Living The 80/20 Way : Prinsip Pareto untuk Mendapatkan Hasil Luar Biasa Tanpa Usaha Yang Luar Biasa

Yuk bagikan infonya...

(Intrepreneur.com)

Living The 80/20 Way membantu Anda memahami Prinsip Pareto yang bisa Anda gunakan sebagai penuntun untuk mendapatkan 80 persen hasil dengan 20 persen upaya atau kausa. Di dalam buku ini, Anda akan ditunjukkan prinsip 80/20 untuk mencapai keberhasilan dan kebahagiaan terbesar dalam hidup Anda.

Siapa Penulis Buku Ini?   

Richard Koch adalah seorang penulis dan pengusaha terkemuka di dunia. Ia pernah menjadi konsultan di The Boston Consulting Group dan mitra Bain & Company. Ia telah menulis 18 buku, yang beberapa diantaranya bestseller, seperti buku The 80/20 Principle dan The 80/20 Principle and 92 Other Powerful Laws of Nature. 

Baca Juga : Ringkasan 20 Buku Pengembangan Diri Terbaik

Untuk Siapa Buku Ini?

  1. Para pekerja dan pengusaha yang ingin sukses dalam pekerjaan dan bisnisnya.
  2. Setiap orang yang ingin perubahan dalam hidup menuju kebahagiaan yang melimpah dan penuh dengan cinta.

Cara mendapatkan hasil yang luar biasa tanpa usaha yang luar biasa

Anda bisa mendapatkan lebih banyak dalam kehidupan, sukses mencari uangdan selalu berhasil dalam mengatasi berbagai macam masalah dalam hidup. Semua itu sangat memungkinkan saat Anda menerapkan aturan 80/20.

Buku ini akan membantu Anda mengubah hidup untuk meraih keberhasilan dan kebahagiaan. Dan, Anda akan disajikan cara menghasilkan lebih banyak dengan lebih sedikit, fokus pada yang terbaik, dan mendapatkan kebahagiaan yang melimpah.

Dalam rangkuman ini, Anda akan mengetahui prinsip lebih banyak dengan lebih sedikit, dan menunjukkan cara menerapkan prinsip tersebut dalam hidup Anda.

Hal-hal menarik yang akan Anda pelajari antara lain:

  1. Bagaimana meningkatkan hidup melalui prinsip lebih banyak dengan lebih sedikit;
  2. Apa yang bisa menyelamatkan waktu Anda;
  3. Mengapa harus fokus pada 20 persen untuk kualitas dan kebahagiaan hidup;
  4. Bagaimana menyingkirkan hal-hal yang tidak perlu;dan
  5. Mengapa perlu melakukan tindakan 80/20.

Dalam sejarah umat manusia, nenek moyang mengubah perilaku dari yang semula berburu kemudian beralih bercocok tanam, dari pertanian konvensional beralih ke pertanian modern dengan menggunakan mesin-mesin.

Fenomena diatas menandakan bahwa, untuk mendapatkan makanan yang jauh lebih banyak dan menguntungkan, nenek moyang melakukanlebih sedikit perjuangannya dalam menghadapi resiko atau bahaya.

Kini, kemajuan peradaban berkembang sangat pesat seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih. Segala sesuatu menjadi lebih beragam dan semakin mudah dari masa sebelumnya.

Misalnya, untuk menikmati musik terbaru, Anda hanya perlu mendengarkan melalui gadget tanpa perlu lagi membeli kaset atau piringan lagu seperti masa sebelumnya. Untuk makan, Anda hanya perlu menggunakan jasa aplikasi untuk memesannya, dan lain sebagainya.

Kemudahan-kemudahan tersebut yang mendorong manusia berada pada jalur cepat. Dimana jalur ini lebih banyak tantangan, lebih banyak uang, dan mereka melakukan lebih banyak hasil dengan lebih banyak pekerjaan.

Namun, apa terjadi jika melakukan lebih banyak dengan lebih banyak? Yang terjadi adalah intensitas stres dan kecemasan semakin meningkat.

Jalur cepat hanya akan membuat seseorang kehilangan waktu istirahat, kehilangan waktu bermain, dan mungkin juga kehilangan masa-masa indah bersama keluarga, sahabat dan orang-orang yang Anda cintai.

Sudah saatnya Anda menggunakan prinsip lebih banyak dengan lebih sedikit. Prinsip ini memungkinkan untuk meningkatkan apa pun dalam kehidupan dengan hasil yang jauh lebih baik, dengan upaya yang lebih sedikit.

