Get Smart! Berpikir dan Bertindak Seperti Orang Paling Sukses dan Bergaji Paling Tinggi 

Yuk bagikan infonya...

Elon Musk, Orang Terkaya di Dunia / 27 Juli 2023 / TIME    

Get Smart! merupakan sebuah buku yang dapat membantu Anda dalam memanfaatkan kemampuan dan bakat berpikir alami Anda untuk memperoleh hasil yang Anda inginkan. Di dalam rangkuman buku ini, Anda akan belajar melatih otak Anda untuk mencapai kesuksesan dengan ketepatan dan kecepatan yang lebih baik.

Siapa Penulis Buku Ini?

Brian Tracy adalah pimpinan dan CEO Brian Tracy International yang bergerak di bidang pelatihan dan pengembangan individu dan organisasi. Ia telah mempelajari, meneliti, menulis, dan berbicara selama tiga puluh tahun di bidang ekonomi, sejarah, bisnis, filosofi, dan psikologi.

Buku-buku yang ia tulis masuk jajaran buku-buku terlaris yang telah diterjemahkan ke dalam puluhan bahasa. Salah satu buku terlarisnya, Master Your Time Master Your Life.

Baca Juga : Ringkasan 20 Buku Pengembangan Diri Terbaik

Untuk Siapa Buku Ini?

  1. Para pebisnis dan pengusaha yang ingin meningkatkan angka penjualan.
  2. Para karyawan yang ingin sukses dalam karir dan pekerjaannya.
  3. Siapa saja yang ingin sukses dalam meraih impian dan cita-citanya.
(Gramedia.com)

Semakin sukses dan cerdas dengan memaksimalkan kemampuan Berpikir Anda

Kebanyakan orang hanya menggunakan 10 persen dari potensi pikirannya. Bahkan, ada yang mengatakan angkanya hampir 2 persen saja. Hal ini menandakan bahwa sebagian besar orang telah gagal memanfaatkan sumber daya kemampuan pikiran mereka yang luar biasa.

Rangkuman buku ini akan membantu Anda dalam memanfaatkan potensi pikiran yang Anda miliki. Anda akan mempelajari cara sederhana, praktis dan telah teruji dalam memanfaatkan bakat dan kemampuan berpikir alami Anda.

Dalam rangkuman buku ini, Anda akan mempelajari cara berpikir orang-orang paling sukses dan paling bahagia sehingga Anda juga dapat meniru dan menerapkannya dalam hidup Anda.

Hal-hal menarik yang akan Anda pelajari dalam rangkuman buku ini antara lain:

  1. Apa sebenarnya ukuran kecerdasan itu;
  2. Bagaimana cara terbaik dalam mengambil sebuah keputusan;
  3. Mengapa Anda perlu menetapkan target dalam hidup Anda;
  4. Bagaimana cara mendapatkan kebahagiaan dalam hidup; dan
  5. Mengapa Anda perlu mengubah kebiasaan Anda seperti kebiasaan orang kaya

Ukuran kecerdasan seseorang itu tidaklah dilihat dari IQ, peringkat di sekolah, atau dari lamanya ia belajar.  Cerdas atau tidaknya seseorang dapat dilihat melalui cara seseorang itu bertindak.

Ketika Anda bertindak dengan cerdas, maka Anda dapat dikatakan pintar. Sebaliknya, jika Anda bertindak ceroboh, maka Anda dapat dikatakan bodoh. Hal ini tentunya sama sekali tidak berhubungan dengan IQ Anda.

Ketika Anda cerdas dalam mengambil tindakan, tentunya Anda akan semakin dekat dengan apa yang Anda inginkan dan cita-citakan.

Ukuran sebenarnya dari kecerdasan adalah ketika seseorang mampu memprediksi konsekuensi dari keputusan dan tindakannya secara akurat. Ini berarti, untuk melihat ukuran kecerdasan seseorang, Anda hanya perlu melihat tindakannya saja. Hanya satu, apa yang mereka lakukan, baik itu ketika mereka dalam godaan atau dalam kondisi tekanan.

Sebagai contoh, ketika seseorang mengatakan: “ saya ingin sukses”. Hal ini berarti ia hanya meyakini ucapannya saja, belum pada tahap tindakan. Anda dapat melihat apakah tindakan yang ia lakukan mencerminkan seseorang yang ingin sukses atau tidak.

Jika orang tersebut dalam kesehariannya sering terlambat berangkat kerja dan pulang seawal mungkin agar bisa menonton serial televisi, tentu tindakan ini bukanlah gambaran seseorang yang menginginkan kesuksesan.

Seorang pakar ekonomi bernama Henry Hazlitt mengatakan bahwa hasil yang diinginkan dari suatu tindakan selalu merupakan peningkatan kondisi. Hal ini positif, karena semua tindakan yang dilakukan difokuskan pada peningkatan sehingga dapat mendekati tujuan yang ingin dicapai.

