8 Sekolah Kedinasan Terbaik di Indonesia

Yuk bagikan infonya...

Ilustrasi/Google
Syarat Utama Daftar Sekolah Kedinasan

Di Indonesia banyak sekali disediakan berbagai perguruan tinggi, ada yang perguruan tinggi negeri, swasta dan juga sekolah kedinasan. Masing-masing memiliki keunggulan sendiri-sendiri. berikut ini daftar sekolah kedinasan terbaik di Indonesia yang selalu jadi incaran calon mahasiwa.

1. STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara)

STAN adalah sekolah kedinasan yang didirikan pada tahun 1952. Sekolah kedinasan ini merupakan sekolah yang mengajari tentang hal – hal yang berhubungan dengan akutansi dan keuangan yang berada di bawah naungan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan RI.

Setiap tahunnya, sekolah ini menjadi favorit banyak lulusan SMA, MA dan SMK yang ingin melanjutkan di sekolah kedinasan di Indonesia. Banyak orang yang berminat untuk melakukan pendaftaran sekolah kedinasan di STAN dikarenakan selama pendidikan mahasiswa tidak akan dipungut biaya apapun.

Selain itu, lulusan STAN akan langsung diangkat menjadi CPNS. STAN menyediakan beberapa program DI dan DIII dengan pilihan jurusan antara lain Akuntansi, Pajak, Penilai PBB, Kepabeanan dan Cukai, Kebendaharaan Negara dan Manajemen Aset. Program Diploma I dilaksanakan selama satu tahun dan diploma III dilaksanakan selama 3 tahun. Syarat Pendaftaran STAN

2. STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik)

STIS juga merupakan sekolah kedinasan yang memiliki banyak peminat. Bedanya sekolah ini lebih mempelajari tentang hal – hal yang berkaitan dengan statistik, matematika, dunia data dan juga komputer.

STIS merupakan sekolah kedinasan di Indonesia yang dikelola oleh Badan Pusat Statistik. Beberapa pilihan jurusan yang ditawarkan antara lain Statistika dan Komputasi Statistik. Program yang ditawarkan adalah program Diploma IV yang memiliki beban studi sebanyak 140 sampai 160 SKS.

Ada dua peminatan yang diberikan dengan program ini, Statistika Ekonomi dan Statistika Sosial Kependudukan. Lulusan dari Statistika Ekonomi nantinya akan dapat melaksanakan analisis terhadap data statistika yang berkenaan dengan ekonomi sedangkan untuk lulusan Statistika Sosial Kependudukan akan lebih fokus pada statistika yang berhubungan dengan demografi, statistika sosial dan kependudukan. Syarat Pendaftaran STIS

3. STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara)

STIN adalah sekolah yang mengajari mahasiswa tentang ilmu intelijen. Sekolah ini membutuhkan orang yang siap untuk ditempa fisik dan mentalnya dengan cukup keras. sekolah kedinasan ini bertujuan untuk menyiapkan mahasiswanya agar menjadi masyarakat intelijen yang memiliki keahlian profesional agar dapat menerapkan ilmu intelijen, teknologi, ilmu pengetahuan bahkan seni di bidang intelijen untuk menjaga bangsa Indonesia. Sekolah ini terletak di Sentul, Bogor dan berada di bawah naungan Badan Intelijen Negara (BIN). Program yang ditawarkan ada dua yaitu Agen dan Analisis. Syarat Pendaftaran STIN

4. STSN (Sekolah Tinggi Sandi Negara)

Jika detikers tergolong orang yang suka dengan dunia yang berhubungan dengan keamanan data dan dunia internet, maka jurusan yang diberikan di sekolah kedinasan ini pasti cocok untukmu. Program yang diberikan ada dua jenis, D-IV Manajemen Persandian dan D-IV Teknik Persandian. Teknik Persandian sendiri masih dibagi lagi menjadi dua peminatan yaitu Teknik Rancang Bangun Peralatan Sandi dan Teknik Kripto. Sekolah ini ditempuh selama 4 tahun dan berada di bawah pengelolaan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Jika kamu ingin melakukan pendaftaran sekolah kedinasan di sini, maka kamu harus persiapkan dari awal dikarenakan seleksinya cukup ketat dan menggunakan sistem gugur. Syarat Pendaftaran STSN

