Batas Usia Untuk Daftar Sekolah Kedinasan

Yuk bagikan infonya...

Praja IPDN / Google
Praja IPDN / Google

Berbeda dengan Perguruan Tinggi Negeri yang bisa mendaftar untuk semua usia, di Sekolah Kedinasan calon mahasiswa yang ingin mendaftar setidaknya memiliki usia minimal dan maksimal yang sudah ditentukan.

Jadi apabila usia kalian sudah melewati ketentuan maka tidak bisa mendaftar di Sekolah Kedinasan. Walaupun secara umum masih bisa melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi lain namun bagi calon mahasiswa yang ingin masuk sekolah kedinasan akan menjadi masalah.

Nah buat kalian yang berkeinginan masuk Sekolah Kedinasan setidaknya harus mengetahui Batas Usia mendaftar di Sekolah Kedinasan. Berikut ini Batas Usia Untuk Mendaftar Sekolah Kedinasan.

1. PKN STAN

Batas umur sekolah kediansan di Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) berdasarkan Pendaftaran SPMB PKN STAN 2019 sebagai berikut :

  • Usia Maksimal pada tanggal 1 September 2019 adalah 20 Tahun, dalam pengertian calon peserta yang lahir sebelum tanggal 1 September 1999 tidak diperkenankan untuk mendaftar.
  • Usia Minimal pada tanggal 1 September 2019 adalah 17 Tahun bagi peserta yang memilih Spesialisasi Diploma 1 dan 15 tahun bagi peserta yang memilih spesialisasi Diploma III.

2. Polstat STIS

Batas umur sekolah kedinasan di Politeknik Statistika STIS (Polstat STIS) berdasarkan pendaftaran SPMB STIS 2020 sebagai berikut :

  • Umur Minimal : 16 Tahun, per 1 September 2020.
  • Umur Maksimal : 22 Tahun, per 1 September 2020.

3. IPDN

Batas usia Sekolah Kedinasan di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) berdasarkan pendaftaran spcp ipdn 2020 sebagai berikut :

  • Usia peserta seleksi minimal 16 Tahun, pada tanggal 31 Desember 2020.
  • Usia peserta seleksi maksimal 21 Tahun, pada tanggal 31 Desember 2020.

4. Poltek SSN

Batas usia Sekolah Kedinasan di Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN) berdasarkan pendaftaran spmb poltek ssn sebagai berikut :

  • Usia minimal 17 Tahun, pada tanggal 31 Desember 2020.
  • Usia Maksimal 21 Tahun, pada tanggal 31 Desember 2020.

5. Poltekip dan Poltekim

Batas Usia Sekolah Kedinasan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan dan Politeknik Imigrasi berdasarkan pendaftaran catar kemenkumham Poltekip dan Poltekim 2020 sebagai berikut :

  • Formasi Umum dan Formasi Putra/Putri Papua/Papua Barat : Usia pelamar tanggal 1 Juni 2020 serendah-rendahnya 17 Tahun dan tidak lebih dari 22 Tahun 0 bulan 0 hari (dibuktikan dengan Akta Kelahiran/surat keterangan lahir)
  • Formasi Pegawai dan Formasi Pegawai Putra/Putri Papua/Papua Barat : Usia pelamar pada tanggal 1 Juni 2020 tidak lebih dari 25 tahun 0 bulan 0 hari (dibuktikan dengan Akta kelahiran/surat keterangan lahir)

6. STIN

Batas usia sekolah kedinasan di Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) berdasarkan pendaftaran taruna baru (PTB) 2020 sebagai berikut :

  • Usia pada tanggal 31 Desember 2020 Serendah-rendahnya 16 Tahun dan Tidak lebih dari 24 Tahun (dibuktikan dengan akte kelahiran/surat keterangan lahir)

Nah sebagai informasi usia pendaftaran STIN pada awal pembukaan yaitu Minimal 16 Tahun dan Maksimal 21 Tahun lalu dirubah menjadi Usia Minimal 16 tahun dan maksimal 24 tahun.

7. STMKG

Batas usia untuk sekolah kedinasan di Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi Geofisika berdasarkan Penerimaan Taruna Baru (PTB) STMKG 2019 sebagai berikut :

  • Umur tidak kurang dari 16 tahun dan tidak lebih dari 21 tahun pada tanggal 1 September 2019.

8. 18 Sekolah Kedinasan Kementerian Perhubungan 

Batas usia untuk 18 sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan berdasarkan pendaftaran Seleksi Penerimaan Calon Taruna (Sipencatar) Kemenhub 2020 sebagai berikut :

  • Pendaftaran Sipencatar Pola Pembibitan
    • Usia maksimal 23 Tahun dan Minimal 16 Tahun pada tanggal 1 September 2020, kecuali khusus :
      • D-III LLU dan D-III MLLU minimal 18 tahun pada 1 Juli 2020
      • D-IV LLU minimal 17 tahun pada 1 Juli 2020.
  • Pendaftaran Sipencatar Non Pola Pembibitan
    • Usia maksimal 23 Tahun dan Minimal 16 tahun pada 1 September 2020.

Itulah Batas Usia Mendaftar Sekolah Kedinasan di Indonesia. Yuk cek dulu apakah usia kalian sudah sesuai untuk mendaftar di tahun berikutnya? Jangan lupa untuk share ke teman kalian dan semoga pembahasan kali ini bermanfaat buat kalian yang berkeinginan mendaftar di Sekolah Kedinasan.

Pengumuman pendaftaran sekolah kedinasan terbaru kunjungi website Seleksi Nasional Sekolah Kedinasan, Badan Kepegawaian Negara dikdin.bkn.go.id dan website masing-masing Sekolah Kedinasan.

Sumber: stanbrain.comspmb.pknstan.ac.idspmb.stis.ac.idcatar.kemenkumham.go.idsipencatar.dephub.go.idptb.stin.ac.idpoltekssn.ac.idptb.stmkg.ac.id

Artikel Pilihan 

Yuk bagikan sebagai sedekah…


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

Info Kuliah Gratis, Lulus Jadi PNS atau Perwira TNI/POLRI
Hello. Add your message here.