One Small Step Can Change Your Life : Langkah Kecil yang dapat Membawa Perubahan Besar

Yuk bagikan infonya...

(Google.com)

One Small Step Can Change Your Life mengungkapkan strategi yang efektif untuk melakukan perubahan melalui filosofi ‘Kaizen’ yakni langkah kecil demi perbaikan berkesinambungan. Di dalam buku ini, Anda akan belajar bagaimana langkah kecil, yang dilakukan secara bertahap setiap hari, mampu menciptakan perubahan berarti bagi hidup.

Siapa Penulis Buku Ini? 

Robert Maurer, Ph.D. adalah seorang psikolog klinis dari UCLA School of Medicine dan University of Washington Schools of Medicine. Ia merupakan pendiri sebuah firma konsultan yang secara aktif memberikan konsultasi mengenai Kaizen kepada beragam organisasi, baik korporasi, staf rumah sakit maupun universitas.

Pengetahuan yang dibagikan Robert Maurer dalam buku ini membuka cara pandang kita bahwa untuk menciptakan perubahan, tidaklah dilakukan dengan langkah besar dan radikal. Tetapi langkah kecil yang kontinu (“Kaizen”), yang lebih berdampak positif pada jangka panjang.

Baca Juga : Ringkasan 30 Buku Pengembangan Diri Terbaik

Untuk Siapa Buku Ini?

Siapapun yang ingin melakukan perubahan ke arah yang lebih positif, dalam berbagai aspek kehidupan, melalui langkah kecil dengan pencapaian besar, termasuk mengubah kebiasaan buruk.

One Small Step Can Change Your Life
(Google.com)

Tujuan besar dapat diraih dengan langkah kecil yang berkelanjutan

Sebagian besar kita melihat perubahan seperti “gunung” yang sulit untuk diraih. Setiap tahun melakukan resolusi, namun seringkali gagal dan berhenti di tengah jalan. Padahal perubahan tak selalu harus radikal, melelahkan, dan sulit. Langkah kecil pun dapat berdampak untuk meraih tujuan besar, melalui strategi “Kaizen” yang dipaparkan dalam buku ini.

Anda dapat mengubah kebiasaan buruk seperti merokok, pola makan yang buruk, ataupun mempertahankan kebiasaan baik seperti olahraga dan melakukan hal kreatif, melalui pendekatankaizen ini. Dalam pekerjaan misalnya, Anda dapat belajar bagaimana memotivasi karyawan dengan cara yang dapat menginspirasi mereka. Dan berbagai aspek kehidupan lainnya.

Hal-hal inspiratif yang akan Anda pelajari dari buku ini antara lain:

  • Bagaimana membuat satu langkah kecil menjadi lompatan besar;
  • Kenapa bertanya, berpikir dan bertindak dengan langkah kecil;
  • Mengapa perlu menyelesaikan masalah kecil dan memberikan penghargaan kecil bagi diri Anda;
  • Apa pentingnya mengidentifikasi moment sederhana;
  • Bagaimana kaizen membuat perubahan ke arah yang lebih baik.

Langkah kecil mampu membuat perbedaan. Langkah kecil yang terkandung dalam prinsip “kaizen” memiliki dua pemahaman. Pertama, manfaatkan langkah kecil untuk mengubah kebiasaan, proses atau produk. Kedua, gunakan momen sederhana untuk menginspirasi, misalnya mengilhami suatu kebiasaan, temuan atau produk baru dll.

Sebelumnya, Anda harus paham bahwa terdapat sejumlah mitos yang seringkali membuat banyak orang berhenti untuk melakukan perubahan, antara lain:

  • Mitos 1: Perubahan itu sulit
  • Mitos 2: Ukuran dari langkah yang diambil menentukan ukuran dari hasil
  • Mitos 3: Kaizen itu perlahan dan inovasi itu lebih cepat

Salah satu contoh sederhanadari mitos tersebut misalnya kebiasaan banyak pekerja duduk berjam-jam setiap hari, yang dapat beresiko bagi kesehatan tubuh. Masalah ini bukan hanya tentang pentingnya bergerak dan berolahraga, tetapi bahwa periode duduk yang terlampau lama dapat beresiko.

