8 Soft Skill yang Dibutuhkan dalam Dunia Kerja

Yuk bagikan infonya...

(PPM Management)

8 Soft Skill yang Dibutuhkan dalam Dunia Kerja – Dunia kerja membutuhkan kemampuan profesional seperti hard skill dan soft skill yang seimbang. Hard skill merupakan kemampuan akademik, sementara soft skill adalah keterampilan dari komunikasi hingga etika kerja. Keterampilan soft skill berupa perilaku, sikap, dan nilai-nilai.

Kecakapan pribadi dan karakteristik yang baik merupakan salah satu sikap awal yang harus dimiliki oleh setiap karyawan. Sebab, soft skill dapat membantu menciptakan komunitas hingga mendekatkan diri antar rekan kerja. Untuk itu, mari simak 8 soft skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja berikut ini:

1. Kecerdasan Emosional

Kecerdasan emosional sangat penting dimiliki oleh setiap orang terutama dalam dunia kerja. Sebab, kecerdasan mengelola emosi ini dapat membantu mengelola dan menangani penyelesaian konflik saat sedang di kantor. Selain itu soft skill ini juga mampu memberikan keterampilan sosial, kesadaran diri serta empati terhadap sesama rekan kerja.

2. Komunikasi

Dalam bekerja pasti akan bertemu dengan atasan dan rekan kerja bahkan klien serta stakeholder. Maka dari itu memiliki komunikasi yang baik penting untuk dimiliki setiap orang supaya mampu memahami, mendengarkan, dan memberikan solusi. Sebab komunikasi yang baik dan terbuka di lingkungan kerja, akan membuat pekerjaan lebih mudah dan anggota tim merasa lebih dihargai.

3. Kemampuan Beradaptasi

Adaptasi merupakan fase perubahan yang awalnya akan terasa lebih sulit, namun akan terbiasa seiring berjalannya waktu. Berusaha menyesuaikan diri dan beradaptasi di lingkungan kerja merupakan solusi menguntungkan agar bisa meningkatkan performa kerja dan memulai menghadapi perubahan.

4. Kepemimpinan

Keterampilan dalam skill leadership memang sangat baik dan membuat seseorang di lingkungan kerja berani mengambil resiko, mengatur anggota tim, hingga kedisiplinan dalam berusaha. Sikap kepemimpinan yang baik akan meyakinkan orang-orang di sekelilingnya jadi berusaha lebih professional.

BELI BUKU DI SINI

5. Problem Solving

Keterampilan menyelesaikan masalah atau problem solving adalah seseorang yang dapat memberikan solusi dari sebuah persoalan atau masalah yang dihadapi jadi lebih efektif dan efisien.

6. Kreativitas

Dunia kerja memang selalu memiliki perubahan, pastikan untuk selalu berusaha bertumbuh dan belajar hal baru dengan memiliki pemikiran kreatif dan konsep inovatif. Kreativitas yang baik akan mendorong keuntungan atau kemajuan perusahaan jadi lebih optimal.

7. Manajemen Waktu

Usahakan untuk memiliki manajemen waktu yang baik seperti datang tepat waktu dan tidak terlambat menyelesaikan pekerjaan. Manajemen waktu yang baik akan membuat seseorang menjadi disiplin dan mampu bertindak secara profesional.

8. Motivasi dan Etos Kerja

Motivasi dan etos kerja memang harus dimiliki oleh setiap orang. Usahakan untuk belajar mencintai pekerjaan, berusaha sebaik mungkin, dan berdedikasi untuk memberikan dampak yang baik bagi perusahaan.

Sumber : Tempo

Yuk bagikan di sosmed sahabat… terima kasih


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

BELI RUMAH JABODETABEK DI SINI
Hello. Add your message here.