IKIGAI 生き甲斐 Rahasia Hidup Bahagia dan Panjang Umur Orang Jepang

Yuk bagikan infonya...

Kimono (scmp.com)

IKIGAI (生き甲斐) mengungkap rahasia hidup panjang umur seperti orang Jepang. Dalam buku ini, Anda akan mempelajari mengenai ikigai, diet, berolahraga, dan bersosial agar hidup Anda lebih bahagia dan panjang umur.

Siapa Penulis Buku Ini?

Hactor Garcia adalah seorang geek yang tinggal di Jepang. Dia adalah penulis yang bukunya telah dicetak sebanyak 500.000 eksemplar. Karya lain yang ditulis Hector adalah Metode IkigaiA Geek in Japan, dan Japon Momentos. Francesc Miralles adalah seorang editor yang fokus pada buku-buku yang bertemakan self-helped. Sebelum menjadi penulis ia pernah bekerja sebagai konsultan sastra serta agensi di beberapa penerbit. Buku yang pernah ia tulis antara lain, Amor en Menuscula dan Wabi Sabi. 

Baca Juga : 7 Ajaran Jepang 日本 Untuk Hancurkan Rasa Malas 

Untuk Siapa Buku Ini?

Para pemuda yang sedang mencari jati diri dan tujuan hidupSiapapun yang tertarik tentang kehidupan orang Jepang. Siapapun yang ingin hidup lebih sehat secara fisik dan mental.

BELI DI SINI

Hidup bahagia dan panjang umur ala orang jepang

Setiap orang tentunya ingin memiliki hidup sehat dan panjang umur. Untuk mendapatkannya, banyak hal yang harus dilakukan. Tidak cukup hanya makan makanan yang sehat saja. Diperlukan juga hal lain seperti, ketenangan pikiran dan ikigai.

Ikigai merupakan motivasi bagi seseorang untuk bangun di pagi hari. Posisi ikigai sendiri berada di atas cita-cita, sehingga penting untuk memahaminya. Selain ikigai, rangkuman ini juga menjelaskan tiga hal penting lainnya, yaitu diet, olahraga, dan beraktivitas sosial.

Hal-hal menarik yang bisa Anda pelajari dari rangkuman buku ini antara lain:

  • Apa definisi dan urgensi dari ikigai;
  • Kenapa ikigai penting dalam menciptakan hidup yang sehat dan panjang umur;
  • Kenapa diet menjadi suatu hal yang penting;
  • Apa perbedaan olahraga biasa dengan olahraga ala ikigai; dan
  • Apa perbedaan aktivitas sosial ikigai dengan aktivitas sosial biasa.

Ikigai (生き甲斐) adalah istilah dari bahasa Jepang untuk menjelaskan kesenangan dan makna kehidupan. Secara harfiah, kata Ikigai berasal dari kata “iki” yang berarti kehidupan dan “gai” yang berarti nilai, sehingga Ikigai dapat diartikan sebagai alasan kita hidup, menjalani hidup mulai bangun pagi.

Ada beberapa tempat di dunia ini yang memiliki gelar bernama ‘zona biru’. Zona biru diberikan kepada daerah-daerah tersehat di dunia, karena penduduknya sangat sehat sehingga memilki Angka Harapan Hidup tertinggi di dunia.

Adapun lima zona biru di dunia ini terletak di daerah Okinawa, Sardinia, Loma Linda, Semenanjung Nicoya, dan Ikaria. Orang-orang di sana memiliki umur panjang atau yang biasa disebut dengan centenarian.

Ada empat hal yang dilakukan centenariansehingga mereka memiliki umur yang panjang, yaitu diet, olahraga, bersosial, dan ikigai.

Sebelum konsep ikigai ramai diperbincangkan, sebenarnya sudah ada metode serupa yang bernama logoterapi. Logoterapi adalah metode psikologi untuk menemukan tujuan hidup dengan menghadapi neurosis.