Seringkali orang salah kaprah. Kebiasaan duduk terlampau lama yang berdampak bagi kesehatan, dibayar dengan  dana besar mengikuti program olahraga intensif seperti gym atau inovasi seperti diet. Sementara, solusinya dapat dilakukan lewat pendekatan kaizen. Sesederhana melakukan jalan-jalan kecil dan berdiri dari posisi duduk setiap jamnya, yangberdampak ganda bagi metabolisme yang lebih baik.

Dalam aspek bisnis pun terjadi, ketika Toyota mengedepankan inovasi demi hasil yang cepat dan pernah melupakan prinsip utamanya yakni kaizen. Toyota sebagai perusahaan manufaktur mobil berkualitas menginginkan dirinya menjadi perusahaan mobil terbesar di dunia. Yang terjadi ketika Toyota berinovasi demi hasil yang cepat adalah krisis internal, yang berdampak besar pada eksternal.

Setelah krisis itu, Toyota memperlambat produksinya, mengalokasikan banyak waktu untuk quality control dan melatih karyawan baru dengan budaya kaizen. Sehingga reputasi Toyota saat itu mulai kembali pulih. Kisah Toyota ini menunjukkan bahwa kaizen membantu membangun kebiasaan yang dapat bertahan lama, dibandingkan inovasi cepat yang memiliki konsekuensi besar.

Inovasi sifatnya besar dan cepat, dengan harapan mencapai hasil besar dalam waktu yang tidak lama. Namun seringkali terjadi kegagalan karena perubahan yang dilakukan cukup besar dan radikal. Alternatif lain untuk inovasi adalah kaizen, yang mengedepankan continuous and comfortable improvement. Perbaikan dan perubahan kecil yang dilakukan setiap hari, akan lebih bertahan lama.

Meski langkah dan tindakan yang diambil kecil, tapi apa yang akan dicapai dapat menjadi lompatan besar. Ketika Anda berkomitmen untuk melakukan perubahan, apakah itu untuk kesehatan, passion, karir dan aspek kehidupan lainnya, ingatlah yang saat ini penting untuk Anda lakukan adalah take one small step.  

Otak kita umumnya terprogram menolak perubahan. Tapi dengan mengambil langkah kecil, secara efektif Anda “menghidupkan” sistem saraf anda untuk secara antusias menjalani proses perubahan dan maju dengan cepat mencapai tujuan.

Salah satu cara paling kuat untuk “memprogram” pikiran kita adalah melalui salah satu teknik kaizen: tanyakan pertanyaan sederhana pada diri Anda ataupun orang lain (asking small questions). Small question dapat memantik kreativitas, menenangkan kecemasan. Apapun pertanyaan yang Anda lontarkan dalam diri Anda, tantangannya adalah bertanya sederhana dengan lemah lembut dan sabar.

Cobalah eksperimen ini: esok saat ditempat kerja, coba tanyakan salah satu rekanmu warna mobil yang diparkir di sebelah mobilnya. Ulang pertanyaan itu di hari berikutnya selama 4 atau 5 hari. Yang terjadi, rekanmu pasti tak punya pilihan lain selain otaknya akan mengingat pertanyaan itu.

Dalam eksperimen tersebut, rekanmu akan menyimpan jawaban pada short-term memory nya. Ini yang disebut repetisi. Menanyakan sesuatu yang berulang, akan memberikan otak kita pilihan untuk menaruh perhatian pada hal tersebut dan mulai menciptakan jawaban. Otak kita pada dasarnya menyukai pertanyaan.

