Mengenal Politeknik Keuangan Negara STAN

Yuk bagikan infonya...

stan
Buku Panduan Resmi Tes Akademik Kampus Kedinasan 

Pendaftaran STAN 2021 Menggunakan Nilai UTBK! Ini Tahapan yang Harus Dilakukan

Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) merupakan pendidikan tinggi kedinasan di bawah Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yang menyelenggarakan pendidikan Program Studi Diploma di bidang keuangan negara. Mahasiswa PKN STAN tidak dipungut biaya perkuliahan selama mengikuti pendidikan. Tidak hanya itu, lulusan spesialisasi D1 dan D3 PKN STAN dapat diangkat menjadi CPNS di lingkungan Kementerian Keuangan atau Non-Kementerian Keuangan baik di pusat maupun daerah. Sebagai contoh, berikut informasi lengkap mengenai pendaftaran dan seleksi PKN STAN 2019.

Kriteria Peserta

Kebutuhan dari masing-masing spesialisasi ditujukan bagi peserta dengan kriteria:

  1. Program Reguler: program penerimaan mahasiswa baru dari seluruh wilayah Indonesia yang ditujukan untuk mengisi formasi pegawai Kementerian Keuangan dan Non-Kementerian Keuangan.
  2. Program Afirmasi: program penerimaan mahasiswa baru yang dikhususkan untuk putra-putri dari Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur untuk mengisi formasi pegawai Kementerian Keuangan pada unit kerja di wilayah tersebut.

Syarat Pendaftaran PKN STAN (Tahun 2019/2020)

1. Merupakan lulusan (tahun 2018 dan sebelumnya) atau calon lulusan (tahun 2019) dari SMA/SMK/MA/Sederajat

2. Persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan) bagi pendaftar:

a. Lulusan tahun 2018 dan sebelumnya, memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00; atau

b. Calon lulusan tahun 2019, memiliki nilai rata-rata rapor untuk komponen pengetahuan pada 5 semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII) tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00 atau 2,80 dengan skala 4,00, dengan ketentuan pada saat pendaftaran ulang yang bersangkutan telah dinyatakan lulus dan memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00.

3. Usia maksimal pada tanggal 1 September 2019 adalah 20 tahun. Usia minimal pada tanggal 1 September 2019 adalah 17 tahun bagi peserta yang memilih Spesialisasi Diploma I dan 15 tahun bagi peserta yang memilih Spesialisasi Diploma III.

4. Sehat jasmani dan kejiwaan dan bebas dari napza (narkoba, psikotropika, dan zat adiktif lainnya). Kriteria sehat jasmani adalah:

  1. Mampu melihat, mendengar, dan berbicara dengan baik
  2. Mampu melakukan tugas seperti menganalisis, mengetik, menyampaikan buah pikiran, dan berdiskusi
  3. Mampu bergerak tanpa bantuan alat bantu

5. Belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama mengikuti pendidikan

6. Khusus Spesialisasi Diploma I dan Diploma III Kepabeanan dan Cukai ditambahkan syarat sebagai berikut:

a. Jenis kelamin dan tinggi badan:

1) Spesialisasi D1:

  • Laki-laki tinggi badan minimal 165 cm
  • Perempuan tinggi badan minimal 155cm

2) Spesialisasi D3:

  • Berjenis kelamin laki-laki dengan tinggi badan minimal 165 cm

b. Tidak cacat badan

c. Tidak buta warna

d. Untuk pengguna kacamata/lensa kontak minus (rabun jauh) dan/atau plus (rabun dekat) dan/atau silindris dapat diberikan toleransi maksimal sampai ukuran 2 dioptri.

7. Khusus Program Afirmasi ditambah syarat sebagai berikut:

  1. Telah menyelesaikan SD/sederajat, SMP/SLTP/sederajat, dan SMA/SLTA/SMK/sederajat di provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur
  2. Mempunyai garis keturunan orang tua (ayah dan ibu kandung) asli provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur

8. Menyetor biaya pendaftaran sebesar Rp300.000. Biaya tersebut sudah termasuk biaya pelaksanaan Seleksi Kemampuan Dasar berdasarkan PP Nomor 63 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Badan Kepegawaian Negara.