“Sejak lama saya berhenti mendengarkan apa yang dikatakan orang. Sebaliknya, saya melihat apa yang mereka lakukan. Perilaku adalah satu-satunya kebenaran.” ~ Winston Churchill 

Menurut McKinsey & Company, konsultan bisnis ternama, faktor utama penentu kesuksesan sebuah bisnis adalah tingginya angka penjualan. Sedangkan penyebab utama kegagalan dalam bisnis adalah rendahnya angka penjualan.

Penyebab utama kegagalan ini biasanya adalah karena adanya keputusan buruk yang berdampak pada kegagalan pasar. Keputusan buruk ini disebabkan karena miskinnya informasi yang diperoleh sebelum sebuah produk dibuat dan dijual.

Oleh karena itu, Anda harus memperoleh informasi yang cukup dan data yang sesungguhnya sebelum mengambil keputusan. Untuk mendapatkan fakta yang sesungguhnya, Anda dapat melakukan “validasi.”

Ketika Anda mendapatkan sebuah ide bagus, segeralah validasi dengan mengumpulkan bukti yang menguatkan. Anda dapat menuliskannya, kemudian membuat daftar dari semua informasi yang Anda miliki sehingga Anda dapat membuat keputusan yang tepat.

Anda juga dapat menggunakan jasa seorang pakar. Orang yang memiliki kemampuan dalam bidang tertentu, dan telah teruji kemampuannya dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan dalam bisnis.

Selain itu, Anda juga dapat mengumpulkan informasi yang Anda butuhkan dengan melakukan pencarian di mesin Google. Masukkan berbagai kata kunci untuk mendapatkan informasi lebih banyak perihal pertanyaan, masalah, dan ide Anda.

Kumpulkan juga berbagai pendapat melalui komunikasi dengan beberapa orang. Bagikan ide dan informasi secara jujur agar Anda mendapatkan pengetahuan yang lebih banyak. Satu ide saja, mungkin dapat mengubah sudut pandang Anda secara total.Semakin banyak informasi yang Anda kumpulkan, semakin baik pula keputusan yang akan Anda buat.

Titik baliklah yang membuat kehidupan seseorang berubah. Titik balik dapat berupa momen, wawasan atau pengalaman hidup yang berlangsung dalam waktu tertentu.

Ketika Anda berada dalam fase titik balik, Anda akan meninjau kembali kehidupan masa lalu yang mengubah Anda seperti sekarang ini. Mungkin pada masa lalu, Anda telah membuat daftar target  yang ingin Anda capai. Target yang ditulis atas kesadaran untuk membuat hidup Anda lebih baik, lebih kaya, atau lebih sukses.

Jika Anda ingin sukses, Anda harus memiliki target. Target yang akan membuat Anda lebih fokus dan lebih bersemangat dalam menjalani hidup. Anda akan selalu berjuang untuk mencapai target itu.

Hanya sekitar 3% dari masyarakat yang mempunyai target yang jelas, spesifik dan tertulis. Sisanya 97% masyarakat kebanyakan hanya memiliki harapan, doa, dan fantasi tetapi tidak memiliki target.

Dengan menetapkan target, Anda sedang mengatur arah mental Anda. Ini akan membuat mental Anda seperti peluru yang melesat dengan cepat dan tepat ke arah yang Anda tuju. Sementara itu, mereka yang tidak memiliki target selamanya akan bekerja pada mereka yang memiliki target.

Dalam hidup, tentunya Anda harus memiliki target untuk diri Anda sendiri, target untuk orang lain, maupun membantu perusahaan tempat Anda bekerja mencapai targetnya. Oleh karena itu, memiliki target sangatlah penting agar Anda mampu menguasai arah perubahan. Jika tidak, Anda malah akan menjadi korban dari perubahan.

“Orang yang tanpa target tidak bisa mengalami kemajuan, bahkan di atas jalan termudah sekali pun. Orang dengan target yang jelas mampu melaju maju dengan cepat bahkan di jalan yang paling sulit .” ~ Thomas Carlyle 

Sekarang, cobalah bertanya pada diri Anda sendiri, mengapa Saya ingin pekerjaan yang bagus ? Mengapa Saya ingin kaya?  Mengapa Saya ingin sukses? Semua pertanyaan tersebut muaranya adalah kebahagiaan.

Ukuran kesuksesan itu sebenarnya adalah seberapa bahagia diri Anda sepanjang waktu. Ketika Anda mendapatkan jabatan tertinggi, kaya raya, dan terkenal, namun Anda tidak bahagia berarti Anda gagal dalam menjalankan tanggung jawab utama Anda terhadap diri sendiri.