Selanjutnya, langkah terbaik untuk melakukan perubahan ialah think small actions.  Suatu metode yang disebut mind sculpture akan dapat membantu Anda menghadapi perlombaan yang berat, komunikasi yang efektif dengan karyawan dan banyak masalah sehari-hari lainnya. Mind sculpture merupakan teknik imajinasi, membayangkan diri Anda secara aktual ada di dalam suatu pengalaman. Teknik ini banyak digunakan oleh para atlet-atlet dunia.

Anda dapat menggunakan mind sculpture ini pada setiap tahapan program perubahan, dalam teknik kaizen. Banyak orang menggunakan ini untuk melatih diri atau mempersiapkan diri sebelum bertindak, dalam suatu pertandingan atau aktivitas lainnya.

Berikutnya, take small action merupakan jantung utama dari teknik kaizen. Dengan bertindak sedikit demi sedikit, Anda dapat secara tenang menghadapi tantangan. Slowly but painlessly! Langkah kaizen mungkin kecil, tapi seringkali dapat mengarah pada perubahan besar.

Misalnya Anda punya resolusi untuk pola makan yang lebih sehat melalui diet. Jangan lakukan perubahan secara dramatis. Langkah kecil setiap hari dan setiap bulannya akan lebih baik. Begitupula misalnya Anda ingin mengubah kebiasaan belanja yang melebihi pemasukan. Langkah kaizen menyarankan Anda untuk menghapus satu objek dari daftar belanjaan Anda dan kemudian perlahan menambahkan objek yang dikurangi di periode belanja berikutnya.

Teknik kaizen mengajarkan pula untuk mengenali small problems. Anda perlu melatih diri dalam melihat gejala dan peringatan kecil yang berpotensi menjadi masalah. Terdapat tiga blind spot yang umumnya dihadapi.

Pertama, di tahap awal melakukan upaya/ program perubahan. Kedua, saat mendekati tahapan akhir program perubahan. Ketiga, saat menghadapi krisis.Dalam melatih diri melakukan perubahan dan membangun kebiasaan yang lebih baik, small rewards merupakan dorongan yang sangat penting.

Tak hanya terjangkau dan nyaman, small rewards (penghargaan kecil) dapat menstimulasi motivasi dalam diri, untuk melakukan perubahan yang bertahan lama. Jadi, gunakan small rewards sebagai bagian dari program perubahan, dalam teknik kaizen.

Pada teknik kaizen, penghargaan kecil perlu memiliki 3 kualitas ini:

  1. Reward sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai
  2. Reward sesuai dengan orang yang melakukannya
  3. Reward haruslah terjangkau

Bila Anda secara  bertahap setiap hari, misalnya dapat mengubah kebiasaan berpikir negatif. Maka cobalah berikan komplimen yang tulus bagi diri sendiri dengan memberikan waktu bagi diri untuk menikmati kopi sambil mendengarkan musik. Ini salah satu contoh reward yang  terjangkau, yang dapat menstimulasi diri Anda untuk melanjutkan program perubahan di hari-hari selanjutnya.

“Lakukan langkah kecil dengan cinta yang besar. Bukan seberapa banyak yang kita lakukan, tapi seberapa besar cinta yang kita limpahkan dalam melakukannya. Dan bukan seberapa banyak yang kita berikan, tapi seberapa besar kasih yang kita letakkan saat memberi.” ~ Mother Teresa 

Pendekatan kaizen yang Anda gunakan dalam upaya perubahan, membutuhkan fase bertahap dan apresiasi pada small moments. Teknik ini dapat mengarahkan pada terobosan kreatif dan hubungan yang semakin kuat, juga memberikan Anda dorongan positif menuju keberhasilan setiap harinya.

Dibutuhkan rasa ingin tahu dan pikiran terbuka untuk melihat hal terbaik dari small moments. Dengan menanamkan kualitas ini, Anda akan mampu meningkatkan kepekaan pada creative potential.