Dengan mengurangi upayanamun tetap menginginkan hasil yang lebih baik, maka Anda akan memaksa diri untuk berpikir keras dan melakukan sesuatu yang berbeda. Inilah sebenarnya akar dari semua kemajuan.

Hal yang paling berharga dalam kehidupan adalah waktu. Waktu terus berputar tanpa kembali lagi. Terkadang waktu sangat dibenci dan tidak disukai jika sudah berlalu, sehingga membuat segalanya tidak bisa putar kembali.

Mungkin Anda merasakan waktu terasa begitu cepat, namun juga terkadang waktu bisa terasa sangat lambat. Apa yang sebenarnya Anda rasakan itu? cepat atau lambatnya waktu, semuanya tergantung pada apa yang Anda lakukan.

Pada era modern seperti sekarang ini, mungkin Anda merasa dituntut untuk lebih memacu diri. Anda mempercepat segala sesuatu karenaadanya berbagai macam kemudahan, sehingga waktu berlalu sangat cepat, bahkan mungkin Anda selalu kekurangan waktu.

Padahal sejatinya waktu tidak pernah berlalu. Waktu selalu berada pada tempatnya!

Dalam hal ini, prinsip 80/20 akan membantu Anda untuk menyelamatkan waktu yang paling berharga dalam kehidupan. Setidaknya dalam dunia kerja, Anda bisa menggunakan 80 persen untuk mencapai hasil yang besar dengan 20 persen waktu yang Anda gunakan.

Seperti yang terjadi pada dunia sains. Suatu hari, Archimedes berendam dalam bak air mandi, sesaat kemudian ia berlari di jalanan Athena tanpa busana dan berteriak: “Eureka! Saya mendapatkan jawabannya!

Hal itu menjadi bukti, bahwa Archimedes menemukan teorinya bukan saat ia berada diruang kerjanya, melainkan saat bersantai, berendam dalam bak dan menikmati hari yang indah.

Tentu hal tersebut memberikan pesan bahwatidak perlu tergesa-gesa dalam hidup, tanpa kecemasan Anda akan mendapatkan kebahagiaan, dan ide-ide maupun pemikiran cerdas akan keluar dengan sendirinya.

“Tak perlu melakukan hal-hal luar biasa untuk mendapatkan hasil yang luar biasa.” ~ Warren Buffet  

Manusia memiliki kesamaan gen 98 persen dengan simpanse. Hanya 2 persen saja yang membedakan, namun pengaruhnya sangat besar karena pada akhirnya segalanya menjadi sangat jauh berbeda.

Meskipun demikian, tidak sepenuhnya manusia tergantung pada gen, karena setiap manusia memiliki kodrat sebagai individu yang unik. Manusia memiliki potensi yang bisa berkembang dengan cara berbeda dan tidak terduga.

Untuk menemukan identitas yang unik dari diri Anda, cobalah untuk mengurangi pengaruh dari luar satu-persatu.

Anda bisa mulai berhenti melakukan hal-hal yang dilakukan oleh orang lain, dan juga berhenti memikirkan apa yang dipikirkan oleh orang lain. Mulailah mengembangkan individualitas dengan fokus terhadap diri Anda sendiri.

Anda harus berani fokus pada kekuatan, keunikan, dan kemampuan yang ada pada diri Anda dalam menikmati hidup secara mendalam. Anda bisa menggunakan cara 80/20 untuk mendapatkan fokus dalam peningkatan diri, melalui:

  • Pertama, fokus pada tujuan 80/20 yang telah Anda tetapkan.
  • Kedua, temukan rute perjalanan termudah untuk mencapai tujuan Anda.
  • Ketiga, lakukan tindakan 80/20.

Fokus terkadang memiliki persentase lebih kecil dari keseluruhan waktu Anda, namun bisa menentukan kualitas dan kebahagiaan hidup Anda. Dengan fokus pada yang terbaik, berarti lebih sedikit adalah lebih banyak.

“Saat kau menginginkan sesuatu, seluruh alam semesta akan bersatu membantumu meraihnya.” ~ Paulo Coelho 

Struktur kehidupan modern lebih berasumsi bahwa,untuk menilai kesuksesan hampir selalu diukur dengan uang. Mereka memandang kesuksesan adalah segala yang dikerjakan lebih banyak, lebih banyak uang berarti lebih banyak bekerja.