Langkah-langkah yang biasa ditempuh agar logoterapi dapat bekerja adalah:

  • Pasien merasa hampa, frustasi, dan cemas;
  • Terapis menunjukkan bahwa perasaan negatif tersebut adalah akibat rasa keinginan untuk memiliki hidup yang lebih bermakna;
  • Pasien menemukan tujuan hidupnya;
  • Menerima segala takdir yang menimpanya selama ini; dan
  • Pasien memiliki gairah hidup yang baru.

Logoterapi tidak melihat frustasi sebagai penyakit jiwa melainkan sebagai kesedihan spiritual. Logoterapi melihat frustasi ini sebagai hal positif karena dapat menjadi katalisator seseorang dalam menemukan tujuan hidup mereka.

Logoterapi berbeda dengan metode psikoanalisis yang biasa dilakukan oleh para psikolog. Perbedaannya pun cukup banyak. Logoterapi fokus melihat masa depan sedangkan psikoanalisis berfokus pada masa lalu.

Psikoanalisis berfokus pada asal-usul terjadinya masalah, sedangkan logoterapi berfokus pada kapan dan dimana masalahnya muncul. Meskipun logoterapi dinilai merupakan metode yang tidak kaku, logoterapi masih dianggap kurang memuaskan karena bergantung pada masalah yang dialami seseorang.

Maka dari itu jika masalahnya tidak ada, seseorang tidak akan menemukan tujuan hidupnya. Hal inilah yang dapat diselesaikan oleh ikigai.

“Satu-satunya cara untuk keluar dari kebiasaan adalah dengan menghadapkan otak pada informasi baru.” – Shlomo Breznitz 

BELI DI SINI

Dalam satu abad terakhir, manusia di dunia berhasil meningkatkan rata-rata Angka Harapan Hidup sebanyak 0,3 tahun pada setiap tahunnya. Untuk terus meningkatkannya Anda memerlukan usaha untuk memperbaiki gaya hidup.

Salah satu musuh manusia dalam mewujudkan hidup sehat secara mental adalah stres. Penelitian yang dilakukan oleh Rumah Sakit Universitas Heidelberg membuktikan bahwa stres memicu pertumbuhan sebuah protein yang membunuh sel sehat dalam tubuh.

Tingkat stres yang tinggi kehidupan manusia modern disebabkan oleh gaya hidup mereka sendiri.Jika Anda membandingkan kehidupan manusia modern dengan manusia goa, ternyata manusia modern selalu merasa waspada terhadap berbagai hal disekitarnya.

Manusia modern juga menganggap bahwa setiap notifikasi dan email pada handphone mereka sebagai ancaman, sedangkan manusia goa hanya terancam disaat kondisi terdesak saja.

Banyak solusi untuk mengendalikan stres agar hidup Anda bisa lebih sehat dan panjang umur, salah satunya adalah mindfulnessMindfulness adalah memusatkan segala perhatian terhadap apa yang Anda lakukan tanpa memberi penilaian apapun.

Kondisi mindfulness dapat dicapai dengan meditasi dan konsentrasi. Anda juga bisa melakukannya dengan yoga, latihan pernafasan, dan pemindaian tubuh dengan menggunakan pikiran.

Bagi mereka yang telah mengetahui ikigai-nya, menghadapi stress atau kemunduran apapun bukanlah suatu masalah karena terdapat resiliensi pada pikiran mereka. Resiliensi adalah ketangguhan dalam menghadapi kemunduran.

Resiliensi dapat dimiliki dengan memahami konsep StoikismeStoikisme adalah pemahaman yang menganggap kesenangan dan keinginan bukan sebagai masalah, selama tidak sampai mengendalikan diri Anda.

Apabila seseorang telah memiliki resiliensi, maka sifat tersebut bisa berkembang menjadi sifat antifragility. Ada tiga langkah agar Anda memiliki sifat antifragility:

  • Hadapi situasi di mana Anda tidak dibutuhkan lagi oleh perusahaan tempat Anda bekerja.
  • Bertarunglah secara konservatif di bidang tertentu sekaligus mengambil resiko kecil di tempat lain.
  • Singkirkan satu per satu hal yang membuat Anda rapuh.

Jika Anda sedang berada di sebuah lereng bersalju dan bermain ski, maka Anda akan merasakan sensasi yang luar biasa. Sensasi itu berasal dari adrenalin saat Anda bermain ski di lintasan tersebut.