Berikut beberapa langkah untuk membantu pikiran Anda tetap terbuka, kreatif dan siaga pada small moments, bahkan di tengah situasi yang mungkin emosional. Pertama,  cari dan lihatlah seseorang yang memiliki opini berlawanan dengan dirimu. Kedua, libatkan orang tersebut dalam percakapan, dan yang perlu Anda lakukan adalah bertanya dengan tujuan memahami cara pandang orang tersebut.

Ketiga, cobalah untuk tidak berdebat atau menghakimi opininya. Keempat, Anda akan merasa berhasil ketika Anda merasa bahwa orang tersebut menjadi semakin relax, senang berbicara dan menghargai Anda.

Berfokus pada small moments, bisa jadi mudah namun juga sulit. Namun layak untuk Anda lakukan dalam upaya perubahan yang Anda jalani. Selain membangun potensi kreatif, teknik kaizen dengan identifikasi small moments ini, juga mampu membentuk hubungan dan kepercayaan yang semakin kuat dari momen ke momen.

Kaizen merupakan metode powerful untuk mencapai tujuan dengan jelas dan terarah, atau memperbaiki perilaku dan kebiasaan sehari-hari. Keindahan dan tantangan kaizen adalah dibutuhkannya keyakinan pada pikiran, tubuh dan hati dalam mewujudkan perubahan yang ingin dilakukan.

Dengan mengambil langkah kecil, Anda mengarahkan mental compass Anda pada arah yang baru. Ini akan memberikan “ruang” bagi pikiran Anda untuk lebih tenang dalam menjangkau tujuan yang ingin dicapai.

Daripada mendorong diri Anda secara agresif dan dramatis untuk melakukan perubahan, lebih baik berikan kesempatan bagi diri Anda untuk membuat loncatan besar sesuai waktunya. Secara bertahap dan lewat langkah kecil.

Kaizen mengajak kita untuk melihat hidup sebagai continuous improvement, untuk mencapai standar yang semakin baik dan memperluas potensi diri Anda. Cobalah melihat kaizen sebagai proses yang terus berjalan.

Kaizen tak hanya mendorong potensi terbaik Anda dalam pengembangan karir, passion, kesehatan dan keseimbangan hidup. Namun juga menjadi alat dan teknik untuk mencapai garis akhir dari tujuan Anda.

Bila Anda memperbaiki diri sedikit demi sedikit setiap hari, hal besar secara bertahap akan terjadi.Bila Anda mengkondisikan suatu perubahan sedikit demi sedikit tiap hari, secara bertahap Anda akan meraih perubahan besar. Jangan mencari perubahan yang cepat dan besar. Lakukanlah perubahan kecil setiap hari. Itulah satu-satunya cara. Dan bila itu mampu Anda lakukan, itu akan bertahan lama.” ~ John Wooden 

  1. Melakukan perubahan yang bermanfaat bagi hidup, tak selalu harus radikal dan dengan inovasi yang besar.
  2. Pendekatan kaizen menekankan pada pentingnya langkah kecil yang berkelanjutan dalam upaya melakukan perubahan.
  3. Kita akan dapat melakukan perbaikan secara jangka panjang dan bertahan lama, apabila melakukannya secara bertahap hari demi hari.
  4. Seringkali orang gagal meraih tujuan dan mewujudkan resolusinya karena menetapkan inovasi yang dramatis. Padahal langkah kecil menjadi solusinya.
  5. Pendekatan kaizen dapat dilakukan dalam berbagai aspek kehidupan baik pekerjaan, passion, kesehatan, hubungan dengan orang lain dan  masalah sehari-hari.
  6. Pendekatan kaizen melatih diri kita untuk lebih tenang dan meredam kecemasan dalam melakukan perbaikan dan mencapai tujuan sehari-hari.

Sumber : Pimtar

Yuk bagikan di sosmed sahabat, sebagai sedekah ilmu dan informasi… Terima kasih 


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

PEMBIAYAAN SYARIAH JAMINAN BPKB MOBIL
Hello. Add your message here.