Tips Lolos Semua Tahapan Seleksi Sekolah Kedinasan

Taruna Politeknik Imigrasi
Tiga Jenis Tes Masuk Sekolah Kedinasan 

Menjadi PNS merupakan impian semua orang yang telah berhasil lulus Sekolah dan mendapatkan ijazah. Umumnya seorang PNS harus memiliki pendidikan yang tinggi. Lalu apakah seorang tamatan SMA/SMK sederajat bisa menjadi seorang PNS? Bisa kok sobat, lulusan/tamatan SMA sederajat Bisa menjadi PNS, caranya dengan jalur khusus masuk Sekolah Kedinasan atau Sekolah Ikatan Dinas.

Perguruan tinggi kedinasan atau sekolah kedinasan merupakan salah satu alternatif pilihan bagi kalian yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Perguruan tinggi kedinasan juga tidak kalah populer dengan Perguruan Tinggi Negeri loh, sebab tiap tahunnya sekolah kedinasan selalu dibanjiri oleh pelamar yang berminat melanjutkan pendidikan di kedinasan. Selain itu, masuk perguruan tinggi negeri tentu membutuhkan biaya kuliah yang tidak murah, mulai dari biaya hidup bagi yang merantau maupun biaya kuliahnya sendiri.

Karena itu, memilih Perguruan Tinggi Kedinasan adalah solusi yang tepat untuk siswa atau siswi yang memiliki kepintaran akan tetapi terhalang oleh kemampuan ekonomi yang pas-pasan untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi lagi. Sebab, sekolah kedinasan selain biaya kuliah yang gratis, dan ketika lulus langsung diangkat menjadi PNS. Beberapa sekolah kedinasan juga memberikan uang saku dan fasilitas asrama untuk tempat tinggal, sehingga tidak perlu mencari tempat kos atau kontrakan lagi.

Tips Lolos Seleksi Sekolah Kedinasan 2020

1. Tahapan Seleksi Tes Administrasi

Pertama kali agar lolos masuk sekolah kedinasan kamu harus mengetahui persyaratan administrasi yang dibutuhkan di masing-masing sekolah kedinasan. Tentu setiap sekolah kedinasan memiliki kriteria persyaratan berbeda-beda. Kamu harus lolos di tiap persyaratan seperti :

  • Nilai berupa Nilai Rata-rata Ujian di Ijazah, Minimal Nilai Rapor pada 5 Semester dari kelas X dan XI (bagi yang belum lulus), ataupun Nilai Ujian yang tertulis pada ijazah tidak boleh kurang dari nilai minimal/nilai yang ditentukan.
  • Calon lulusan atau lulusan SMA/SMK sederajat pada tahun yang ditentukan.
  • Persiapan Surat-surat penting/dibutuhkan untuk melamar : KTP, KK, SKCK, Surat Keterangan Belum menikah, KTP Orang Tua (Baik Foto Copy / Asli / Legalisir / Scan harus dipersiapkan untuk mendaftar)
  • Pendaftaran Seleksi Adminsitrasi dilakukan secara online, jadi persiapkan file bentuk scan pdf (soft copy) untuk di Upload.

2. Tahapan  Tes Tertulis SKD, TPA / TKB

Setelah tahapan adminsitrasi kamu akan menghadapi Tes Tertulis seperti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berupa Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelijen Umum dan Tes Karakteristik Pribadi. Tahapan Tes SKD ini kamu akan diberikan waktu 90 menit untuk mengerjakan. Tes ini wajib diikuti oleh seluruh peserta sekolah kedinasan.

Tes Tertulis lainnya yaitu Tes Potensi Akademik atau Tes Kompetensi Bidang (TPA/TKB) biasanya untuk tes ini hanya beberapa sekolah kedinasan saja yang menerapkan artinya tidak semua sekolah kedinasan menerapkan tes tertulis ini.

