How The Best Leaders Lead : Rahasia Ampuh yang Menjamin Anda untuk Meraih Hasil Terbaik

Yuk bagikan infonya...

Justin Pierre James Trudeau, Perdana Menteri Kanada (Google.com)

How the Best Leaders Lead menjelaskan formula rahasia yang dimiliki oleh para pemimpin terbaik dan bagaimana cara mereka menguasainya. Di dalam buku ini Anda juga akan mempelajari seni kepemimpinan yang dapat mengubah seseorang menjadi pemimpin yang  sukses dan cemerlang. Barangkali Anda ingin menjadi salah satunya?

Siapa Penulis Buku Ini?

Brian Tracy adalah pakar bisnis, penulis dan konsultan papan atas yang membantu lebih dari 250.000 orang di seluruh dunia setiap tahunnya. Ia juga merupakan Presiden dari Brian Tracy University dan Chief Learning Officer dari iLearning Global.com.

(pimtar.id)

Untuk Siapa Buku Ini? 

  1. Para pemimpin perusahaan yang ingin perusahaannya maju dan berkembang
  2. Pemimpin organisasi, instansi dan lembaga yang ingin sukses dalam kariernya
  3. Siapa pun yang tergerak untuk menjadi pemimpin yang sukses dan cemerlang

Baca Juga : Ringkasan 20 Buku Pengembangan Diri Terbaik

Formula yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin untuk mendapatkan hasil terbaik 

Seorang pemimpin memiliki tujuh tanggung jawab utamayang akan menentukan kesuksesannya dalam memimpin sebuah organisasi, institusi, lembaga atau pun perusahaan.

Tujuh tanggung jawab kepemimpinan tersebut meliputi penentuan dan pencapaian target, pemasaran dan inovasi, pengambilan keputusan dan pemecahan masalah, penentuan skala prioritas, pemberian contoh yang baik kepada orang lain, pemberian motivasi serta penerapan dan pencapaian hasil.

Dalam buku ini Anda akan mempelajari hal apa saja yang dilakukan oleh para pemimpin hebat untuk menguasai tanggung jawab utama tersebut.

Hal-hal menarik yang akan Anda pelajari antara lain:

  1. Apa saja karakter yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin sukses;
  2. Bagaimana cara menerapkan strategi militer dalam dunia bisnis;
  3. Apa saja ketrampilan manajemen yang harus dikuasai oleh seorang pemimpin;
  4. Bagaimana cara mengelola dan membangun tim terbaik; dan
  5. Bagaimana cara pemimpin hebat memecahkan masalah dan mengambil keputusan.

Seorang pemimpin yang sukses dikenal karena karakternya bukan dari apa yang dilakukannya. Karakter ini sejatinya bukanlah bawaan dari lahir namun tumbuh dan terbentuk karena keinginan dan proses latihan yang berkelanjutan.

Dari sekian banyak karakter yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin sukses ada tujuh karakter utama yang dapat Anda pelajari dan latih, yaitu memiliki visi yang jelas, memiliki keberanian, memiliki integritas, rendah hati, berpandangan ke depan, fokus dan mampu bekerja sama.

Seorang pemimpin yang sukses memiliki visi yang jelas dan juga berani mewujudkannya. Visi inilah yang membedakan seorang pemimpin dengan manajer.

Sebagai seorang pemimpin, Anda harus dapat memvisualisasikan impian Anda sejelas-jelasnya dan mampu menyampaikannya kepada tim Anda. Dari visi ini Anda kemudian menetapkan misi, tujuan dan target yang ingin dicapai. Setelah itu, Anda harus berani mengambil risiko dari apa yang Anda lakukan.

Seorang pemimpin yang sukses harus memiliki integritas dan juga rendah hati. Integritas merupakan sebuah nilai yang terpenting yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Integritas berhubungan dengan kejujuran dan juga tanggung jawab.

Selain itu, pemimpin yang sukses juga memiliki kerendahan hati. Sebagai pemimpin, Anda harus mampu menerima kelebihan orang lain dan senantiasa belajar terus-menerus.