9. Pendaftar tidak pernah dinyatakan lulus pada pengumuman SPMB PKN STAN pada tahun-tahun sebelumnya

Tata Cara Pendaftaran PKN STAN 2019

  1. Tahapan pendaftaran meliputi:

a. Registrasi peserta melalui https://sscasn.bkn.go.id/ pada tanggal 9-30 April 2019 terdiri dari tahapan sebagai berikut:

  • Memilih menu Sistem Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Melalui Pendidikan Kedinasan
  • Mendaftarkan diri dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) untuk mendapatkan akun dan password yang akan digunakan untuk login
  • Login menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan
  • Memilih sekolah kedinasan di PKN STAN, melengkapi biodata, dan mengunggah dokumen yang diperlukan. Khusus untuk calon peserta program afirmasi mengunggah tambahan dokumen sebagaimana dimaksud pada angka 2
  • Mengecek resume dan mencetak bukti pendaftaran
  • Logout dari portal https://sscasn.bkn.go.id/ untuk melanjutkan proses berikutnya melalui portal http://spmb.pknstan.ac.id/

Ingat! Kamu hanya boleh mendaftar di satu sekolah kedinasan pada Kementerian/Lembaga dan apabila kamu diketahui mendaftar lebih dari satu sekolah kedinasan pada Kementerian/Lembaga, maka kamu dinyatakan gugur.

b. Pengisian formulir pendaftaran online (e-registration) melalui portal http://spmb.pknstan.ac.id/ pada tanggal 9-30 April 2019 yang terdiri dari tahapan sebagai berikut:

  • Login menggunakan akun dan password yang didaftarkan pada portal https://sscasn.bkn.go.id/
  • Mengisi data pilihan Spesialisasi
  • Mengisi data tambahan pada formulir pendaftaran online
  • Mengunci data dan mendapatkan kode billing berupa Mandiri Virtual Account (MVA)
  • Menyetor biaya pendaftaran sesuai dengan ketentuan

c. Setelah melakukan pembayaran, peserta mengunduh dan mencetak Kartu Ujian pada portal https://sscasn.bkn.go.id/. Kartu Ujian dapat diunduh dan dicetak satu hari setelah calon peserta menyetor biaya pendaftaran.

2. Calon peserta Program Afirmasi mengunggah tambahan dokumen pada portal https://sscasn.bkn.go.id/ sebagai berikut:

  1. Ijazah SD dan ijazah SMP
  2. Akta kelahiran peserta, KTP ayah dan ibu kandung, dan Kartu Keluarga atau Surat Keterangan Hubungan Keluarga dari Kelurahan/Kepala Desa

3. Calon peserta melakukan pembayaran dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Periode pembayaran adalah 9-30 April 2019
  2. Pembayaran dilakukan melalui Bank Mandiri, dengan cara setoran tunai, ATM, m-banking, atau internet banking dengan menggunakan MVA (perhatikan tata cara pembayaran pada situs http://spmb.pknstan.ac.id/)
  3. Sebelum melakukan pembayaran, pastikan kamu sudah memenuhi seluruh persyaratan. Kesalahan yang terjadi saat menyetorkan biaya pendaftaran di bank adalah tanggung jawab masing-masing peserta dan uang yang telah disetor tidak dapat diminta kembali dengan alasan apapun.

Tahapan Seleksi

  1. Ujian Tertulis
  • Ujian tertulis menggunakan Computer Assisted Test (CAT) pada tanggal 3-13 Juli 2019.
  • Ujian tertulis terdiri atas Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), Tes Potensi Akademik (TPA), dan Tes Bahasa Inggris (TBI).
  1. Psikotes

Psikotes diikuti oleh calon mahasiswa yang lulus Ujian Tertulis. Seleksi psikotes akan dilaksanakan pada tanggal 3-8 Agustus 2019

  1. Ujian Kesehatan dan Kebugaran

Tahapan ini diikuti oleh calon mahasiswa yang lulus Ujian Tertulis. Ujian Kesehatan dan Kebugaran dilaksanakan pada tanggal 4-9 Agustus 2019. Ujian meliputi:

  • Ujian kesehatan, yaitu pemeriksaan mencakup pengukuran tinggi dan berat badan, tekanan darah, visus mata, dan/atau pemeriksaan lainnya
  • Ujian kebugaran, yaitu lari mengelilingi lintasan dan shuttle run
  • Khusus untuk calon mahasiswa Spesialisasi D1 dan D3 Kepabeanan dan Cukai, juga diujikan pull up/chinning, push up, sit up dan/atau aktivitas lainnya.

Panduan pendaftaran secara lengkap juga bisa kamu lihat di link berikut: Panduan STAN atau kunjungi bppk.kemenkeu.go.id dan pknstan.ac.id

Pengumuman pendaftaran sekolah kedinasan terbaru kunjungi website Seleksi Nasional Sekolah Kedinasan, Badan Kepegawaian Negara dikdin.bkn.go.id dan website masing-masing sekolah kedinasan.

Sumber : Ruangguru

Artikel Pilihan 

Yuk bagikan sebagai sedekah…


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

INFINIX HOT 40PRO NFC RAM 12GB MEMORI 256GB
Hello. Add your message here.