5. STPI (Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia)

Sekolah ini merupakan sekolah kedinasan yang dapat mencetak pilot – pilot handal yang dapat menerbangkan pesawat. Dahulu, sekolah ini merupakan API (Akademi Penerbangan Indonesia), namun kemudian diubah menjadi STPI (Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia). Sekolah kedinasan ini berada di bawah naungan Kementrian Perhubungan Indonesia yang didirikan pada tahun 1952. Agar dapat masuk ke sekolah ini, kamu harus mampu melewati beberapa tahapan tes antara lain tes akademik, tes kesehatan, tes psikologi dan tes wawancara. Dengan banyaknya tes yang dilakukan, membuat banyak juga lulusan SMA, MA dan SMK yang gagal untuk masuk ke STPI. Jurusan yang disediakan di sekolah ini antara lain jurusan penerbangan, teknik penerbangan, keselamatan penerbangan dan manajemen penerbangan.

6. AKMIL (Akademi Militer)

Sekolah kedinasan ini berada di Magelang, Jawa Tengah. Gelar yang akan didapat jika kamu bersekolah di sini adalah S.ST.HAN (Sarjana Terapan Pertahanan). Pendidikan di AKMIL ditempuh selama 4 tahun yang mana tahun pertamanya lebih fokus pada pendidikan dasar Keprajuritan Chandradimuka. Pendidikan di tahun pertama ini ditempuh bersama dengan taruna lain baik dari AAL, AAU maupun dari AKPOL. AKMIL dinilai menjadi sekolah kedinasan di Indonesia yang terbaik karena banyak lulusannya telah menjadi orang penting di Indonesia, salah satunya adalah Susilo Bambang Yudhoyono. AKMIL menyediakan beberapa jurusan yang dapat dipilih antara lain Manajemen Pertahanan, Teknik Mesin Pertahanan, Teknik Elektronika Pertahanan, Teknik Sipil Pertahanan dan Administrasi Pertahanan. Syarat Pendaftaran AKMIL

7. AAL (Akademi Angkatan Laut)

AAL masuk kedalam daftar sekolah kedinasan yang menjadi favorit banyak orang. Sekolah kedinasan ini merupakan sekolah tempat pendidikan bagi TNI angkatan laut. AAL terletak di Krembangan, Surabaya. Sama dengan AKMIL, pendidikan di sekolah ini ditempuh selama 4 tahun yang kemudian setelah lulus akan mendapat pangkat Letda (Letnan Dua). Jurusan yang ditawarkan di AAL antara lain Manajemen Pertahanan Matra Laut, Teknik Mesin Kapal Perang, Manajemen Logistik dan Keuangan Matra Laut, Teknik Elektronika Kapal Perang dan Manajemen Pertahanan Matra Laut Aspek Darat.

8. AAU (Akademi Angkatan Udara)

Hampir mirip dengan AAL, AAU adalah sekolah kedinasan yang mencetak TNI yang bertugas untuk pengamanan di udara. Lokasi dari sekolah ini dekat dengan Bandara Adi Sucipto di Yogyakarta. Jurusan yang disediakan adalah D-IV Teknik Aeronautika Pertahanan, D-IV Teknik Manajemen Industri Pertahanan dan D-IV Teknik Elektronika Pertahanan. Jika kamu ingin menjadi perwira angkatan udara, maka persiapkan dirimu untuk mendaftar di sekolah ini.

Itulah beberapa pilihan sekolah kedinasan yang bisa menjadi opsi jika para detikers ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi dengan sistem ikatan dinas. Sesuaikan program studi dan sekolah yang kamu pilih dengan minat dan bakat agar nantinya kamu dapat menjalani pendidikan dengan baik dan tanpa hambatan. Namun apapun pilihannya, selalu lakukan dengan penuh semangat dan ikhlas dalam menjalaninya.

Sumber : Detik

Artikel Pilihan

Yuk bagikan sebagai sedekah…


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

Info Kuliah Gratis, Lulus Jadi PNS atau Perwira TNI/POLRI
Hello. Add your message here.