Maka dari itu, selalu pelajari mengenai bentuk soal yang diujikan. Begitu kamu terbiasa dengan latihan soal yang banyak tentu kamu dapat mengelola waktu dalam mengerjakan soal dengan cepat. Kamu juga bisa mencari cara atau Tips menjawab soal SKD/SKB maupun TKB di Internet.

3. Seleksi Tes Kesehatan

Tahapan Seleksi Tes Kesehatan ini memang sebuah keharusan dan wajib di ikuti oleh peserta yang ingin masuk sekolah kedinasan. Tiap tahunnya pemerintah selalu menerapkan tahapan ini di setiap penerimaan calon taruna/ taruni atau mahasiswa sekolah kedinasan.

Karena itu, untuk sobat stanbrain yang ingin banget menjadi PNS atau melanjutkan sekolah ke jenjang lebih tinggi dengan biaya gratis di Sekolah Kedinasan. Ada baiknya dari sekarang mulai menjaga kesehatan, jaga pergaulan, jauhi narkoba dan rokok, terapkan sejak sedini mungkin untuk mengikuti Pola Hidup Sehat. Cek kesehatan secara keseluruhan sebelum tes diadakan. Baik tes di rumah sakit atau di klinik.

Check Up Tes Kesehatan Luar
  • Buta warna
  • Tes Mata
  • Gigi dan mulut
  • THT
  • Tekanan Darah
  • Tinggi dan Berat Badan, dll
Check up Tes Kesehatan Dalam
  • Kesehatan Paru-paru
  • Kesehatan Jantung
  • Urine
  • Darah

Tentu saja Tes Kesehatan ini disesuaikan oleh masing-masing sekolah Kedinasan. Nah dengan melakukan cek kesehatan dari sekarang, kamu dapat mengetahui bagian mana penyakit yang ditemukan, lalu kamu dapat berobat dan berkonsultasi dengan dokter agar dapat sehat kembali.

4. Tes Seleksi Kesamaptaan

Pada tes ini, kamu harus mengandalkan kekuatan fisik, seperti tes ketahanan lari. Tes ketahanan lari ini biasanya berlangsung selama 12 menit dengan kriteria nilai paling besar. Karena hal itu, bagi kamu yang memiliki ketahan fisik yang kurang, segeralah berolahraga secara rutin yakni Lari pada pagi dan sore hari. Jangan siang ya sobat, kalau siang kena polusi udara tentu akan mengganggu kesehatan paru-paru juga.

Lakukan latihan Push Up, Pull Up dan Sit Up minimal setiap harinya 5 kali dan lakukan berbagai macam latihan fisik secara rutin dan teratur.

5. Tahapan Seleksi Tes Wawancara (Interview)

Pada tahapan ini sebenarnya tahapan yang paling mudah, dikarenakan kamu tidak perlu bekerja keras untuk menghafal seperti SKD/TPA apalagi Tes Psikotes. Walaupun mudah tentu ini sebagai penentu lulus atau tidaknya ke tahapan berikutnya. Karena itu pada tahapan ini kamu harus mempersiapkan

  • Memakai pakaian yang sudah ditentukan
  • Berpenampilan Sigap, intelek dan Bersahabat
  • Persiapkan Materi Tentang UUD
  • Kuasai Kemampuan Bahasa dan Keterampilan
  • Paling penting utamakan kejujuran

6. Seleksi Penentuan Tahap Akhir (Pantukhir)

Merupakan tahapan seleksi tes tingkat pusat dan tingkat akhir yang biasanya berisi dengan semua tahapan seleksi tes yang diulang kembali dan biasanya ditambah dengan Tes Kesehatan Jiwa. Jadi siapkan mental mu dengan baik ya sobat. Sebab kondisi mental yang kurang baik sangat mempengaruhi seseorang dalam mengerjakan setiap tahapannya.

Sumber : Stanbrain

Artikel Pilihan

Yuk bagikan sebagai sedekah…

About Auther:

Info Biografi

Beasiswa Sekolah Kedinasan IPDN STAN AKPOL Dll
Hello. Add your message here.