Sensasi ini merupakan gambaran dari konsep flow. Flow adalah keadaan di saat seseorang begitu tertarik pada suatu aktivitas sehingga tidak ada hal lain yang tampak penting. Tanpa adanya kondisi flow pada aktivitas kita, kebahagiaan ala ikigai tidak akan pernah tercapai.

Ada tujuh syarat yang harus Anda penuhi agar mencapai kondisi flow:

  • Mengetahui apa yang harus Anda lakukan.
  • Mencari tahu bagaimana cara melakukannya.
  • Mengetahui kemampuan yang Anda miliki.
  • Mengetahui jalan atau metode yang harus Anda tempuh.
  • Pahami tantangan yang ada.
  • Pahami keterampilan yang Anda butuhkan.
  • Hilangkan segala gangguan yang dapat mengganggu aktivitas Anda.

Adapun strategi agar kondisi flow bisa Anda miliki. 

Pertama, pilihlah tugas yang sulit tapi jangan terlalu sulit. Memilih tingkat kesulitan sangat penting, agar Anda bisa memasuki kondisi flow yang bisa membuat Anda tertantang, dan tidak membosankan.

Kedua, tentukan target yang jelas dan konkret dari aktivitas Anda. Selain harus punya target yang jelas, Anda pun harus fokus pada setiap proses untuk mewujudkan target Anda. Jika target yang Anda buat samar, maka Anda hanya akan mengalami kebingungan sehingga energi Anda terbuang sia-sia. Jika target Anda sudah jelas tetapi tidak fokus menjalankan prosesnya, maka Anda akan terjebak dalam kondisi yang buntu dan tidak akan kunjung memulainya.

Ketiga, konsetrasi hanya pada satu tugas saja dalam satu waktu. Konsentrasi merupakan kunci utama untuk memasuki kondisi flow. Lawan dari konsentrasi ini adalah multitasking.

Untuk membantu memasuki kondisi flow, Anda mungkin perlu melakukan meditasi yang berguna untuk melatih otot mental. Adapun tujuan meditasi yaitu menenangkan pikiran, mengamati pikiran dan emosi, serta mengarahkan fokus pada satu hal tertentu.

“Kita adalah apa yang kita lakukan secara berulang. Maka keunggulan bukanlah tindakan, tetapi kebiasaan.” – Aristoteles

BELI DI SINI 

Istilah supercentenarian, yaitu centenarian yang memiliki usia 110 tahun atau lebih. Salah satu supercentenarian yang pernah hidup adalah Misao Okawa dari Jepang.

Misao Okawa adalah supercentenarian yang memegang rekor manusia tertua di dunia sampai April 2015. Misao Okawa meninggal di usia 117 tahun 27 hari. Kunci Misao Okawa dalam menjaga kesehatan sangatlah sederhana, yaitu makan dan tidur secara tepat.

Adapun Maria Capovilla yang pernah memegang Guiness Book of Record karena menjadi manusia tertua dengan umur 116 tahun 347 hari. Kunci Maria Capovilla tenyata adalah tidak pernah memakan daging selama hidupnya. Maria memakan protein nabati untuk tetap bertahan hidup.

Adapula Jeanne Calment asal Prancis yang hidup sampai usia 122 tahun. Bahkan Jeanne masih merokok sampai usianya 110 tahun. Kunci hidup panjang Jeanne adalah hidupnya yang santai dan humoris. Ia tidak mau stres dalam menghadapi masalah hidupnya.

Untuk lebih serius dalam memahami kehidupan, Anda perlu mengambil pelajaran dari penduduk Okinawa. Okinawa adalah salah satu dari lima zona biru di dunia.

Kunci panjang umur penduduk Okinawa adalah dengan mengekspresikan kebahagiaan. Masyarakat Okinawa sangat senang melakukan berbagai perayaan yang dilakukan secara bersama-sama, termasuk perayaan ulang tahun dari masing-masing penduduknya.

Selain itu, mereka memiliki mindset bahwa semakin lama dia hidup maka dia akan semakin kuat. Karena itu, ikigai yang mereka miliki akan semakin tajam.