Seorang pemimpin yang sukses juga harus memiliki pandangan yang jauh kedepan dan fokus mencapai tujuan dengan sumber daya yang ada. Ia harus mampu memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan berdasarkan kondisi yang terjadi saat ini. Selain itu, ia juga harus mampu memfokuskan sumber daya yang ada agar hasil yang diinginkan tercapai.

Terakhir, seorang pemimpin harus mampu bekerja sama dengan orang lain dan juga mampu mengenal dirinya sendiri dengan baik. Salah satu inti dari kepemimpinan adalah kerja sama. Kemampuan bekerja sama penting Anda kuasai untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Sebagai seorang pemimpin, penting juga bagi Anda untuk mengenal diri sendiri dengan menjawab pertanyaan penting tentang diri Anda: tentang siapa dan posisi Anda, apa yang Anda inginkan, apa prioritas hidup Anda dan semisalnya.

“Karakter dapat dinyatakan dalam momen-momen besar, namun dibentuk dalam momen-momen kecil.” ~ Winston Churchill 

Dalam kompetisi bisnis yang semakin ketat dan keras, para pemimpin harus memiliki stategi yang mumpuni agar mampu memenangkan persaingan. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah strategi militer yang digunakan para pemimpin militer yang berhasil memenangkan banyak peperangan. Terdapat prinsip-prinsip dalam strategi militer yang dapat diaplikasikan ke dalam ilmu kepemimpinan.

Belajar dari strategi militer, seorang pemimpin harus memiliki sasaran dan tujuan yang jelas lalu berusaha keras mewujudkannya. Sasaran tersebut kemudian dijabarkan dalam rencana yang mendetail agar langkah-langkah yang akan diambil jelas dan sistematis.

Setelah perencanaan itu matang, Anda harus mewujudkannya dan senantiasa meningkatkannya. Dalam bisnis, Anda harus pastikan bahwa tingkat penjualan harus terus naik sehingga Anda mampu menguasai pasar.

Seorang pemimpin militer mengetahui titik lemah lawan dan mampu bermanuver untuk mengalahkannya. Sebagai seorang pemimpin, Anda harus mengetahui kekurangan kompetitor dan fokus meningkatkan kemampuan perusahaan Anda di titik tersebut.

Anda juga harus mengetahui kelebihan perusahaan Anda, lalu mempertahankan dan mengembangkannya. Ketika waktunya datang, Anda sudah siap tempur dan dengan cepat mampu memenangkan pasar.

Dalam strategi militer, informasi tentang musuh sangatlah penting. Demikian juga dalam bisnis, semakin banyak Anda mendapatkan informasi tentang pesaing dan pasar, semakin mudah pula Anda memenangkan persaingan. Hal ini juga harus didukung dengan adanya tim yang terorganisir rapi dan pembagian tanggung jawab yang jelas.

Seorang pemimpin harus mampu menyampaikan instruksi sesederhana mungkin agar mudah dimengerti dan dilaksanakan. Menyampaikan informasi secara sederhana dapat memotong waktu, mempercepat eksekusi dan meminimalisir kesalahpahaman yang kadang dapat berakibat fatal.

Terakhir, prinsip militer mengajarkan Anda agar mampu memberikan kejutansertaefisien dalam pengelolaan. Efek kejutan dalam bisnis dapat Anda lakukan dengan cara meningkatkan kecepatan, berinovasi dan fokus pada satu bidang. Sebagai pemimpin, Anda juga harus mampu menciptakan efisiensi dalam perusahaan Anda. Prinsip ekonomis sangat dibutuhkan dalam hal ini.

Aspek kepemimpinan tidak dapat dipisahkan dari aspek manajerial. Seorang pemimpin juga harus memiliki kecakapan dalam bidang manajemen. Kemampuan manajemen membuat seorang pemimpin mampu meraih tujuan dan sasaran yang ingin dicapai, mengetahui proses-prosesnya secara terperinci dan ikut terlibat di dalamnya.

