Syarat Pendaftaran Akademi Angkatan Laut (TNI AL)

Ilustrasi/al.rekrutmen-tni.mil.id
Ilustrasi/al.rekrutmen-tni.mil.id

Mau jadi perwira TNI Angkatan Laut? Yuk siapkan diri kalian untuk mengikuti seleksi penerimaan taruna Akademi Angkatan Laut (AAL TNI AL), berikut ini syarat-syarat yang harus dipenuhi apabila kalian akan mendaftar di AAL.

PERSYARATAN

1. Warga negara Republik Indonesia, pria/wanita beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara RI Tahun 1945, bukan Pegawai Negeri Sipil (PNS)

2. Pria atau Wanita, mempunyai tinggi badan sekurang-kurangnya 163 cm untuk calon taruna dan 157 cm untuk calon taruni dengan berat seimbang.

3. Berusia setinggi-tingginya 22 tahun dan sekurang-kurangnya 17 tahun 9 bulan pada saat pembukaan Dikma, tanggal 01 Agustus 2020.

4. Berijazah SMA/MA program IPA, dengan ketentuan nilai UAN sebagai berikut:

a) Lulus SMA/MA tahun 2015 jurusan IPA dengan nilai  UN rata-rata IPA minimal 55,00;

b) Lulus SMA/MA tahun 2016  jurusan IPA dengan nilai rata-rata IPA minimal 50,00;

c) Lulus SMA/MA tahun 2017 jurusan IPA dengan nilai rata-rata IPA minimal 47,00;

d) Lulusan SMA/MA tahun 2018 jurusan IPA dengan nilai UN rata-rata minimal 46,00

e) Lulusan SMA/MA tahun 2019 jurusan IPA dengan nilai UN rata-rata minimal 47,50 dan jurusan IPS minimal 42,00

f) Lulusan  SMA/MA tahun 2020 jurusan IPA Nilai rat-rata Rapor semester 1 s.d. 6 terdiri mata pelajaran BHS INDONESIA,BIOLOGI,MATEMATIKA,BHS INGGRIS DAN FISIKA minimal 70,00 dan tidak ada nilai dibawah 60,00.

g) Lulusan  SMA/MA tahun 2020 jurusan IPS Nilai rat-rata Rapor semester 1 s.d. 6 terdiri mata pelajaran BHS INDONESIA, GEOGRAFI, MATEMATIKA, SOSIOLOGI DAN BAHASA INGGRIS, EKONOMI minimal 75,00 dan tidak ada nilai dibawah 60,00.

5. Berkelakuan baik dan tidak sedang kehilangan hak untuk menjadi Prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap disertai dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian  (SKCK) dari polres setempat.

6. Sehat jasmani dan rohani, tidak bertato/bekas tato dan tidakbertindik telinga atau anggota badan lainnya kecuali yang disebabkan oleh oleh ketentuan adat, tidak buta warna dan tidak berkaca mata/ memakai softlens.

7. Belum pernah menikah dan sangup tidak menikah selama mengikuti Dikma.

8. Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama sepuluh tahun terhitung mulai saat dilantik menjadi Letnan Dua.

9. Bersedia ditempatkan Diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

10. Bukan prajurit TNI,anggota Polri maupun Pns;

11. Surat Keterangan Bersih Diri Dari Koramil setempat (SKBD)

CARA MENDAFTAR

  1. Calon mendaftar secara online melelui internet dengan website al.rekrutmen-tni.mil.id dengan mengisi formulir pendaftaran.

2. Daftar ulang secara fisik ketempat pendaftaran yang telah ditentukan dengan menunjukkan cetakan formulir pendaftaran  dan dukumen asli Akte Kelahiran,KTP Calon,KTP Oranag Tua/Wali,Kartu Keluarga(KK),Ijazah Dan SKHU SD,SMP,SMA Sederajat Masing-masing foto copy Satu lembar,Pas foto hitam putih terbaru ukuran 4×6 cm dua lembar,3×4 tiga (3) lembar serta stopmap warna Kuning

3. Pakaian Calon saat mandaftar kemeja putih dan celana kain hitam.

Kapan pendaftaran dibuka? kunjungi http://al.rekrutmen-tni.mil.id/

Artikel Pilihan

Yuk bagikan sebagai sedekah…

About Auther:

Info Biografi

Beasiswa Sekolah Kedinasan IPDN STAN AKPOL Dll
Hello. Add your message here.