Ada beberapa tips dari penduduk Okinawa agar hidup Anda lebih lama: Jangan pernah merasa khawatir terhadap apapun; Pastikan Anda selalu tenang dalam menyelesaikan setiap masalah yang Anda miliki; Biasakan kebiasaan baik; Sederhana pada kehidupan Anda, seperti bangun di pagi hari. Selain itu; Anda juga tidak boleh tergesa-gesa dalam melakukan setiap aktivitas; Anda juga harus membangun kehidupan sosial yang baik dengan menjalin persahabatan kepada beberapa orang; Dan Anda harus selalu optimis dalam setiap aktivitas Anda.  

Menurut WHO, Jepang merupakan negara dengan harapan hidup tertinggi di dunia, khususnya wilayah Okinawa. Jepang berhasil mengalahkan Swedia dan Amerika yang merupakan negara dengan harapan hidup yang tinggi di dunia.

Salah satu kunci dibalik kesehatan penduduk Okinawa adalah pengaturan nutrisi dengan melakukan diet. Ada lima kunci dalam melaksanakan diet ala Okinawa yaitu:

  1. Makan buah lima porsi,
  2. Memakan biji-bijian sebagai sumber karbohidrat,
  3. Mengkonsumsi gula sepertiga lebih kecil dari penduduk jepang lainnya,
  4. Mengkonsumsi garam maksimal 7 gram garam per hari, dan
  5. Pemasukan kalori tidak lebih dari 1785 kalori perhari.

Adapula tradisi lain penduduk Okinawa dalam mengatur nutrisinya yaitu Hara Hachi BuHara Hachi Bu adalah prinsip berhenti makan sebelum kenyang. Penduduk Okinawa hanya makan sampai perut mereka terisi hingga 80%.

Makanan yang dimakan oleh penduduk Okinawa juga memiliki antioksidan yang bisa memperlambat oksidasi dalam sel serta menetralkan radikal bebas yang menyebabkan penuaan.

Antioksidan yang biasa mereka makan adalah tahu, miso, tuna, wortel, melon, rumput laut, kubis, bawang, kacang kedelai, labu, ubi jalar, merica dan teh melati.

Selain itu, mereka juga mengkonsumsi Sanpin-cha, campuran antara teh hijau dan daun melati. Penduduk Okinawa mengkonsumsi sanpin-cha setiap hari. Sanpin-cha mengandung banyak khasiat, seperti memperkuat kekebalan tubuh, mengurangi resiko serangan jantung, dan menurunkan kolestrol.

Selain mengontrol nutrisi, penduduk Okinawa meyakini bahwa umur yang panjang tidak dicapai dengan banyak berolahraga, melainkan banyak bergerak. Mereka hampir tidak pernah pergi ke gym, tapi mereka selalu bergerak dalam aktivitas rutin sehari-hari.

Rutinitas penduduk Okinawa yang syarat akan aktivitas fisik juga diiringi dengan beberapa olahraga khas timur seperti Taiso dan Tai Chi. Kedua olahraga tersebut merupakan perpaduan antara aktivitas fisik dan pikiran.

  • Ikigai menjadi populer dari ketidakpuasan para psikolog terhadap metode logoterapi.
  • Ikigai dapat dicapai dengan memasuki pikiran yang tenang kemudian jati diri yang sebenarnya dapat ditemukan.
  • Ikigai membuat hidup lebih sehat karena membuat pikiran dan aktivitas bergerak ke arah yang seharusnya.
  • Kunci diet orang jepang adalah mengisi perut tidak lebih dari 80% dengan makanan bergizi.
  • Olahraga timur berfokus pada kombinasi antara aktivitas fisik dan pikiran sehingga menciptakan tubuh yang sehat secara fisik dan mental.
  • Kunci aktivitas sosial dalam menciptakan hidup yang sehat dan panjang umur adalah sering berkumpul dengan teman yang baik.

Sumber : Pimtar

Yuk bagikan di sosmed sahabat… terima kasih 


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

11 HP VIVO TERMURAH MULAI RP 1 JUTA
Hello. Add your message here.