Syarat Pendaftaran Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatlogi dan Geofisika (STMKG)

Yuk bagikan infonya...

Ilustrasi / STMKG
Buku Panduan Resmi Tes Akademik Kampus Kedinasan 

Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) adalah Sekolah Kedinasan di bawah naungan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang mempersiapkan kader tenaga ahli tingkat madya, guna mendukung tugas BMKG sebagai lembaga acuan utama di Indonesia dalam memberikan informasi meteorologi, klimatologi, geofisika, dan kualitas udara, yang secara teknis akademik, pembinaanya dilakukan oleh Menteri Pendidikan Nasional dan secara teknis operasional dilakukan oleh Kepala BMKG.

Sebagai contoh, untuk dapat mengikuti proses pendaftaran taruna STMKG (tahun 2019), berikut ini syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh calon peserta.

A. Jenjang dan Program Studi

1. Meteorologi

STMKG mencetak lulusan Prodi D-IV Meteorologi yang mampu melakukan pengamatan unsur-unsur meteorologi dan memiliki kompetensi sesuai dengan jurusannya, yaitu mampu melakukan pengolahan dan analisa meteorologi. Selain itu, peserta didik mampu melaksanakan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan penerapan ilmu pengetahuan dalam bidang Meteorologi yang dimilikinya.

2. Klimatologi

STMKG mencetak lulusan Prodi D-IV Klimatologi yang mampu melakukan pengamatan unsur-unsur klimaatologi dan memiliki kompetensi sesuai dengan jurusannya, yaitu mampu melakukan pengolahan dan analisa klimatologi. Selain itu, peserta didik mampu melaksanakan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan penerapan ilmu pengetahuan dalam bidang klimatologi yang dimilikinya.

3. Geofisika

STMKG mencetak lulusan Prodi D-IV Geofisika yang mampu melakukan pengamatan unsur-unsur geofisika dan memiliki kompetensi sesuai dengan jurusannya, yaitu mampu melakukan pengolahan dan analisa geofisika. Selain itu, peserta didik mampu melaksanakan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan penerapan ilmu pengetahuan dalam bidang Geofisika yang dimilikinya.

4. Instrumentasi

STMKG mencetak lulusan Prodi D-IV Instrumentasi-MKG yang mampu menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dan berwawasan global di bidang Instrumentasi-MKG, sehingga mampu menunjang pelayanan jasa dibidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika. Selain itu, peserta didik mampu melaksanakan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan penerapan ilmu pengetahuan dibidang instrumentasi yang dimilikinya.

B. Persyaratan Calon Taruna
Persyaratan Umum

– Pria/Wanita Warga Negara Indonesia

– Sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna, dapat berkacamata maksimal minus (-)2, spheris dan tidak silinder.

– Umur tidak kurang dari 16 tahun dan tidak lebih dari 21 tahun pada tanggal 1 September 2019.

– Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama pendidikan.

– Bebas narkoba yang dibuktikan dengan tes kesehatan.

– Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain.

– Tinggi badan minimal 163 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita dengan berat badan seimbang.

– Bersedia bekerja di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika sesuai ketentuan yang berlaku sejak dinyatakan lulus pendidikan, dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Persyaratan Akademik

a. Lulus atau akan lulus SMA/Madrasah Aliyah (MA) jurusan IPA atau SMK dengan kompetensi keahlian Teknik Elektronika lndustri, Teknik Mekatronika, Teknik Jaringan Akses, Teknik Transmisi Telekomunikasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Komputer dan Jaringan.

b. Lulus atau akan lulus SMK dengan kompetensi keahlian pada butir (a) tersebut hanya dapat mendaftar untuk jurusan lnstrumentasi, Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (MKG). Kompetensi keahlian selain pada butir (a) tersebut tidak dapat diterima.

c. Bagi yang lulus sebelum tahun 2018, nilai ijazah untuk mata pelajaran Fisika, Matematika, dan Bahasa lnggris masing-masing minimal 70 (skala 100).

d. Bagi yang akan lulus pada tahun 2019, nilai rapor untuk tiga semester terakhir (semester 3, 4, dan 5) pada mata pelajaran Fisika. Matematika, dan Bahasa lnggris masing-masing minimal 70 (skala 100).

C. Jenis Seleksi

Seleksi terdiri atas 3 (tiga) tahap dengan sistem gugur :

– Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

– Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) untuk mata pelajaran Fisika, Matematika dan Bahasa lnggris

– Tes Kebugaran, Tes Kesehatan dan Wawancara

D. Ketentuan Lain

– Tidak diadakan surat menyurat antara calon taruna dengan Panitia PTB STMKG.

– Jika terdapat pertanyaan mengenai penyelenggaran PTB STMKG 2019 dapat melalui helpdesk live chat https://stmkg.ac.id dan dilayani pada jam kerja 08.00 WIB – 16.00 WIB.

– Memperhatikan kebutuhan pelaksana tugas jabatan yang akan dilaksanakan oleh calon Taruna/Taruni setelah lulus adalah pengamatan, pengelolaan dan pelayanan informasi MKG 24 jam dalam seminggu (24/7), serta pemeliharaan alat BMKG. Maka, jumlah formasi Taruna yang diterima Tahun 2019 adalah 250 orang dengan komposisi 90% pria dan 10% wanita untuk program studi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika serta 100% pria untuk prodi instrumentasi- MKG.

– Hasil-hasil seleksi akan diumumkan melalui laman (website) STMKG https://stmkg.ac.id

– Biaya pendaftaran yang sudah disetorkan tidak dapat ditarik kembali untuk alasan apapun.

– Keputusan Panitia PTB STMKG 2019 pada setiap tahapan bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.

Pengumuman pendaftaran STMKG kunjungi stmkg.ac.id, ptb.stmkg.ac.id, bkn.go.id dan website masing-masing sekolah kedinasan.

Sumber : STMKG

Artikel Pilihan 

Yuk bagikan sebagai sedekah…


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

Buku Tes Sekolah Kedinasan TNI/POLRI dan CPNS/PPPK 2021
Hello. Add your message here.