan memberikan fondasi yang kuat, memampukan Anda untuk mencapai level yang lebih tinggi dalam kesuksesan.

Kekuatan koneksi tidak hanya antara manusia, tetapi juga antara passion dan produktivitas, antara value dan profit, antara autentisitas dan tujuan, juga antara hati Anda dan ‘dompet’ Anda.

Itulah sebabnya, net worth akan didasari bukan pada ukuran portofolio Anda, tetapi pada kemampuan Anda menentukan dan menekuni passion value Anda.

Cara lama dalam membangun network cenderung ‘memanjat tangga sambil mendorong orang lain ke bawah atau ke samping untuk keuntungan individu’. Cara lama lebih pada kompetisi, mengejar materialisme.

Networking di masa ini tak hanya tentang siapa yang Anda kenal (who you know), tetapi tentang menjadi pribadi seperti apakah Anda (who you are becoming as a person). Cara baru untuk menjalin network dan membangun net worth Anda adalah tentang menghidupkan passion Anda, dan menjadi yang terbaik yang Anda mampu.

Di masa ini, apa yang penting bukanlah lagi tentang memainkan kekuatan tetapi lebih kepada apa yang menjadi value, dan bagaimana serta dengan siapa Anda meraih value tersebut.

Dan, satu-satunya yang bertanggung jawab akan karier Anda adalah diri Anda sendiri. Sehingga sangatlah penting untuk membangun keahlian Anda, dan meningkatkan network Anda.

Terdapat lima langkah dalam membangun sikap transformasional Anda. Langkah pertama, temukan fondasi autentik Anda. Untuk menemukan kemana Anda harus pergi, temukanlah apa yang menahan Anda. Pada langkah awal ini, cara baru dalam menjalin networking ialah nilailah dan definisikanlah apa hambatan yang menahan Anda.

Dalam metode baru, networking Anda didasari oleh fondasi self-discovery dan upaya membangun long-term relationships yang berhubungan dengan shared values serta mutual interests, dan bukan pada perubahan yang terjadi pada kantor atau atasan Anda.

Jadi sangatlah penting dalam memperlakukan orang lain dengan respek dan melakukan yang terbaik yang Anda mampu. Jangan “membakar jembatan” yang Anda bangun. Ingatlah untuk menempatkan koneksi Anda sama (equals) dan penuh hormat (respectfully).

Kemudian, gantikan perilaku Anda yang lama dengan tindakan dan sikap yang baru. Temukan authentic voice Anda. Berikan reward dalam setiap progress Anda.

Langkah keduafunnel test. Fokuslah pada passion dan tentukan purpose Anda. Funnel Test merupakan metode yang dirancang Porter Gale untuk membantu transformasi networking Anda. Melalui funnel test ini Anda dapat mengorganisir network berdasarkan what matters to you dan what you care about.

Anda dapat membangun koneksi yang kuat, autentik dan bertahan melalui banyak channels. Dengan funnel test, Anda dapat mengidentifikasi personal passions, mengumpulkan pengalaman Anda, mendefinisikan purpose Anda dan menghubungkannya dengan networking Anda. Ingatlah juga bahwa passion & purpose dapat berubah seiring berjalannya waktu.

Langkah ketiga, ciptakan mind set pada produktivitas yang positif. Hubungkan purpose dengan action Anda.

Langkah keempatgive give get. Rahasia sebenarnya dari networking ialah letakkan energi yang besar dalam tindakan memberi, daripada menerima. Bangunlah sikap give give get. Jangan mengharapkan imbalan apapun.

Langkah kelimashake it up!. Ubahlah rutinitas Anda dan eksplorasi kesempatan baru. Terkadang perubahan bisa melalui pilihan dan terkadang juga dipengaruhi lingkungan eksternal.

Darimanapun itu berasal, bisa berpotensi membawa pertumbuhan positif dan pembelajaran bagi Anda. Ubahlah hal kecil, agendakan waktu bertemu dengan orang lain, dan terbukalah dengan percakapan baru dan koneksi-koneksi baru.

Teknologi telah meningkatkan virtual intimacy dan mendekatkan koneksi yang terpisah jauh. Untuk itu, akselerasikan koneksi dan hubungan Anda melalui teknologi.

Karena sangat jelas bahwa teknologi telah mengubah bagaimana Anda dapat membangun network dan koneksi.

Apabila Anda menggunakan teknologi dengan bijak, Anda dapat menggunakannya untuk meningkatkan kedekatan virtual, menemukan kontak baru, memelihara koneksi, dan Anda dapat mentransformasi jaringan serta prospek kerja Anda. Sebab network Anda memberikan nilai bagi Anda, jadi organisir lah daftar kontak Anda.

Selain itu, eksplorasilah media sosial dan manfaatkan riset online untuk menemukan komunitas dan koneksi. Latihlah juga diri Anda untuk merancang pertemuan dengan daftar kontak Anda. Atau bergabunglah pada komunitas online dan hadirlah pada Meetup event.

