Mengenal AAU Akademi Angkatan Udara, Kuliah Gratis dan Lulus Menjadi Perwira TNI AU Berpangkat Letnan Dua

Yuk bagikan infonya...

Buku Panduan Resmi Tes Akademik Kampus Kedinasan

Akademi Angkatan Udara (AAU) merupakan lembaga pendidikan militer setingkat akademi (Diploma IV) yang menghasilkan perwira-perwira karier TNI AU berpangkat Letnan Dua. Perwira lulusan AAU diproyeksikan mampu mengemban tugas sebagai Prajurit TNI AU dan terus mengembangkan kemampuannya sejalan dengan perkembangan teknologi.

Program Studi

1. Teknik Elektronika Pertahanan
2. Teknik Aerounotika
3. Teknik Management Industri

Metode Pendidikan

AAU menerapkan metode pengasuhan, pengajaran, dan pelatihan secara serasi, berkesinambungan, dan terpadu dalam penyelenggaraan pendidikan.

1. Pengasuhan

Pengasuhan merupakan metode pelaksa-naan pendidikan dalam bentuk bimbingan dan penyuluhan dengan sasaran berupa penanaman dan pemantapan nilai-nilai budaya serta pengu-asaan pengetahuan akademis dalam rangka pembentukan prajurit pejuang Saptamarga dengan titik berat pada aspek kejuangan, budi pekerti, tingkah laku, dan kemampuan dalam mengimple-mentasikan kepemimpinan dan keorganisasian. Pengasuhan merupakan bidang tugas yang secara langsung menjadi tanggung jawab pengasuh/para komandan.

Penilaian bidang kepribadian dilaksanakan secara berkelanjutan selama masa pendidikan. Penilaian ini dilakukan melalui pengamatan baik secara langsung maupun tidak langsung, wawancara, dan pencatatan perilaku sehari-hari karbol oleh pengasuh serta mempertimbangkan pencapaian nilai pengasuhan.

2. Pengajaran

Pengajaran merupakan metode pelaksa-naan pendidikan dalam bentuk kuliah/tatap muka dan instruksional di kelas dengan sasaran penge-nalan/ pemahaman/ penguasaan ilmu pengetahuan akademis dalam rangka pembentukan kepribadian prajurit pejuang Saptamarga dengan titik berat pada aspek intelektual (kecerdasan). Pengajaran merupakan bidang tugas yang secara langsung menjadi tanggung jawab dosen.

Penilaian aspek intelektual dilaksanakan melalui pengamatan harian oleh dosen pemegang materi, ujian tengah semester, ujian akhir semester, dan praktik/praktikum.

3. Pelatihan

Pelatihan merupakan metode pelaksanaan pendidikan dalam bentuk aplikasi lapangan dengan sasaran memantapkan pemahaman/penguasaan pengetahuan akademis dalam rangka pemben-tukan prajurit pejuang Saptamarga dengan titik berat pada aspek intelektual/keterampilan (psiko-motorik). Pelatihan merupakan bidang tugas yang secara langsung menjadi tanggung jawab pela-tih/instruktur.
Penilaian bidang latihan dilaksanakan melalui pengamatan harian, ujian akhir semester, dan praktik, didasarkan pada keberhasilan karbol dalam mengikuti dan menyelesaikan setiap tahapan dan jenis latihan.

Pola Pendidikan

Pola pendidikan yang diterapkan bagi Karbol AAU sebagai berikut:

1. Berdasarkan Waktu

Berdasarkan waktunya, pendidikan AAU menerapkan pola 12 bulan + 3 tahun yaitu program pendidikan yang pelaksanaannya terbagi atas dua kurun waktu meliputi selama 12 bulan pendidikan integratif bersama matra lain (darat, laut, udara) dan selama 3 tahun pendidikan di AAU.

Dalam masa pendidikan, kesempatan untuk mengulang (tinggal kelas atau tingkat/set back) hanya diberikan satu kali. Apabila pada tahun berikutnya kembali tinggal kelas, karbol bersangkutan langsung dikeluarkan dari pendidikan karena dianggap tidak mampu dalam mengikuti pendidikan.

2. Berdasarkan Bentuk

Berdasarkan bentuknya, pola pendidikan yang diterapkan di AAU mengikuti falsafah pendidikan Trisakti Viratama yaitu kebulatan tiga aspek meliputi akademis, kepribadian, dan jasmil.

Tahap Pelaksanaan Pendidikan

Pelaksanaan pendidikan AAU dalam bentuk kegiatan penyampaian materi ajaran dijabarkan ke dalam beberapa tahapan sesuai dengan majoring dan pengelompokan materi ajaran/bidang studi. Penjabaran tersebut diarahkan untuk mencapai sasaran pada setiap tahapan pelaksanaan pendidikan dengan pembagian sebagai berikut :

Tahap I Penanaman

Tahap penanaman bertujuan untuk menanamkan dasar keperwiraan TNI AU.

Tahap II Penumbuhan

Tahap penumbuhan bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran terhadap nilai-nilai keperwiraan serta menanamkan penguasaan olah pikir, keterampilan, dan profesi matra dirgantara.

Tahap III Pengembangan

Tahap pengem-bangan bertujuan untuk mengembangkan penghayatan nilai-nilai keperwiraan, pemanfaatan penguasaan olah pikir, keterampilan, dan profesi matra dirgantara pada tingkat dasar kecabangan dan penugasan di satuan.

Syarat pendaftaran AAU lihat di sini kunjungi juga website aau.ac.id Pengumuman pendaftaran sekolah kedinasan terbaru kunjungi website Seleksi Nasional Sekolah Kedinasan, Badan Kepegawaian Negara dikdin.bkn.go.id dan website masing-masing Sekolah Kedinasan.

Referensi : AAU

BELI BUKU 085773713808
BELI BUKU 085773713808 

Artikel Pilihan 

Yuk bagikan sebagai sedekah…


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

Kuliah Gratis, Lulus Jadi PNS, Perwira TNI/POLRI...
Hello. Add your message here.