5 Olahraga untuk Meninggikan Badan

Yuk bagikan infonya...

Ilustrasi/moslemlifestyle.com
Buku Panduan Resmi Tes Akademik Kampus Kedinasan

Tinggi badan seseorang ditentukan oleh beberapa faktor, yaitu faktor genetik, asupan nutrisi, dan lingkungan. Faktor genetik memegang 60 hingga 80 persen peran dalam menentukan tinggi badan seseorang, selebihnya ditentukan oleh jenis makanan yang dikonsumsi dan jenis olahraga yang dilakukan. Lantas, apa saja olahraga yang bisa dilakukan agar tubuh bisa lebih tinggi?

Rutin berolahraga nyatanya tidak hanya membuat tubuh sehat dan bugar, tetapi juga bisa membantu menambah tinggi badan. Coba lakukan jenis olahraga yang memberikan beban pada tulang panjang kaki, seperti jogging, lari, lompat tali, basket, bersepeda, dan berenang. Melakukan olahraga tersebut bisa merangsang tulang terus tumbuh dan akan berpengaruh pada tinggi badan.

Jenis Olahraga untuk Membantu Tubuh Lebih Tinggi

Faktor utama yang menentukan tinggi badan seseorang adalah faktor genetik. Namun, mencukupi asupan makanan dan rutin berolahraga nyatanya juga bisa membantu agar tubuh lebih tinggi. Berikut beberapa jenis olahraga yang bisa dicoba untuk menambah tinggi badan:

1. Jogging dan Lari
Ilustrasi/Google
Ilustrasi/Google

Olahraga peninggi badan seperti jogging dan berlari memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Kedua olahraga ini dipercaya mampu membantu membakar kalori, dan membakar lemak. Jogging dan lari juga dapat membantu untuk menambah tinggi badan, karena jogging dan lari bisa membantu memperkuat bagian kaki dan mampu menstimulus pertumbuhan tulang. Lakukanlah jogging atau berlari pagi hari secara rutin paling tidak 1–2 kilometer per hari, dan lakukanlah 3 kali per minggu.

2. Lompat Tali
Ilustrasi/moslemlifestyle.com
Ilustrasi/moslemlifestyle.com

Sebagai salah satu olahraga peninggi badan, lompat tali memiliki manfaat untuk menguatkan tulang kaki dan mengencangkan otot kaki, dan bisa menstimulasi pertambahan tinggi badan kamu. Caranya, kamu bisa melakukan lompat tali kira-kira sebanyak 40 sampai 100 kali putaran dalam sehari. Sebaiknya kamu melakukan gerakan ini secara rutin setiap hari untuk memperoleh hasil yang maksimal.

3. Basket
Ilustrasi/pikiran-rakyat.com
Ilustrasi/pikiran-rakyat.com

Basket juga dikategorikan sebagai olahraga peninggi badan sejak dulu yang banyak diminati. Hal ini karena basket mempunyai kombinasi gerakan melompat dan melempar yang bisa menstimulus pertumbuhan tulang. Caranya kamu bisa melakukan olahraga basket sebanyak 3–5 kali dalam seminggu. Saat bermain bola basket lakukanlah latihan shooting dan jumping secara rutin dalam satu minggu.

4. Bersepeda
Ilustrasi/Kompas.com
Ilustrasi/Kompas.com

Bersepeda juga menjadi salah satu olahraga peninggi badan yang menyenangkan untuk dilakukan bagi kamu yang masih berusia muda. Gerakan kaki ketika kamu mengayuh sepeda bisa membuatnya meregang dan membuat kaki cepat tumbuh lebih panjang. Kamu bisa bersepeda sambil berkeliling atau menggunakan sepeda statis di dalam ruangan. Bila kamu bersepeda secara teratur, maka tinggi badan akan bertambah secara optimal.

5. Berenang
Ilustrasi/ducas.co.id
Ilustrasi/ducas.co.id

Olahraga peninggi badan lainnya yakni renang. Renang bisa menstimulus pertumbuhan dan perkembangan tulang. Karena itu, bisa memperkuat tulang dan meninggikan tubuh kamu. Berbagai macam gaya renang bisa kamu lakukan seperti gaya bebas, gaya punggung, dan berbagai macam gaya lainnya secara rutin, paling tidak 3 hari dalam seminggu.

Sumber : Halodoc

Artikel Pilihan 

Yuk bagikan sebagai sedekah…


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

Program Warisan Rp 1 Miliar Selengkapnya...
Hello. Add your message here.