Bila Anda dalam proses mencari prospek pekerjaan, Anda pun dapat melakukan langkah online yang bermanfaat. Seperti update data dan profil Linkedin Anda, update resume dan bio Anda. Gunakan pula email untuk membangun koneksi Anda.

“Ciptakan value dan kesempatan dengan merangkul individu-individu yang memiliki network luas, yang berhasil menyatukan orang-orang.” ~ Porter Gale 

Memiliki mind-set produser akan membantu Anda fokus ketika menghasilkan konten atau membangun produk/jasa, yang bertujuan dalam meningkatkan visibiltas Anda, memperluas network atau meningkatkan jangkauan Anda.

Ketika menciptakan konten, bagikanlah apa yang Anda sukai, apa yang menjadi passion Anda. Dengan kata lain, gunakan passion dan purpose sebagai filter untuk konten, produk/ jasa Anda.

Manfaatkan juga blogging dalam menuangkan passion Anda. Bangunlah digital reach dan lakukan audit terhadap brand personal online Anda dengan menggunakan Google. Pastikan offline personal Anda sejalan dengan passion dan purpose Anda.

Lalu jangkaulah critical mass yakni audiens potensial Anda. Hal ini dapat diakselerasi dengan Anda menjajaki partnership, influencer serta menggunakan potensi kekuatan kelompok.

Gunakan passion dan purpose Anda sebagai filter untuk memfokuskan upaya networking dan meraih tujuan Anda. Identifikasikan cara lain selain blogging dalam upaya memperluas jangkauan Anda.

Melalui dukungan dari network Anda, belajarlah untuk meminta bantuan. Mintalah waktu dan kesempatan pada koneksi dan network untuk Anda mengajukan permintaan bantuan, interview ataupun pitch yang sukses.

Ingatlah prinsip Give Give Get sebelum Anda meminta (ask & request) sesuatu. Latihlah pula kemampuan komunikasi, presentasi dan storytelling Anda.

Langkah lainnya dalam menumbuhkan kreativitas Anda yaitu pahami dan tentukan apa yang membawa kebahagiaan serta kesuksesan bagi Anda. Apakah head, heart atau wallet? Apa nilai dari misi dan tujuan Anda.

Ingatlah untuk melihat ke dalam diri lebih dulu, lalu ke luar. Kelilingi pula diri Anda dengan value-based team, berfokuslah secara kreatif untuk menghidupkan passion dan mencapai tujuan Anda.

Jadilah produktif, bantulah orang lain, ikutlah dalam aktivitas pelayanan dan aktivitas yang dapat membangun sense of purpose Anda. Jangan pernah menyerah akan impian Anda. Ingatlah selalu bahwa “Your Network is Your Net Worth”. Untuk itu pelihara hubungan Anda dan give back.

Apakah Anda siap untuk mulai bertindak? Apakah Anda ingin menumbuhkan network Anda untuk meraih kebahagiaan, kesuksesan dan kesejahteraan?

Apabila Anda siap untuk berfokus membangun koneksi yang autentik, catatlah progress Anda dalam sebuah jurnal. Lakukan metode dan tips yang dibagikan dalam buku ini.

Gunakan funnel test sebagai filter atas tindakan dan aktivitas Anda. Ingatlah bahwa teknologi dapat sangat membantu membangun networking Anda dengan efektif dan efisien.

Kemudian milikilah producer mind-set, berfokuslah pada produktivitas yang positif dan praktekkan prinsip Give Give Get.

Lakukan upaya-upaya dalam membangun modal sosial Anda, sehingga Anda dapat semakin dekat untuk menemukan kekuatan tersembunyi dari kesuksesan, kebahagiaan, dan kesejahteraan Anda.

Ingatlah pada pendekatan utama yakni looking inside first, outside second. Ubahlah kelemahan dan hambatan Anda menjadi kesempatan untuk pertumbuhan diri. Anda harus belajar menghargai diri Anda lebih dahulu dan memahami pentingnya interest dan passion Anda.

“Masalah dapat menjadi kesempatan dan peluang positif, ketika orang yang tepat berkumpul bersama.” ~ Robert Redford

  • Membangun dan menguatkan network Anda, itu berarti meningkatkan produktivitas, kebahagiaan dan net worth Anda.
  • Kekuatan koneksi tidak hanya antara manusia, tetapi juga antara passion dan produktivitas, antara value dan profit antara autentisitas dan tujuan.
  • Untuk menemukan kemana Anda harus pergi, temukanlah apa yang menahan Anda.
  • Akselerasikan koneksi dan hubungan Anda melalui teknologi.
  • Rahasia sebenarnya dari networking ialah letakkan energi yang besar dalam tindakan memberi.

Sumber : Pimtar


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

Kinaya Residence Andara 900 Meter Dari Pintu Tol
Hello. Add your message here.