Ada tujuh kemampuan utama yang harus dimiliki seorang pemimpin untuk menjadi seorang manajer yang sukses. Tujuh kemampuan itu meliputi kemampuan dalam merencanakan, mengelola, menunjuk staf, mendelegasikan, mengawasi, mengukur dan memberikan laporan.

Praktik manajemen tidak lepas dari tahap perencanaan. Kesuksesan dalam perencanaan berbanding lurus dengan hasil yang akan dicapai. Anda harus memastikan bahwa proses perencanaan ini berjalan dengan baik. Setelah itu, Anda harus mampu mengelola sumber daya untuk mewujudkannya.

Selanjutnya, Anda harus mampu mengelola staf yang ada mulai, dari menunjuk dan mengangkat seseorang untuk tugas atau jabatan tertentu sampai mendelegasikan tugas yang tepat kepada orang yang tepat. Sebagai pemimpin, Anda harus mengenal kemampuan staf Anda dan membantu mereka untuk meraih hasil yang ingin dicapai.

Sebagai manajer yang baik, Anda harus telaten dalam hal supervisi. Anda harus senantiasa mengawasi jalannya setiap kegiatan yang sudah direncanakan sebelumnya. Anda harus memastikan bahwa pekerjaan yang dilakukan sesuai dengan tanggat waktu, anggaran yang ditetapkan serta selaras dengan hasil yang diharapkan.

Terakhir, tugas Anda sebagai seorang manajer adalah mengukur pencapaian dan memberikan laporan kepada pihak-pihak terkait. Anda harus mampu mengukur keberhasilan dari setiap pekerjaan yang dilakukan secara kuantitatif. Setelah itu, Anda harus mampu mengkomunikasikan hasilnya kepada pihak-pihak yang terlibat dalam bisnis Anda, baik pihak dalam maupun luar.

Tim terbaik merupakan salah satu aset yang paling berharga bagi sebuah perusahaan. Perusahaan dengan pencapaian yang luar biasa memiliki tim yang luar biasa. Sebagai seorang pemimpin, Anda harus mampu menemukan, mengelola dan membentuk tim terbaik bagi perusahaan Anda.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk membangun sebuah tim terbaik adalah menemukan orang-orang terbaik. Penting bagi Anda untuk memikirkan dan mencari cara yang efektif dalam proses seleksi ini. Anda harus memastikan bahwa para manajer yang akan merekrut tim baru betul-betul memahami kebutuhan perusahaan Anda saat ini.

Ketika Anda sudah menemukan orang-orang terbaik ini, Anda harus mengkomunikasikan segala hal tentang perusahaan Anda dan membuatmereka nyaman di lingkungan barunya. Anda juga harus memberikan kebebasan bagi mereka dalam memulai pekerjaan, membimbing dan juga mengarahkan mereka untuk memperoleh hasil yang terbaik.

Selanjutnya, tugas Anda sebagai pemimpin adalah memastikan bahwa mereka memilki komitmen dan kompetensi dalam melakukan pekerjaan. Selain itu,Anda juga harus senantiasa memberikan motivasi agar tim Anda selalu bersemangat, produktif dan selalu melakukan hal terbaik dalam menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya.

Tim terbaik memiliki beberapa karakteristik yang membuat mereka mampu mengalahkan kompetitor dan berhasil menguasai pasar. Karakteristik tim terbaik tersebut adalah sebagai berikut:

  • Pertama, mereka memiliki keselarasan dalam tujuan;
  • Kedua, mereka memiliki nilai yang sama;
  • Ketiga, mereka memiliki rencana bersama;
  • Keempat, mereka memiliki kepemimpinan yang jelas; dan
  • Kelima, mereka melakukan evaluasi dan penilaian yang berkesinambungan.