Misalnya,jika seorang nelayan biasa, ingin menjadi pebisnis kelas atas, kira-kira butuh berapa tahun seorang nelayan akan mendapatkan keinginannya tersebut, dua puluh tahun, dua puluh lima tahun, bahkan bisa lebih.

Jika mengikuti kehidupan modern, nelayan tersebut akan berencana membeli kapal-kapal besar, memancing sepanjang waktu hanya untuk mengejar mimpinya menjadi pebisnis kelas atas.

Tentu risiko yang akan ditanggung adalah, ia akan melupakan kebahagiaan bersama keluarga, anak-anak, sahabat dan orang-orang yang ia cintai. Karena ia akan mengejar lebih banyak dengan lebih banyak.

Agar Anda mendapatkan kebahagiaan yang hakiki, Anda harus memulai dan percaya bahwa lebih sedikit adalah lebih banyak. Mengapa?

Karena prinsip tersebut, proses pencariannya tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu menyederhanakan kembali ke bagian terbaik dan paling memuaskan yang ada dalam hidup Anda.

Anda tidak perlu lagi berusaha melakukan lebih banyak, Anda hanya perlu membuang kebiasaan yang tidak cocok untuk hidup Anda. Dan Anda akan menjadi lebih relaks, sehingga kebahagiaan alami dalam diri Anda akan terpancar.

Jadi, Anda bisa meninggalkan perangkap kehidupan modern yang menuntut lebih banyak dan lebih banyak. Karena itu, melalui hidup sederhana yang berarti lebih sedikit adalah lebih banyak.

Kehidupan modern membuat seseorang mencari lebih banyak dengan lebih banyak. Anda akan dibuat melaju kencang tanpa adanya tujuandan tanpa kehidupan yang penuh dengan kebahagiaan.

Kehidupan modern sekarang seperti perangkap treadmill yang selalu berputar tanpa henti. Perangkap treadmill hanya membuat Anda berlari, berkeringat, dan kelelahan, namun tidak membawa Anda kemana-mana.

Anda harus berani menolak perangkap treadmill dan tidak lagi melakukan apa yang dilakukan oleh mereka yang ambisius.

Albert Einstein mengatakan bahwa setiap masalah harus dibuat sesederhana mungkin, namun bukan lebih sederhana. Prinsip 80/20 akan membuat segalanya menjadi semudah mungkin, namun bukan lebih mudah.

Lakukan tindakan segera untuk mendapatkan kehidupan baru yang lebih baik, dengan upaya-upaya baru dan berbeda.

Pastikan tindakan yang Anda lakukan didasarkan atas hasrat dan cinta dengan tujuan diri sendiri, pekerjaan dan kesuksesan, keuangan, jalinan hubungan, serta hidup sederhana dan indah. Untuk itu, Anda bisa melakukan hal berikut ini:

  1. Luangkan waktu secara rutin satu jam dalam seminggu untuk merencanakan 80/20 menuju kebahagiaan Anda.
  2. Ajaklah teman menjadi mutual mentor Anda, agar bisa dijadikan pembanding untuk rencana 80/20 mingguan Anda. Minimal teman Anda juga seorang pembaca Living the 80/20 Way.
  3. Selesaikan rencana 80/20 menuju kebahagiaan Anda.

Buatlah capaian waktu untuk melakukan tindakan, bisa dalam sehari, beberapa bulan atau tahun. Jika Anda tidak mendapatkan kemajuan yang Anda inginkan, maka Anda bisa memilih rute lain dan mulainya lagi, demikian seterusnya.

  1. Jika Anda mengurangi upaya namun tetap menginginkan hasil yang lebih baik, maka Anda akan memaksa diri untuk berpikir keras dan melakukan sesuatu yang berbeda.
  2. Tanpa kecemasan Anda akan mendapatkan kebahagiaan, jadi tidak perlu tergesa-gesa dalam menjalani hidup.
  3. Persentase dari fokus memang lebih kecil dari keseluruhan waktu yang Anda miliki, namun fokus bisa menjadi penentu kualitas dan kebahagiaan hidup Anda.
  4. Agar mendapatkan kebahagiaan hakiki, Anda harus memulai dan percaya bahwa lebih sedikit adalah lebih banyak.
  5. Pastikan setiap tindakan yang Anda lakukan didasarkan atas hasrat dan cinta.

Sumber : Pimtar

Yuk bagikan di sosmed kamu, sebagai sedekah ilmu dan informasi… Terima kasih 


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

BUKU TES SEKOLAH KEDINASAN TNI POLRI CPNS 2024
Hello. Add your message here.