Untuk mencapai kebahagiaan terbesar dalam diri Anda, Anda harus melakukan semua tindakan disertai dengan emosi positif seperti cinta, bahagia, damai, gembira, sukses dan puas sepanjang waktu.

Anda tentu sudah mengetahui bahwa orang sukses adalah orang yang selalu berpikiran positif. Berpikir positif membuat mereka memperoleh kehidupan yang lebih bahagia, lebih ceria, dan mendapatkan kesenangan sejati.

Lain halnya dengan sebagian orang yang sering berpikiran negatif. Mereka cenderung bersikap bermusuhan dan curiga. Hidup bagi mereka seperti sebuah rangkaian masalah yang tidak ada ujung penyelesaiannya.

Emosi negatif adalah sumber dari semua masalah dalam kehidupan manusia. Jika Anda mampu menghilangkan emosi negatif yang ada dalam diri Anda, Anda dapat menghapus masalah dari sebagian besar masalah manusia.

Otak Anda hanya mampu mempertahankan satu pikiran dalam satu waktu, yaitu positif atau negatif. Untuk melatih kebiasaan positif Anda cukup mempertahankan emosi positif saja karena emosi negatif cenderung mudah diatur, pengaturannya terjadi begitu saja.

Ada beberapa penyebab utama emosi negatif yaitu rasionalisasi, justifikasi, mental menghakimi, dan hipersensitif. Berbagai emosi tersebut pada akhirnya akan mengendap sebagai bentuk kemarahan.

Anda harus dapat memangkas emosi negatif ini dengan cara menghilangkan sikap menyalahkan, menerima tanggung jawab, rela memaafkan dan melupakan, serta membiarkan semuanya berlalu.

Orang kaya selalu menciptakan nilai. Mereka mengembangkan kemampuannya serta membuat produk dan layanan yang dapat meningkatkan kehidupan dan pekerjaan orang lain.

Mereka senantiasa memberi sebelum menerima sesuatu. Mereka tidak percaya dengan uang yang didapatkan dengan mudah atau sesuatu yang didapat tanpa memberikan apa pun. Orang kaya meyakini bahwa Anda harus adil atas apa yang telah Anda kerjakan.

Berbeda dengan orang miskin yang selalu berupaya mendapatkan sesuatu tanpa memberi atau jika memberi, mereka memberi sedikit mungkin. Mereka selalu ingin kaya tanpa harus bekerja, mendapatkankan uang tanpa usaha, dan terkenal tanpa bakat.

Orang miskin berjudi, membeli lotre, pulang kerja seawal mungkin dan sering membuang-buang waktu. Tentu Anda bukanlah orang seperti itu. Anda adalah orang kaya yang selalu bekerja lebih banyak dari standar gaji yang Anda terima. Jika Anda seperti itu, suatu saat Anda akan selalu dibayar lebih daripada yang Anda dapatkan hari ini.

Anda harus selalu berupaya untuk melakukan sesuatu yang lebih dari orang rata-rata jika Anda ingin menjadi yang terbaik. Anda dapat melakukannya dengan mengubah kebiasaan Anda. Buatlah kebiasaan baru ! Berpikirlah dahulu sebelum bertindak!

Anda dapat mengubah kebiasaan Anda dengan menerapkan strategi berikut ini:

  1. Selalu berjuang untuk mengembangkan hanya satu kebiasaan saja  dalam satu waktu.
  2. Anda dapat memasukkan data baru dengan menetapkan kebiasaan yang sangat berguna jika Anda kembangkan.
  3. Tegaskan pada diri Anda bahwa Anda telah memiliki kebiasaan baru.
  4. Bayangkan diri Anda saat Anda akan melakukan kebiasaan baru.
  5. Bersikaplah seolah-olah Anda memiliki kebiasaan baru.
  6. Jangan ada pengecualian dan jangan pernah melemah.
  7. Jika Anda terjatuh, segeralah bangkit kembali.
  1. Kecerdasan seseorang dapat dilihat dari tindakannya, bukan ucapannya.
  2. Anda harus mengumpulkan berbagai informasi dan data yang cukup sebelum mengambil sebuah keputusan penting dalam hidup dan bisnis Anda.
  3. Menetapkan target dalam hidup sangatlah penting agar Anda tidak menjadi korban perubahan melainkan pembuat perubahan.
  4. Berpikir positif akan membuat Anda lebih bahagia, lebih ceria, dan mendapatkan kesenangan sejati.
  5. Jika Anda ingin kaya dan bahagia, Anda perlu mengubah kebiasaan Anda seperti kebiasaan orang kaya yang bahagia.

Sumber : Pimtar

Yuk bagikan di sosmed kamu, sebagai sedekah ilmu dan informasi… Terima kasih 


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

11 HP VIVO TERMURAH MULAI RP 1 JUTA
Hello. Add your message here.