Hal lain yang juga harus Anda lakukan untuk membangun sebuah tim terbaik adalah memastikan bahwa mereka mampu menyelesaikan pekerjaan tanpa kehadiran Anda. Terakhir, Anda juga harus mampu mengelola dan menyelesaikan konflik yang terjadi dalam tim Anda.

“Visi yang jelas, didukung oleh rencana yang pasti, memberikan Anda rasa percaya diri dan kekuatan pribadi yang luar biasa.” ~ Brian Tracy 

Masalah merupakan hal lumrah yang pasti dihadapi oleh semua perusahaan dengan tingkatan kesukaran yang berbeda-beda. Sebagai seorang pemimpin, penting bagi Anda untuk menguasai ketrampilan dalam menyelesaikan masalah yang terjadi dalam perusahaan Anda.

Namun Anda harus teliti dalam mencermati suatu hal yang dianggap sebagai masalah. Bisa jadi suatu hal yang Anda anggap sebuah masalah bukanlah sebuah masalah.

Jika suatu hal memang merupakan sebuah masalah, Anda uga harus memastikan apakah masalah itu harus Anda yang menyelesaikan atau bisa orang lain. Selain itu, tidak semua masalah harus Anda selesaikan saat ini juga, beberapa masalah dapat ditunda dan diselesaikan di waktu lain.

Dalam pemecahan masalah, Anda perlu melakukan pendekatan yang sistematis. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengidentifikasi masalah, mencari penyebab dari permasalahan, mengumpulkan semua solusi yang memungkinkan, mengambil keputusan, menentukan tenggat waktu dan mengeksekusi solusi yang sudah ditetapkan. Terakhir, Anda melakukan evaluasi dari solusi yang sudah diterapkan.

Selain itu, Anda juga dapat memecahkan sebuah masalah melalui pendekatan Mindstorming. Dalam Mindstorming, Anda diminta untuk menuliskan sebuah pertanyaan atau masalah yang sedang Anda hadapi lalu menuliskan dua puluh jawaban-jawabannya.

Teknik kreatif lain yang dapat Anda gunakan dalam pemecahan masalah adalah Brainstorming, Melengkapi Kalimat dan Zero Based Thinking. Dalam sesi Brainstorming Anda dapat mengumpulkan ide dari para rekan Anda dalam situasi yang menyenangkan.

Anda juga dapat menggunakan teknik Melengkapi Kalimat, dimana setiap peserta diminta untuk melengkapi sebuah pernyataan yang berkaitan dengan masalah yang dihadapi. Terakhir, Anda dapat menggunakan metode Zero Based Thinking dimana Anda membebaskan pikiran Anda dari batasan-batasan yang Anda sadari maupun tidak Anda sadari .

Terakhir, sebagai seorang pemimpin Anda harus mampu mengambil keputusan terbaik. Dalam mengambil keputusan, Anda harus melalui beberapa tahapan, yaitu mengumpulkan semua ide/solusi dari tim Anda, membuat keputusan yang jelas dan memastikan bahwa semua orang setuju dengan keputusan yang diambil.

  1. Untuk menjadi seorang pemimpin yang sukses, Anda harus mengenal diri sendiri dan menguasai karakter yang harus dimiliki seorang pemimpin hebat.
  2. Anda perlu memahami dan menguasai prinsip-prinsip kepemimpinan yang diadaptasi dari strategi militer, yang terbukti ampuh memenangkan persaingan.
  3. Aspek manajerial perlu Anda kuasai untuk menjadi seorang pemimpin yang sukses.
  4. Kemampuan mengelola dan membangun tim terbaik juga perlu Anda miliki karena tim merupakan aset paling berharga bagi sebuah perusahaan.
  5. Sebagai pemimpin, Anda harus menguasai metode yang sistematis dan kreatif dalam memecahkan permasalahan dan pengambilan keputusan.

Sumber : Pimtar

Yuk bagikan di sosmed kamu, sebagai sedekah ilmu dan informasi… Terima kasih 


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

BELI RUMAH JABODETABEK DI SINI
Hello. Add your message here.